Manfaat Telur Puyuh [Wow… Luar Biasa – sumber: Tribun Timur]

Manfaat telur puyuh dan kandungan gizi telur puyuh, kadang menjadi pertanyaan yang mengisi benak kita, untuk kemudian mencari informasi. Dan ternyata, manfaat telur puyuh itu sangatlah luar biasa.

Saya repost saja dari postingan blog lama, yang waktu itu bersumber dari Tribun Timur. Namun alamat link-nya menyusul. Mohon maaf sebelumnya untuk Tribun Timur. Terima kasih sebesar-besarnya.

Adapun manfaat telur puyuh yang luar biasa untuk kesehatan kita, sebagai berikut silahkan disimak:

BAGI sebagian orang, telur puyuh mungkin tidak begitu terkenal daripada telur ayam atau telur bebek. Apalagi banyak orang menganggapnya sebagai sumber kolesterol.
Padahal, nilai gizinya baik untuk janin hingga kaum lanjut usia.

Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang tinggi, ukuran tubuhnya relatif kecil, berkaki pendek, dan dapat diadu. Burung puyuh terkenal dengan telurnya yang berukuran kecil. Telur ini umumnya digemari anak-anak karena bentuknya unik dan menggemaskan.

Biasanya telur ini disajikan dengan cara direbus atau sebagai bahan campuran sayuran (hotplate kangkung, kimlo, dan sup),sambal kentang, atau sebagai isi bakso, tahu, dan siomay.

Dilihat dari nilai gizinya, telur puyuh tidak kalah dari telur ayam atau telur bebek.
Telur puyuh merupakan sumber protein terbaik.100 gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein, sedikit lebih tinggi dari telur ayam maupun telur bebek.

Salah satu keunggulan protein telur dibandingkan dengan protein hewani lainnya adalah daya cernanya yang sangat tinggi. Artinya setiap gram protein yang masuk akan dicerna didalam tubuh secara sempurna.

Selain protein, lemak, vitamin, dan mineral, telur puyuh juga kaya akan kolin. Kolin berperan penting didalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak. Hal tersebut berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetikolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf.
Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak dan menghindari kepikunan pada orang lanjut usia.

Ibu-ibu yang sedang dalam taraf pra kehamilan hingga menyusui, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan sumber kolin, seperti telur puyuh, dalam jumlah cukup banyak. Hal tersebut penting untuk mendukung perkembangan otak janin.

Selain itu asupan kolin yang cukup pada saat kehamilan juga dapat mengurangi resiko kematian sel pada janin, yang berarti mengurangi kemungkinan bayi cacat dan keguguran. (sumber:GHS-gizi/jum)

Baik Pelindung Mata

SALAH satu ciri khas yang sangat menarik dari telur, termasuk telur puyuh adalah warna kuning telurnya. Warna kuning telur tersebut, bukan sekedar warna yang menyegarkan mata, tetapi juga menunjukkan bahwa telur mengandung senyawa lutein dan Zeaksantin.

Kedua senyawa itu merupakan pigmen yang memberikan warna kuning. Selain memberikan warna kuning, pigmen tersebut ternyata juga mempunyai khasiat kesehatan yang luar biasa.

Didalam retina mata, lutein dan zeaksantin dapat membantu melindungi mata dari kerusakan dengan cara memfilter sinar biru, terutama pada bayi dan anak-anak.

Singkat kata, telur puyuh sangat dianjurkan untuk anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan ataupun ibu-ibu pada masa kehamilan dan menyusui. Orangtua juga dianjurkan untuk mengonsumsi telur puyuh, asalkan tidak mempunyai kadar kolesterol tinggi atau menderita obesitas. (Sumber:GHS-gizi/jum)

Manfaat lain telur puyuh
– Mengandung zat anti kanker
– Memperlambat proses penuaan terutama yang berhubungan dengan kesehatan mata
– Mereduksi risikopenyakit tumor

(sumber: Tribun Timur)

Artikel terkait:

1. Manfaat Telur Puyuh [Wow, Hebat – sumber: Kompasdotcom]

3. Manfaat dan Pentingnya Makan Telur.

4. Telur Puyuh Si Kecil dengan Segudang Manfaat.

5. Mengenal KOLESTEROL Baik atau Jahat.

6. Telur Puyuh, Kolesterol, dan Libido (18+)

3 responses to “Manfaat Telur Puyuh [Wow… Luar Biasa – sumber: Tribun Timur]

  1. Ping-balik: Blogger Chatter Facebooker Kompasianer Kaskuser Netter: Memasyarakatkan Telur Puyuh Konsumsi | [PUYUH JAYA]

  2. wah bagus juga tuh untk kesehatan,,

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s