Panduan Beternak Puyuh [Pemantapan]

Panduan beternak puyuh khususnya petelur pada tahap ini berisi pemantapan. Setelah melewati tahapan-tahapan sebelumnya, selanjutnya adalah memantapkan. Siap untuk menjadi peternak puyuh.

Mau mulai dari bibit puyuh umur 1 hari, 7 hari, yang siap telur, atau malah pesan yang masih telur untuk ditetaskan sendiri?
Tentu masing-masing pilihan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Walaupun intinya sama, yaitu: mencari keuntungan dari usaha budidaya beternak burung puyuh petelur.

Tidak perlu ragu-ragu. Semangat dan jalani, jika memang berminat.
Bicara risiko, saya kira semua usaha mempunyai risiko. Hanya bagaimana nanti menghadapi hambatan, rintangan, maupun gangguan yang diolah menjadi jalan lapang menuju kesuksesan.

Ukuran kesuksesan juga menjadi hal yang relatif. Tergantung masing-masing kondisi yang memasang target sesuai dengan langkah perbaikan dan aktivitas yang bermanfaat.

Selama yang selama ini saya alami, usaha beternak puyuh sampai saat ini masih menjanjikan. Entah esok hari. Karena sedetik waktu ke depan adalah milik Tuhan. Kita diberi kurnia dan nikmat berusaha meraih yang lebih baik menuju langkah detik demi detik ke depan.

Mengenai risiko fluktuasi harga, dll saya anggap sudah menyimak tulisan-tulisan panduan ini sebelumnya.

Satu hal yang ingin ditekankan dalam pemantapan ini dari rangkaian sebelumnya. Beternak puyuh petelur ibarat mesin produksi. Tidak akan nyala jika tanpa kunci stater, yang disebut dengan pemasaran. Itu saja. Tanpa kunci, mesin hanya diam dan beku.

Barangkali ada yang bertanya, kok berteori terus. Karena itu, mari dijalankan. Belajar sambil praktik, tidak hanya membayangkan.

Salam mantap.
Selamat datang di dunia usaha.
Semoga berkah.

[Puyuh Jaya]
===#

Artikel terkait:

1.
Panduan Beternak Puyuh [Cara Memaksimalkan Produktivitas]

2.
Begini Rangkaian Global Budidaya Burung Puyuh Petelur dari Awal Sampai Apkir

3. Panduan Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana]

Panduan Beternak Puyuh [Survey Pakan dan Peluang Pemasaran Telur Puyuh]

15 responses to “Panduan Beternak Puyuh [Pemantapan]

  1. assalmmualaykum ahlan wasahlan…
    salam silaturahmi
    Sesungguhnya orang-orang yang selalu menjaga tali silaturrahmi akan diberkahi oleh Allah dalam usahanya, rizki dan umurnya. Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda :
    Barangsiapa yang senang diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya (diberkahi), maka hendaklah ia bersilaturrahmi (Muttafaq ‘Alaih)

    ana berniat memulai usaha ternak burung puyuh petelur,alhamdulillah ana sudah punya modal,ana sekarang masih di madinah,ana sebagai pemodal bagaimana menurut antum kalo sistem bagi hasil…..???
    dan bagai mana jg cara atau sisitem bagi hasil yang biasa diterapkan oleh para peternak burung puyuh….???
    syukron jazakallahu khoir……

    • Waalaikumsalam Wr Wb, Akhi Firmansyah Ari.
      Jazakumullah telah menyempatkan berkunjung dan berkomentar. Semoga menjadi silaturahmi dan penuh berkah.

      Kebetulan sekali hal yang Akhi Firmansyah sampaikan, pernah menjadi diskusi dalam suatu forum, dan belum ketemu finalnya.
      Mengenai bagi hasil atau syirqoh usaha beternak burung puyuh, khususnya petelur.

      Sebab dalam syirqoh (istilahnya begitu yang waktu itu saya pahami – mohon koreksi jika salah), inti yang bekerja adalah kejujuran dan itikad baik dari kedua belah pihak, baik investor maupun pengelola.
      Pengelola mendzolimi pemodal, dimungkinkan terjadi. Pemodal mendzolimi pengelola, juga dimungkinkan bisa. Karena itu hanya Lillahi Ta’ala yang berlaku.
      Sungguh berat amanah yang terkandung dalam kerjasama syirqoh.
      Apalagi dalam beternak puyuh petelur. Bagi pengelola, peluang ketidakjujuran sangat terbuka lebar. Sama saja dari pihak pemodal, menyalahgunakan kekuatan hukum untuk menindas pengelola juga bisa saja terjadi.

      Afwan, saya menyorotinya cenderung negatif dulu. Walaupun tetap mengapresiasi niat hasanah Akhi.

      Belum lagi faktor risiko yang lain. Perputaran modal dalam ternak puyuh bukan seperti perdagangan, atau ternak yang lain yang mungkin ada yang perhitungannya praktis. Silahkan simak analisa usaha ternak puyuh ini https://puyuhjaya.wordpress.com/lanjutan-analisa-usaha-perhitungan-dan-kalkulasi-keuntungan-beternak-burung-puyuh-petelur-kemitraan-untuk-2000-populasi-selama-12-bulan-dengan-perincian-per-minggu
      Dalam analisa tersebut bisa mendapat gambaran, bahwa kerjasama dalam bidang ini terhitung rumit. Akan bagaimana pembagiannya.
      Saya pernah punya teori pembagian 30% pelaksana : 70% pemodal pada Periode pertama. Kemudian periode selanjutnya bisa 40% pengelola : 60% pemodal. Dimana apkiran terhitung keuntungan yang harus dibagi juga. Dengan syarat, untuk memulai angkatan baru, pemodal investasi lagi yang tentu lebih kecil daripada yang pertama.

      Opsi kedua, tetap 50:50, dengan syarat, si pengelola harus bisa mengatur perputaran modal agar tidak minta lagi pada pemodal. Kecuali apabila ada pengembangan populasi. Dihitung tersendiri.

      Akan tetapi teori tersebut kandas, karena saya hanya melihat pada peternakan kemitraan, yang mana mengenai pemasaran sudah dikelola oleh perusahaan di luar kerjasama tersebut. Lalu bagaimana dengan peternak mandiri? Apakah pembagian tersebut bisa berlaku? Ada unsur PEMASARAN yang mungkin bagian terpisah sebagai aktivitas di luar kerjasama.

      Hal lain lagi yang perlu diperhatikan adalah risiko kerjasama usaha yang berkaitan dengan makhluk hidup. Risiko kematian yang berujung pada kerugian merupakan hal yang mungkin juga, Akhi. Dalam syirqoh seperti ini merupakan bagi hasil. Adakah pengelola yang siap dengan bagi rugi???

      Demikian dulu dari saya dalam menanggapi. Secara teknis, Bp Puyuh Jepang juga telah berkenan menanggapi.

      Salam silaturahmi penuh berkah. Mohon maaf dan kritik atau masukan apabila ada salah.

      Syukron. Jazakumullah. Arief.

  2. Punten PUYUH JAYA.
    mungkin saya ada saran sedikit. kalau bapak ada minat berternak puyuh perlu diperhatikan banyak faktor. apalagi sistem bagi hasil artinya kita mencari mitra yang amanah.
    1. ketersediaan bibit yang berkualitas (bibit mahal bukan jaminan, saran harga pasaran saat ini sktr Rp 6000- Rp7500 per ekor.
    2. ketersedian pakan secara kualitas dan kuantitas, mungkin dekat dengan pabrik pakan atau sumber bahan baku pakan
    3. ketersediaan pemasaran, mungkin lokasi ternak dg pemasaran diusahakan dekat jarak tempuhnya. hal ini penting karena produk telur puyuh adalah yang mudah rusak. Jabotabek menurut saya adalah penyerapan telur puyuh yang potensial. Kalau perlu kita adakan ekspor telur puyuh ke timur tengah. Kami sedang memikirkan hal tersebut, kini lagi proses kelengkapan persyaratan seperti COO (certificate Of Originale), bebas salmonella, bebas residu antibiotika, grade (bobot) dll.
    4. social budaya dan kebijakan pemerintah. Ada daerah tertentu secara social tidak menerima ada nya lokasi peternakan dan ada juga soal kebijakan pemerintah tidak ada ijin mendirikan usaha peternakan.
    5. Sumberdaya manusia, didalamnya ada pekerja yang mampu dan mau menjalankan proses budidaya, pemilik juga harus mempunyai jiwa kewirausahaan artinya bukan sekedar punya modal terus investasi. Tapi memperhatikan resiko lainnya. Karena di perpuyuhan kalau ada wabah dalam 1 minggu bisa lenyap uang ratusan juta.
    Sekian pendapat dan saran saya, semoga bermanfaat.

  3. Assalmmualaykum….
    Syukron jazakallahu khoir puyuh jaya dan puyuh jepang atas masukannya
    Afwan Satu lagi ana heran dari tulisan
    1.(Lanjutan) Analisa Usaha Perhitungan dan Kalkulasi Keuntungan Beternak Burung Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi Selama 12 Bulan dengan Perincian Per-Minggu
    2.Analisa Usaha dan Perhitungan Hasil Beternak Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi
    Padahal sama 2000 populasi dan jangka penghasilan satu tahun kok berbeda keuntungnnya
    Klo boleh bisa diperinci untuk 2.Analisa Usaha dan Perhitungan Hasil Beternak Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi.cara perhitungan per-minggunya bagaimana,masya allah keuntungannya besar sekali dibanding keuntungan 1.(Lanjutan) Analisa Usaha Perhitungan dan Kalkulasi Keuntungan Beternak Burung Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi Selama 12 Bulan dengan Perincian Per-Minggu
    Syukron…….

  4. syukron puyuh jaya,semoga usahanya selalu jaya serta diberkahi…(amin)

  5. Ping-balik: Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beternak Puyuh | [PUYUH JAYA]

  6. thermostat untuk mesin tetas. merek CEMANI harga 75.000 double bonus berupa thermometer dan buku panduan membuat mesin penetas
    keunggulan thermostat cemani:
    1. batang thermostat terbuat dari besi sehingga awet bukan plastik yang mudah rusak (meleleh) saat digunakan pada suhu yang relatif tinggi.
    2, Capsul terbuat dari bahan yang peka terhadap suhu, sehingga dapat bekerja dengan optimal
    3. Saklar buatan korea awet,tahan lama dan anti konslet.
    Segera hubungi :
    Gold Singgih
    HP: 082137344780
    Stok terbatas
    alamat:
    Perumahan Tiara Mas A10 Rt 16/RW 12 tegal mulyo banguntapan gedongkuning, yogyakarta
    Cara pembelian
    Kirim SMS barang yang anda beli dan alamat anda Ke 0821 37 344 780
    1.Kami akan membalas tentang ketersediaan barang dan ongkos kirim, serta no rekening untuk transfer pembayaran ke no telepon anda
    2.Setelah uang anda transfer ke no rekening yang sudah kami kirim ke no telepon anda maka pengiriman barang akan kami proses
    3.Kami akan mengkonfirmasikan perkiraan sampainya kiriman.
    4.Silahkan menunggu pesanan anda di rumah anda

    Proses Pengiriman
    Sering ada pertanyaan dari calon pembeli “apakah pesanan akan dikirimkan setelah uang ditransfer?” , memang wajar saja pembeli sering bertanya seperti ini karena sering terjadi kasus penipuan melalui jual beli online. Berikut ini kami jelaskan bagaimana proses pengiriman dari barang yang anda pesan, sehingga tidak ada lagi keraguan bertransaksi online dengan perusahaan kami.

    1.Proses Pengepakan dari barang yang anda pesan di Kantor Pos Indonesia/JNE.
    2.Kami menggunakan Jasa Pos Indonesia, JNE yang profesional dalam pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia
    3.Penimbangan Thermostat
    4.Setelah petugas memberi kwitansi pengiriman kami akan konfirmasi waktu perkiraan datangnya barang kepada Anda melalui no telepon anda
    http://kerajaansuripto.blogspot.com/2012/07/dijual-thermostat-untuk-mesin-tetas_5128.html#links

  7. perbedaan kebutuhan mahkluk hidup menyeimbangkan sistem global

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s