Panduan Beternak Puyuh [Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur]

Mengenai pembesaran bibit puyuh petelur (DOQ) ini, ada beberapa macam teknik yang digunakan oleh peternak. Pernah dulu saya postingkan teknik-teknik apa saja yang digunakan. Kali ini akan saya ulang lagi, sekaligus mencoba membahas syarat dan prasyarat maupun ciri-ciri dan kondisi yang dibutuhkan pada salah satu tahap penting dalam rangkaian budidaya beternak burung puyuh petelur ini.

Perlu diingat kembali, bahwa masa pembesaran inipun menjadi faktor penting yang ikut menentukan selanjutnya bagaimana hasil produksi si puyuh. Baik persentase produksi, juga umur atau lama produksinya.

Mengenal Teknik atau Cara Pembesaran Bibit Puyuh Petelur (DOQ)

Dari beberapa yang saya kenal, cara atau teknik tersebut ada 3 macam, yaitu :

1. Memakai kandang bertingkat.

Kandang yang digunakan untuk masa pembesaran ini mirip dengan kandang teluran / layer. Bedanya tentu kandang ini tidak ada ruang untuk keluar telur. Selain tempat atau wadah pakan dan minumnya biasa diletakkan di dalam ruangan kandang.

Tentu saja untuk pemakaian kandang bertingkat ini juga membutuhkan pemanasan. Biasanya dengan lampu listrik bohlam. Sepertinya untuk teknik ini, belum ada pemanas lain yang dipakai. Walaupun artikel ini sambil menunggu juga, barangkali diantara pengunjung ada yang pembesaran DOQ bibit puyuhnya dengan kandang bertingkat, tetapi pemanasnya menggunakan selain lampu bohlam.

Adapun jumlah watt yang dipasang di masing-masing tingkat kandang pembesaran ini, sepertinya tergantung juga pada cuaca atau iklim di masing-masing daerah. Perbedaan suhu lingkungan antara pegunungan yang dingin dengan daerah pantai yang cenderung panas, berpengaruh besar juga pada suhu di dalam kandang.

Mengenai besaran watt lampu bohlam yang dibutuhkan untuk masing-masing tingkat kandang pembesaran, saya ambil dari komentar Bp. Puyuh Jepang dan Mas Sholehuddin berikut ini:

Cerita dari Mas Sholehuddin, Lanang Quail Farm, Jember, Jatim :

saya menggunakan kandang boks bertingkat 5, dengan ukuran 90 x 60 x 30. jika dihitung luas 120 x 40 dengan 90 x 60 kurang lebih sama.
pada keadaan cuaca dingin seperti sekarang, pada umur 10 hari lampu masih dibutuhkan tiap lantai. lantai 1-3 15 watt, 4-5 cukup 5 watt bolam medium, bukan 5 watt yg kecil.

namun pada cuaca panas biasanya 10 hari sudah tidak memakai pemanas lagi. bahkan jika cuaca sangat panas, umur 7 hari sudah bisa tanpa pemanas pada siang hari.

https://puyuhjaya.wordpress.com/2012/01/03/puyuh-satu-angkatan-kok-awal-mulai-bertelurnya-tidak-serempak-ya/comment-page-1/#comment-2029

Cerita dari Bp. Puyuh Jepang dalam pembesaran DOQ bibit puyuh petelur:

kalau disaya mungkin beda saya pakai 3 lantai dg luas (120 x 100) cm saya isi 200- 250 ekor lantai sekam padi dg pemanas 40 watt selama 3-4 hari saja/ tingkatnya. selanjutnya 5-20 hari jumlah anak puyuh saya kurangi tinggal 150 ekor dengan lampu 5 watt (sebagai penerangan makan malam), sampai 10 hari. selanjutnya sdh tidak pakai lampu. pakai lampu selanjutnya pada saat bertelur. maklum mau irit-iritan listerik.

https://puyuhjaya.wordpress.com/2012/01/03/puyuh-satu-angkatan-kok-awal-mulai-bertelurnya-tidak-serempak-ya/comment-page-1/#comment-2035

2. Menggunakan sistem litter dengan alas sekam.

Cara yang kedua ini pun sering saya jumpai. Biasa disebut juga dengan “umbaran”.
Pembesaran DOQ bibit puyuh petelur dengan umbaran di lantai dengan alas sekam ini ini sejak umur 1 hari.

Pemanasnya bisa bermacam-macam, bisa dengan bohlam lampu listrik, bisa juga dengan memakai gasolet berbahan bakar gas, bahkan sering juga sekarang pemanasnya menggunakan arang kayu.

Untuk 1000 ekor DOQ bibit puyuh petelur, dari 1 – 25 hari membutuhkan ruangan sekitar 3x3m. Bisa juga 4x2m. Kondisi atap ditutup rapat dengan terpal plastik.
Sekitar 1 sampai 5 hari masih disekat-sekat tidak permanen. Setelah itu dilepas bebas menyebar di dalam ruangan.

Sebelum menebar DOQ bibit puyuh, dipersiapkan dahulu sekam kira-kira ketebalan sampai 2 cm kemudian dilapisi kertas koran.
Wadah minum diberi batu-batu agar DOQ bibit puyuh tidak nyemplung terendam air. Baik juga memakai tempat minum yang khusus puyuh. Tempat airnya dangkal. Walaupun tetap memakai batu-batu juga.

Untuk hari ke-1 sampai hari ke-3 pakan masih ditebar. Pakannya juga dilembutkan dengan digiling. Sebenarnya ada juga pakan stater yang lembut, tapi di sini susah carinya.

3. Pembesaran DOQ dengan box.

Ini yang dulu pertama kali saya pakai. Kandang box ukuran 75x200cm pada hari pertama sampai sekitar 6 hari muat untuk 500 ekor DOQ bibit puyuh. Masih membutuhkan dua box. Selepas 6 hari dipencar menjadi 4 box. Sehingga tiap 1 box muat 250 ekor.

[BERSAMBUNG ke panduan-beternak-puyuh-pembesaran-doq-bibit-puyuh-petelur-2]

Halaman Terkait: PANDUAN CARA BETERNAK PUYUH

43 responses to “Panduan Beternak Puyuh [Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur]

  1. mas”/ bapak”,,,
    saya ni baru mencoba beternak puyuh,,,
    jadi saya minta saran dri teman” buat mmpelajari cara” merawat puyuh,,,
    bila saudara” smua berkenan memberikan saran pada saya tolong kirim email kesini yaaaa…… dejeven@yahoo.co.id

  2. Ping-balik: Pakan Stater tidak Perlu Dihemat Ketika Masa Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur | [PUYUH JAYA]

  3. pak, sy mau tanya, apakah ad kelemahannya, jika lantai kandang dikasi pasir tuk mandi puyuh? Trims atas jawabannya.. Hidup puyuh!!

  4. saya dari kalimantan timur,ingin mencoba usaha ternak puyuh,iklim di sini sedikit panas ,,apakah daerah saya cocok untuk beternak,dan di mana saya bisa mendapatkan bibit burung puyuh yang baik,dan ini
    alamat email saya,,aanashar2@gmail.com,sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

  5. slmt mlm..
    spertinya saya memberikan perangsang telur (saya tidak sebut merek) terlalau banyak, akibatnya fatal skali lebih dari 50 ekor puyuh saya mati karna telurnya terlalu besar dan tidak bisa keluar, sebagian lagi telurnya bisa keluar tapi duburnya jebol. Sudah saya berikan air minum tanpa obat +-2minggu tapi tetap saja masih ada yang jebol, mohon bantuannya pak, bgai mana cara mengatasinya, trima kasih.

    • hentikan pembrian perangsang telur, kurangi cahaya, berikan minum larutan gula dan garam . . .

      • terimakasih atas petunjuknya pak, penghentiannya untuk sementara waktu apa hentikan untuk selamanya pak? Kmudian untuk pemberian larutan gula dan garam takaran/dosisnya berapa pak?

  6. permisi..
    Maaf,,,boleh minta alamatnya ??saya juga dari jember

  7. mf pak sholeh ,,sy mau tanya nih berapa hari jarak dari bibit burung puyuh,sehingga di beri makanan petelur…..maksh sblm nya

  8. Reblogged this on Panyalu Blog's and commented:
    semoga bermanfaat

  9. pk sholeh,udah lebaran nanti insyaalloh saya mw merintis usaha ternak puyuh petelur, dan udah satu bulan ini saya banyak membaca tentang artikel beternak puyuh jg mencari penjual bibit DOQ yg berkwalitas. Dan untuk urusan mengenai bibit saya lebih percaya sama bpk,cuma sayang mengenai hrga yg bpk tawarkan gx cukup dengan dana yg saya miliki.
    Gimana pk,apa ada solusinya untuk urusan hrga yg bpk tawarkan? oh iya saya berencana beli sekitar 1200 ekor,dan usia DOQ sekitar 7 hari biar udah lewat masa kritisnya.

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      daerah mana bu nana? update harga sekarang
      0 hari 2000 per ekor
      7 hari 2700 per ekor
      30 hari 5500 per ekor

      • Pak Sholeh ….Saya Mihardy : Saya ingin beternak puyuh petelur , Saya tinggal di Duri ( Riau )
        dimana Saya bisa mendapatkan bibit yang bagus di Riau Pak . Tolong dikirim ke E-Mail Saya ya Pak …. mihardy_andid@yahoo.com

        • Aslm.
          Sy dr samarinda kaltim pak. Sy mau tanya. Kira2 bisa gk klo sy beli bibit dr bpk dkirim ke samarinda? Soalx sy liat bibit yg bpk jual lebih terjangkau,,dan hasil persilangan..
          Klopun bs dikirim, apakah puyuhnya ngga stres krn perjalanan jauh?
          Terima kasih.

        • Elymart Jastro

          Sudah punya puyuh, bang? Saya punya, kebetulan saya juga tinggal di duri. Kl berminat hubungi 081318590410

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      silahkan hub.i saya di 085274110011

  10. pak sholeh, kata bpk bibit yg bpk kembangkan adalah silangan baru antar puyuh jepang vs puyuh amerika. klw saya boleh tahu apa ada perbedaan fisik baik warna atau ukuran dengan puyuh yg sudah biasa di ternaakan oleh kebanykan orang.bagaimana pula perbandingan dengan hasil produksi telurnya. mohon pencerahan ya pak,solnya aku minat mw beternak puyuh.

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      semua sama pak, hanya saja, persilangan kami murni crossbreeding, dan salah satu peternak yg mendapat mandat sebagai Pelestari Plasma Nutfah Puyuh RI. keunggulannya, daya tahan kuat, produksi tinggi, kualitas telur bisa dibandingkan dengan bibit lain.

  11. sebab setelah saya banyak membaca di blog puyuh jaya ini,kwalitas bibit adalah salah satu faktor penting untuk bisa sukses beternak puyuh. apalagi bagi saya pemula yg benar2 gx tahu ciri dan rupa bagaimana bibit ouyuh yg berkwalitas itu

  12. makasih ya pk Sholeh,satu lg,klw kita berternak puyuh dengan bibit yg berkwalitas,katakanlah bibit dari bapak,terus kita memeliharanya dgn mengikuti sesuai standar pakan yg yg seharusnya, kira kira brp minimal dan maksimal telur yg di hasilkan per harinya untuk populasi 1000 ekor.

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      standar kami puyuh membutuhkan pakan rata2 22 gr per hari per ekor, dengan takaran itu puyuh mampu memproduksi rata2 80% perhari per periode,

  13. Ass pak, saya dari jawa tengah pengen nyoba ternak puyuh, Apakah bapak punya rekomendasi untuk penjual DOQ di wilayah Jawa Tengah yang berkwalitas?

  14. mas”/ bapak”,,,
    saya ni baru mau mencoba beternak puyuh,,,
    jadi saya minta saran dri teman” buat mmpelajari cara” merawat puyuh,,,
    bila saudara” smua berkenan memberikan saran pada saya tolong kirim email kesini yaaaa…… razim_mx@yahoo.co.id

  15. mas”/ bapak”,,,
    saya ni baru mau mencoba beternak puyuh,,,
    jadi saya minta saran dri teman” buat mmpelajari cara” merawat puyuh,,,
    bila saudara” smua berkenan memberikan saran pada saya tolong kirim email kesini yaaaa……razim_mx@yahoo.co.id

  16. pak sholeh saya peternak puyuh pemula,saya mau pesan bibit, bisa di kirimkan ke wilayah lombok NTB.,… trims atas tanggapannya

  17. pak sholeh saya berencana bertenak puyuh telur,posisi saya dijakarta .mohon info dimana saya dapat membeli bibit puyuh berkwaliras di wilayah jakarta..mohon saranya..trims

  18. pak saya tinggal di kota malang, mau pesan bibit puyuh yang umur 7 hari, harga per ekor berapa? saya mau coba 1000 ekor dulu, apa dari 1000 ekor itu betina semua? trims untuk kerjasamanya

  19. pak sholeh saya berencana bertenak puyuh telur,posisi saya di malinau kaltim .mohon info dimana saya dapat membeli bibit puyuh berkwalitas di wilayah kaltim..mohon saranya..trims

  20. pa saya dr cianjur,, saya mau tanya kenapa ya anak puyuh saya banyak yang mati dan suka mengumpul2,, terus di mesin tetas ko banyak yang tidak menetas apa penyebab nya dan bagaimana solusinya.nuhun

  21. bisa dikirim ke kuningan ya gan paling sedikit berapa ekor

  22. info penjul puyuh area medan,saya mau berternak puyuh,hub:083838981224
    klw ada area pangkalan berandan dan sekitary

  23. Yogga Cahya Saputra

    Pak,saya Yogga,saya Ingin Beternak Puyuh. Tpi Kondisi Cuaca Di Daerah Gempol,pasuruan Itu Tidak Menentu.Kadang Dingin,kadang Panas.Apakah Saya Dapat Beternak Dngan Suhu Seperti Itu?
    Trimakasih.

  24. mas mau nanya nihh,, di tempat tinggal saya daerahnya beriklim dingin..saya ingin memulai ternak puyuh..apakah dgn cuaca dingin masih memungkinkan untuk produktif pyuhnya mas..trmksih

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s