Ayam Ayam… Jangan Masuk ke Rumah Induk Kandang Puyuh ya!

Barangkali menjadi hal yang mengherankan melihat judulnya. Ayam kok masuk ke kandang puyuh.
Bila ada keheranan tersebut, saya memaklumi. Karena asumsi saya, sebagian besar kandang peternakan puyuh tidak pernah dimasuki ayam.

Biarpun sebagian besar tidak dimungkinkan, namun beberapa kali kejadian, ada peternak yang saya tahu, membiarkan ayam berkeliaran di dalam kandang. Akibatnya, mereka yang begitu, sekarang sudah berhenti beternak puyuh. Kenapa?

Bisa ditebak… Karena ada penyakit yang demikian saja menyerang puyuh. Cepat menyebar. Dan seolah-olah bersifat mendadak.
Bisa ditebak lagi..
Kemungkinan tertular dari ayam yang masuk, mungkin ada yang pas membawa penyakit.

Begitulah memang kejadiannya. Dulu waktu saya main ke kandang puyuh dimana ayam bebas berkeliaran di dalamnya, saya sudah nanya: “Ayam kok masuk ke kandang?

Dijawab oleh beliau waktu itu: “Sayang sama pakan yang tumpah.

Oh.. Ya sudah. Apakah jika memang ada yang tumpah, tidak sebaiknya disapu saja.

Sebelum berlanjut, yang saya maksud dengan kandang puyuh, adalah rumah induk.

Mungkin memang ada model tempat pakan, seperti yang pernah saya lihat, memakai triplex dan dibuat kotak. Hanya khusus tentang yang tumpah dan pembiaraan ayam masuk rumah induk kandang puyuh ini, biasanya wadah pakan yang dari pralon. Bisa saja untuk mengurangi penumpahan pakan puyuh, memakai pralon yang ukuran agak besar. Tiga dim.

Sebegitu bahayakah ayam masuk rumah induk kandang puyuh?

Menurut saya termasuk cukup atau sangat berbahaya. Demi memanfaatkan sedikit pakan yang tumpah (sedikit sedikit, lama-lama menjadi bukit), ditambah malas nyapu, namun bahaya mengancam puyuh sedemikian dekat. Seakan menantang penyakit.

Jika ayam sedang sakit, apakah virus atau bakterinya tidak ada di kotoran ayam? Padahal jika dibiarkan masuk rumah induk kandang puyuh, kadang membuang kotoran juga. Virus atau bakteri, bersiap menyebar dan hinggap pada puyuh.
Walaupun tidak paham ilmunya, namun sesama unggas, kemungkinan banyak penyakitnya ayam bisa juga menular pada puyuh.

Ditambah keterangan dari petugas PT pada waktu penyuluhan. Selain ayam, unggas lain seperti itik pun juga jangan masuk rumah induk kandang puyuh. Biarpun sejenis itik, mentog, mungkin angsa, memang kebal penyakit. Tapi tidak menutup kemungkinan, mereka malah carrier, atau membawa penyakit.

Atau barangkali ada yang punya pengalaman membiarkan ayam masuk rumah induk kandang puyuh, tetapi aman aman saja? Silahkan sharing di sini. Mungkin ada kiat-kiatnya?

Yang jelas, mengantisipasi itu penting. Daripada menantang dan sampai kejadian. Bisa-bisa harga ayam yang puluhan ribu, mengorbankan ternak burung puyuh yang bahkan puluhan juta rupiah.
Daripada sesal tak berguna, mending mengantisipasi sebelum terjadi.

Salam
[Puyuh Jaya]

Iklan

2 responses to “Ayam Ayam… Jangan Masuk ke Rumah Induk Kandang Puyuh ya!

  1. Setuju sekali, lebih baik ayam dilarang masuk areal kandang puyuh. Dari pada kebakaran jenggot karena banyak puyuh yang terkena penyakit lantaran dari virus ayam. saya yang baru pemula, ini kebetulan mau nyingkirkan beberapa ekor ayam milik ipar yang kebetulan posisi sangat berdekatan dengan kandang puyuh meskipun ayam tidak bisa masuk tapi kok saya khawatir. lebih baik mencegah saja demi ketentraman bersama.

    selebihnya, barangkali ada yang spesial dibidang virus2 ternak untuk berkenan memberikan pencerahan.

    salam puyuh.

    • Betul, Mas Hamdani. Lebih baik hati-hati. Karena banyak juga yang sayang dengan pakan yang tumpah, lantas membiarkan ayam-ayam bebas masuk rumah induk. Banyak juga yang tidak apa-apa karena mungkin ayamnya pas sehat-sehat. Tapi tidak sedikit juga yang puyuhnya KO karena tertular pas ada ayam sakit ikut masuk.

      Terima kasih telah berapresiasi.
      Salam semangat puyuh.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s