Pakan Stater tidak Perlu Dihemat Ketika Masa Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur

Pernah saya menemui teman peternak yang demikian membatasi jatah pakan pada saat pembesaran DOQ bibit puyuh petelur. Mungkin dimaksudkan untuk penghematan agar tidak terlalu banyak menghabiskan pakan stater sampai saatnya nanti naik kandang.
Dengan berbagai pertimbangan, menurut saya, hal tersebut merupakan perlakuan yang tidak perlu. Bahkan bisa-bisa malah merugikan. Kenapa?

Ibarat sebuah bangunan, masa pembesaran DOQ bibit puyuh petelur merupakan masa penyusunan pondasi. Semaksimal sebaik mungkin perlakuan pada masa pembesaran dengan pakan stater, akan menghasilkan bangunan puyuh yang berkualitas maksimal juga sesuai standarnya. Untuk lebih jelasnya mungkin perlu saya sampaikan dengan poin-poin pertimbangan dalam cakupan pembesaran DOQ bibit puyuh petelur sebagai berikut:

1. Pakan stater sesuai dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama masa pembesaran bibit puyuh petelur.

Para pakar nutrisi dalam pembuatan pakan puyuh tentu sudah memperhatikan apa yang dibutuhkan puyuh pada masa pembesaran. Untuk itu saya kira kurang bagus apabila menambahkan alternatif bahan pakan yang berakibat kurangnya kandungan nutrisi sesuai kebutuhan masa pembesaran.

2. Jatah pakan standar puyuh pada masa pembesaran DOQ.

Seperti yang telah disampaikan pada saat penyuluhan, standar pemberian pakan pada masa pembesaran untuk populasi 1000 ekor DOQ bibit puyuh petelur adalah 6 sak (3 kuintal / 300 kg).
Mungkin bisa disinkronkan dengan patokan 715 gram per-ekor DOQ?

3. Penghematan pakan stater pada DOQ bibit puyuh tidak perlu.

Poin ke-3 ini adalah kesimpulannya. Tidak perlu menghemat pakan stater pada masa pembesaran DOQ bibit puyuh petelur. Apa keuntungannya? Tidak ada. Karena biar dihematpun, si puyuh belum bertelur. Alias belum ada hasil telurnya. Malahan bisa berakibat pertumbuhan menjadi terhambat. Ke depannya juga si puyuh bisa tidak maksimal dalam produktivitas maupun kesehatan.

4. Menjaga masak kelamin dan masak tubuh puyuh petelur.

Dalam masa pembesaran DOQ bibit puyuh petelur, ada dua macam yang dibangun dalam pertumbuhannya. Seperti yang sudah-sudah telah dijelaskan oleh beliau-beliau pakar puyuh. Bahwa ada masak kelamin sampai umuran 40 hari, dan masak tubuh sampai umuran 60 hari. Kedua hal tersebut yang dibangun sampai pada saatnya nanti maksimal si puyuh petelur dalam berproduksi.

Terima kasih telah menyimak.
Salam.
[Puyuh Jaya]

=====

Artikel Terkait:

Panduan Beternak Puyuh – Pembesaran DOQ – 1

Puyuh Seangkatan Kok Awal Mulai Bertelurnya Tidak Serempak ya?

Panduan Beternak Puyuh – Pembesaran DOQ – 2

Sekilas Sejarah Puyuh di Indonesia dan Sedikit tentang Persilangan

23 responses to “Pakan Stater tidak Perlu Dihemat Ketika Masa Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur

  1. Ok. Siip. betul juga tuh.
    Lebih baik berhambur dulu meski tidak ekonomis, toh itu untuk masa penentuan puyuh ke depan. Puyuh sejahtera Insya Alloh peternak juga sejahtera, mudah2an. Amiin..!

    Salam sejahtera.

  2. oomm.. mau tanyaa….. masa produktiff burung puyuhh itu berapa bulan yaa??? saya mau coba budidaya omm….

  3. saya pernah mencoba menetaskan puyuh, dan setelah menetas saya beri pakan sama dengan puyuh dewasa/ petelur setelah besar/ waktunya bertelur, hasil telurnya kurang maksimal. mohon info pakan puyuh yang baik untuk umur 0 hari s/d. 30 hari

  4. klo bloh tau pakan puyuh sama ayam petelur sama ga .,., trimmmm

  5. bagaimana solusi dan tindakan pencegahan agar puyuh tidak stress

  6. sya setujuh dengan pendapat anda klau pakan starter tidak perlu dihemat agar produktifitas dan perkembangan puyuh lebih maksimal

  7. maaf kalo puyuh yg kecil berapa ya 1 ekor nya

  8. Mo tanya om,,kebetulan ortu saya mulai belajar menjadi peternak telor puyuh, tp qo mayoritas telurnya besar2 (diatas telur puyuh biasa) itu penyebabnya apa ya om? bagus2 siy bagus ya om, tp kita jualannya kan berbiji, jadi klo bisa milih siy mending uk standard ajah biar quantitynya banyak.
    Satu lagi, kapasitas produksi telur perekornya normal brp byk ya om?

  9. bagai mn cara kerjax

  10. Muhamad H. Anam

    mau tanya mas,
    mnurut mas.e, klo ingin usha puyuh dg d.awali mnetaskan telur sndiri gmana?
    dan gmna syrat telur yg dpat d.tetaskan dg kwalitas yg baik?

  11. mau tanya om,,,sekarang harga pakan QS mahal,,,alternatif racikan sendiri gmn,,,n campuranya apa aja mksh,,,kasih bocoran donggggg,,,biar irit dalam pakan biar kagak bangkrut

  12. mau tanyak om, kal puyuh di faksin umur berapa hari??? trmksh

  13. bos. melayani pesanan bibit ta???
    brp per 100 ekor nya???
    bgmn cara pembayaran ????

  14. @iwan maen ketempat saya ntar bisa tuker pengalamanya.saya tinggal di semarang
    @sem dari awal netas umur 3hari.pake vaksin ND
    rachmad:variatif kang harga bibit puyuh tergantung varianya.kalo yang turunan final stok sich pling skrang mahal2nyaRp 2000

  15. pakan yang tepat untuk masa pembesaran DOQ

  16. apa pakan yang tepat untuk masa pembesaran DOQ

  17. mas saya baru mulai ternak puyuh dari netasin sendiri.skrg uda umur 20 hri bulunya rontok semua ap obatnya y mas

  18. Ingin mencoba usaha ternak puyuh? Ingin membeli bibit puyuh? Silahkan hubungi kami di 085274205544 untuk sekitaran payakumbuh dan pekanbaru.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]