[PUYUH JAYA]

Campuran pakan puyuh serasa semakin penting dirasakan, apalagi ketika harga telur sedang bisa bikin mengeluh. Maka alternatif untuk memecahkan problem agar keuntungan peternak tetap terjaga, adalah mencampur pakan puyuh dengan bahan lain non PYP.

Harga telur puyuh tentu harus diseimbangkan dengan harga pakan puyuh pabrikan. Namun bagaimana bila sebaliknya? Tentu tidak bisa kan? Atau tidak mau?

Lihat pos aslinya 700 kata lagi

45 responses to “

  1. pak sy peternak pemula dan sgat awm ttg perpuyuhan.sy mw ty pd puyuh jaya .bpk miftah.dan sp j yg bknan membrikn pncerahan ke sya.sy py 200ekor.awl mulany sy mcmpur pkan Petlur dan pkan R91 dg pbndingn 1.5:1.tlurny bgus dan prduksi mcpi 75%.tp pkn ckup bros hngga 28grm /ekor.stlh tu sy gnti pkan murni tnp cmpuran.memang pkan lbh norml 22grm /ekor tp produksine trun jd d bwh 50%.knp y pak?mhon solusiny

    • Sama saja, Mas. Saya juga masih belajar.
      Mudah-mudahan diantara yang melintas, ada yang berkenan memberikan pencerahan juga akan hal ini.

      Pencampuran dengan R91 lebih boros, kemungkinan karena si puyuh mengejar kebutuhan nutrisinya dari kandungan campuran tersebut.
      Mengenai setelah memakai murni layer kemudian produktivitas ngedrop, bahkan di bawah 50%, ini agak aneh. Mungkinkah ada faktor penyebab selain dari pakan?
      Coba jatah pakan dilebihkan lagi ke 23 gram?

      Semoga berkenan.

      • pak sy py puyuh umur 3mgu.pkn pke B11s.pkn jg gk pnh telat.tp kok kurg gmuk y pak?solusine gmana pak ?mhon pcrahany pak .mkch

  2. pak sy peternak pemula dan sgt awm tentang perpuyuhn.sy mhon pcrahan bgi sp j yg berkenan hususy puyuh jaya dan bpk miftah.
    Sy py puyh sktr 200ekor.awlmulany tk ksh pakan pbrikn QS dr phokpnd d cmpur R91 dr guyofed dg perbndgn 1,5:1hsl prdksi mcpi 75%tp pkn bros mcpai 28grm/ekr.trus sy gnti pakan murni tnp d cmpur knsumsi pkn jd norml 22gr/ekor.tp prduksine turun jd d bwh 50%.itu knp y pak?mhon bimbgny dan solusiny.trims

    • 1. Mungkin bapak salah dalam mengitung prosentasi produksi. pada umumnya cara menghitungnya adalah rata2 1 minggu bukan menghitungnya tiap hari. memang dihitung tiap hari telur yg didapat, tetapi untuk melihat kestabilan produksi (hubungan / pengaruh jumlah pakan dg jumlah produksi telur) penampilan performa produksi dihitung rata-rata 1 minggu sekali. jika hal itu kita masukan pada grafik produksi akan terlihat kurvanya.
      2. saran saya, gunakanlah pakan sesuai peruntukannya, kalau puyuh petelur pakailah pakan memang khusus untuk puyuh petelur. jika sekiranya mau membuat percampuran sendiri, coba pakai formulasi jagung + konsentrat (petelur/pedaging) + dedak halus. seperti yg sdh dijelaskan yg lalu pada diskusi tentang percampuran pakan. dg patokan harga jagung tidak lebih 3000/kg dan harga dedak tidak lebih 2000/kg.

    • Mas amar ato pak puyuh
      22gr/ekor itu berat telor kah…..mohon pencerahan

  3. mkch bgt seblmnya buat puyuh jaya.untuk pakan 22 gr itu msh sisa pak.pa mgkn karna faktor kaget pergantian pakan dan butuh adaptasi dl dg pakan yang baru ya pak?mskipun itu pakan layer murni?mohon pendapatnya.thx

  4. makch bgt pak semoga mdptkn kebrkahan telah berbagi ilmunya

  5. mungkin akan lebih baik bila mau ganti merk pakan dengan cara : misal pakan sebelumnya bermerk A dan pakan pengganti bermerk B lakukan pencampuran seperti ini : a5+b1, a4+b2, a3+b3, a2+b4, a1+b5 kemudian baru pakai pakan b semua. setiap campuran diberikan selama 2 hari. Insyallah produksi tidak turun, hal ini sering saya lakukan dan ilmu ini saya dapat saat saya masih menjadi plasma pt.pg. semoga bermanfaat

    • mkch bgt masukany mas aris.slm kenal dr sy amar d semarang.

    • Terima kasih telah berkenan berbagi, Mas Aris. Bermanfaat untuk kesejahteraan bersama…

    • Pergantian pakan dari merk A dan pakan pengganti bermerk B lakukan pencampuran seperti ini : a5+b1, a4+b2, a3+b3, a2+b4, a1+b5 kemudian baru pakai pakan B semua. memang sdh tepat sekali. tetapi agak merepotkan itu saja. bisa juga 75%A+25%B hari pertama, 50%A+50%B pd hari kedua, 25%A+75%B pd hari ketiga, pada hari ke 4 sdh 100%B. cara ini masih repot juga. ternyata cara ketiga yaitu 50%A+50%B dan besoknya langsung 100%B, saya jamin tidak ada stress dan penurunan produksi telur.

  6. untuk pak puyuh jepang pribadi.
    berapa rekomendasi kebutuhan nutrisi puyuh yg baik?
    sedangkan SNI puyuh petelur
    EM min 2700
    pk 17%
    lk mak 7%
    sk mak 17%
    ca 2,5-3,5%
    p 0.6-1%

  7. mungkin kalo untuk SNI pakan puyuh untuk protein cm 17%, tapi kalo mau lebih bagus untuk produksinya lebih baik ditingkatkan lagi sampai 21%. dengan harapan produksi bisa lebih baik lagi

  8. pak bos itu puyuh’a pak kunto mata’a pd mencenot knapa yah.? Apa emang dari pakan’a yg menyebabkan jd bgtu, Lama* kok tmbah bsar mlah bsa* lbih bsar mata’a dr pd telor’a.
    Truz 0bat yg pling mujarab apa b0z.?

    • mf sblmy.apa mtny bgkak trus sdkt blndir?kalo iya bdsarkn pglman pribdi.pisahn j tu puyuh.trus cuci matany pke air bsh smbl d keluarn lndir.jmur typ jm 7 amp jm 9.2-3 hr pulih insya allah

  9. adit peternak pemula , ngasih campuran jagung dan dedak maksimal itu berapa perkarungnya ?
    tlong bimbingany ya sir………….

  10. tanya lagi mas.
    caranya membedakan jantan ama betina bagaimana ya mas …………?

  11. sbts ksh msukn utk puyuh jnis coturnix jponica.dada b”wrna swo matang ngeblok tidak lorek2.utk betina lorek2d dadany
    trus.jantan ngoceh betina ga.yah tu cm sbts pgthuan sya yg msh jg blajr.brg kali para pkar2bs menambhkn

  12. komenku ilang mulu

  13. Trims infonya

  14. belanja puyuh yang siap telor belinya dmiana ya saya pengen ternak puyuh saya tinggal di daerah subang jawa barat………………..

  15. terus ukuran kandang nya brapa x berapa….kapasitas berapa ekor untuk kenyamanan si puyuh………

  16. cari di bibit puyuh dan kandang puyuh

  17. apakah ada vaksin coryza yang diminumkan?? kalau ada dimana belinya???

  18. Berapa harga pakan puyuh petelur per karungnya?

  19. analis usha dong agan agan…per 500ekor

  20. provinsi gorontalo mohon sarannya dari puyuh jaya,pak dikota saya blm ada yang jual pakan untuk puyuh petelur jadi selama ini saya hanya gunakan pakan untuk ayam petelur karena harganya sangat tinggi maka yang saya lakukan adalah melakukan pencampuran lagi ,1 kg consentrat 3 kg jagung giling dan 1 kg dedak bekatul,mohon saranya mas

  21. Jantan sawo matang ada bintik”nya sedikit
    Betina sawo matang ada bintik” hitamnya banyak

  22. pak ada nggak bisa ngasih pendapat buat solusi saya, begini pak saya kan punya peternakan puyuh sebanyk 1.200 ekor, tapi hampir tiap hari produksi telur puyuh saya menurn terus, dan sekarang mencapai angka penurunan 40%. jadi gmna solusinya pak. kalau bisa dibalas komentarnya ya pak.

  23. asslkm semua pntrnk puyuh, ini saya numpng nawarin pkn cmpr per 50kg hrg 215000 hslnya telur bobot dan bs bertlr sampai 85%, ini knytaan klo pngn tau bisa liat dek updet hrga telur dek situ ada trnk pkek pkn saya, bs lngsung tanya?

  24. informas lbh lnjt bs hub. 081334144459 atau 085755199983 dgn YOYOK ‘ANUGRAH PAKAN’

  25. Puyuh saya sekarang sudah mulai blajar betelur,tp terlambar dari waktunya bertelur.untuk yg satu box isi sekitar 35 ekor sampe skrng malah belum bertelur.kira2 apa penyebabnya y?apa karena posisinya yang diujung&paling bawah kurang penerangan y?trim atas tanggapannya

  26. selamat pagi pak,
    Pengen tau cara mencampur pakan menggunakan dedak halus ataupun jagung yg pas yang bagaimana ya..
    Terus bagaiman efek samping nya..
    Atas waktu dan sarannya saya ucapkan byk2 trima kasih.
    Limpung tlp 085726666000.solo,karanganyar.

  27. mohon info nya,,,jenis puyuh apa yang cocok d budidayakan,,,? terimakasih///

  28. pak di desa saya puyuh tiba tiba mati termasuk punya saya,gimana cara agar puyuh tahan penyakit.saya minta penjelasannya,da
    ri bpk rafka

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s