Analisa Kandungan Nutrisi jika Pakan Puyuh Buatan Pabrik Dicampur Dedak Halur / Bekatul dan atau Jagung Giling

[PUYUH JAYA]

Mencampur pakan puyuh pabrikan dengan bahan alternatif seperti bekatul / dedak halus sudah biasa dilakukan beberapa atau peternak. Tentu tujuannya adalah menekan biaya pakan. Yang mana harga pakan pabrikan lebih sering tidak mau turun walaupun harga telur puyuh sedang turun. Selain untuk menekan biaya pakan pada saat harga telur puyuh sedang drop, di saat harga telur puyuh sedang tinggi pun, mencampur pakan puyuh buatan pabrik pun ada atau banyak dilakukan. Yang terakhir ini, tujuannya untuk meningkatkan keuntungan.
Sebab bahan-bahan alternatif untuk mencampur tersebut memang lebih murah daripada pakan puyuh pabrikan.

Namun apa akibatnya? Biasa kualitas telur juga lebih buruk (mungkinkah ada yang luar biasa?), selain itu kondisi pada puyuh sendiri juga tidak bagus akibatnya. Kenapa? Nah, berikut ini ada analisa kandungan nutrisi dan akibatnya jika pakan puyuh buatan pabrik dicampur dedak halus / bekatul dan atau jagung giling.

Lihat pos aslinya 290 kata lagi

35 responses to “Analisa Kandungan Nutrisi jika Pakan Puyuh Buatan Pabrik Dicampur Dedak Halur / Bekatul dan atau Jagung Giling

  1. kandungan nutrisi jagung itu sendiri rata2 berapa ya?
    jagung lokal maksudnya,,
    apakah kandungan nutrisi biji jagung dengan jagung giling (beras jagung) sama?

  2. Komposisi yg baik dalam pencampuran jagung, bekatul dan pakan pabrikan berapa ya? mohon bimbingannya

    • jagung dan bekatul tidak bisa dijadikan menjadi pakan puyuh. seandainya keduanya dicampur lagi pakan jadi pabrik. pakan jadi pabrik tidak boleh dicampur lagi dengan bahan lain. OK

      • kebetulan di daerah saya harga jagung Rp 3000./kg. konsentrat pedaging Rp.375.000./zak,konsentrat layer.Rp.330.000./zak.pakan jadi 290.000./zak,saya sekarang memakai campuran 60%.jagung.25%.konsetrat layer.14,5.% konsentrat pedaging.0,5. top mix.. kalau menurut bapak bagusnya pakai yang mana kalau membandingkan harga & kualitas?

  3. egentigi legestagarigi

    saya mempunyai 3000 puyuh hampir setiap hari ada yg mati. tubuh yg mati itu warnanya hitam. apa penyebabnya?
    Juga disetiap kandang rata-rata ada 5 ekor puyuh jantan.berapa sebaiknya harus di isi?

    • masih wajar. penyebabmya biasanya terlalu dini diberi pakan petelur.
      kalau tujuan untuk puyuh petelur sebaiknya tidak perlu ditambah lagi puyuh jantan karena akan menambah beban biaya pakan.

  4. EYYYYYYYYYYYYY

  5. saya mau tanya kalau untuk seribu puyuh memerlukan berapa pakan atau berapa kilo per hari

  6. pak Sholehuddin, boleh minta e-mailnya ? tks.

  7. gan kandungan nutrisi dedak?
    PK?
    TDN buat sapi?

    • kandungan PK dedak sangat bervariasi. banyak faktor misalnya jenis varitas padi, lokasi ditanamnya padi, proses pengolahan (padi menjadi beras), kadar air, lama penyimpanan, dan prilaku manusia yang curang dengan mencampur dengan bahan lain.

  8. 2500 ekr puyuh perhari hanya 1 sak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! emang cukup segitu ?????. kalau komentar yang bener dong !

  9. sebagai wacana patokan aja rata2 jika punya 2500 ekor / 1 sak ( 50kg ) / hari.
    jadi / 1000 / 20 kg / hari

    DISINI KITA BERBAGI PENGALAMAN BUKAN NGACO

  10. biasanya nya emang segitu gan rata2, kalo pengalaman gua gan, gua taruh 40 ekor satu kandang, makan nya kurang lebih sekilo sehari

  11. ma’af mau nanya nie juragan2 sekalian…cara penghitungan harga telur puyuh itu perkilogram atau perbutir? kalau perkilogram 1kg nya kira2 berapa butir Gan? atas responnya terimakasih.

    • harga pakan sekitar 5000/kg berat telur rata2 per butir 11 gram (90 butir per kg) untuk mendapatkan 1kg telur biasa dihabiskan pakan 2.5 kg pakan jadi tinggal hitung aja.
      kurang lebih 2.5 kg x Rp 5000 = Rp 12.500 / 90 butir = Rp140/butir

  12. @ kecon. Ah lo mah bereksek lo. Ngaco lo con

  13. Saya mau tanya bolehkah kalau 100 ekor puyuh disatukan dalam ukuran kandang 1 x 2 mtr. terimakasih . Dachirman garut

  14. Sepi…mana master2 pyuh..cr solusi cri cmpurn pkn yg murh n ckup bwt kbthn puyuh…jgn enk2n otak bwt berpikir..bwt indonesia maju.

  15. terimakasi banyak atas tulisan n postingannya, semoga bermanfaat untuk kita yang membacanya.
    salam kenal

  16. terimakasih atas tulisannya yah, semoga bermanfaat untuk kita semua yang membaca..

  17. wah kalo kandunganya seperti itu konsumsi maksnanayam di tepat saya lebih besar donk

  18. mahu tanya kalo untuk pakan 1 sak campuran bekatulnya seharunya berapa, untuk idealnya? trus untuk puyuh yg bertelunya kurang kira-kira harus dikasih vitamin apa? apalagi sedang pergantian musim seperti ini

  19. Cmpurannya jgn terllu banyak, karna akan berakibat kurangnya produksi telur. Jadi sebaiknya d campur dengan 5 kg bekatul.

  20. kenapa ya kalau puyuh mulai bertelur kotorannya encer dan encer terus ? apa solusinya supaya kotoran tidak encer

  21. sebenarx berapa ukuran campuran pakan puyuh dedak sama pelet ama jagung buat irit gitu bang

  22. Gimana cranx agar puhuh telorny produktif mksih

  23. salam kenal buat rekan rekan pecinta situs ini, saya peternak puyuh pemula di daerah blitar, form ini yang sangat membantu kami dalam mengawali langkah usaha, kebetulan juga saya mau tanya, komposisi kandungan nutrisi pakan yang saat ini saya pakai. menurut pandangan rekan PUYUH JAYA,
    BP 104 50 kg. katul 32.5kg, mineral 2kg, dan konsentrat 10kg. terima kasih

  24. terima kasih atas infonya

  25. salam kenal, saya pemula dalam ternak puyuh, terimakasih kepada semuanya atas pertanyaan dana jawabannya yang sangat membantu kami. saya punya pertanyaan kalau untuk pembibitan dengan petelur konsumsi bagaimana perbedaannya dan apa yang seharusnya dilakukan, mohon pencerahannya kepada rekan rekan yang baik hati, terimakasih.

  26. salam kenal, saya pelihara puyuh baru pemula kenapa bulunya kk mulai brodol dan mengenai kotoran tidak bau aku punya solosi

  27. dilampung harga sentrat puyuh 9rb prkilo..gak dpt untung trnak puyuh..saya pakai jagung dan bekatul..campur pakan ayam petelur..

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s