Telur Puyuh: Si Kecil dengan Segudang Manfaat

Sepertinya masih ada juga yang tidak suka telur puyuh, dengan alasan takut akan kolesterol. Setelah membaca sebuah pemberitaan di media online, tergelitik juga saya untuk memposting lagi mengenai telur puyuh.

Ternyata telur puyuh tidaklah berbahaya. Terkait dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Karena kolesterol dalam telur puyuh adalah kolesterol yang baik.
Disarikan dari pemberitaan tersebut, ternyata juga, si kecil telur puyuh mengandung segudang manfaat.

Berikut beberapa poin mengenai telur puyuh dan manfaatnya:

1. Dengan berat 10 gram hingga 12 gram, satu butir telur puyuh berisi banyak unsur yang dibutuhkan agar tubuh menjadi sehat. Nilai gizi telur puyuh tiga hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam, yang memiliki berat 50 hingga 70 gram per butir.

2. Telur puyuh mengandung 13 persen protein, telur ayam hanya 11 persen.

3. Telur puyuh mengandung 140 mu-g vitamin B1, bandingkan dengan 50 mu-g yang ada di telur ayam.

4. Kandungan vitamin A dan B2 telur puyuh dua kali telur ayam.

5. Telur puyuh memiliki zat besi dan potasium lima kali lebih banyak daripada telur ayam. Karena kandungan tersebut, telur puyuh masuk dalam kategori dietary food.

6. Bagusnya telur puyuh tidak memiliki kolesterol jahat (LDL) dan sangat kaya dengan kolesterol baik (HDL).

7. Telur puyuh tidak menyebabkan alergi. Malah, telur puyuh bisa membantu mengatasi gejala alergi. Mereka memiliki yang namanya protein ovomucoid, yang dipakai untuk produksi obat antialergi.

8. Telur puyuh dapat dimakan mentah.
Tentunya, setelah telur tersebut dicuci dalam air panas. Tidak perlu khawatir tentang adanya Salmonella karena suhu tubuh burung puyuh lebih tinggi daripada ayam sehingga Salmonella tidak dapat hidup.

9. Dalam artikel dari situs Gout Pain, disebutkan bahwa penderita asam urat sama sekali tidak dilarang makan telur, termasuk telur puyuh. Itu karena telur mengandung unsur purin yang rendah.
Meski demikian, jumlah konsumsinya harus dibatasi. Untuk telur ayam, hanya tiga butir per pekan, disesuaikan pula untuk konsumsi telur puyuh. (Terkait dengan asam urat – admin).

10. Merupakan kebiasaan bagus untuk mengonsumsi 3-5 butir telur puyuh setiap pagi. Itu gunanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki proses metabolisme. Setelah 3-4 bulan rutin makan telur puyuh, tubuh akan terasa selalu berenergi.

[sumber dari pemberitaan: http://health.kompas.com/read/2011/06/03/13385556/Telur.Puyuh.Si.Mungil]

Iklan

20 responses to “Telur Puyuh: Si Kecil dengan Segudang Manfaat

  1. selamat malam . saya mau berbagi informasi tentang manfaat telur puyuh
    pengalaman saya, saya telah menyaran sekitar 10 pasangan suami isteri yg belum mandapat keturunan untuk makan telur puyuh masing2 10 butir selama 3 bulan,(dimakan dalam bentuk apa saja mungkin dijadikan santapan mentah, direbus, digoreng atau sebagai lauk, atau dibuat sebagai teh telur) insya Allah semua berhasil mendapatkan anak, malah untuk selanjutnya untuk mendapat anak ke 2 dan ke 3 nya lebih mudah bahkan jaraknya jadi rapat hahahahhaha. Dan selamat mencoba, kalau berhasil beritahu ya!!!

  2. selamat malam . saya mau berbagi informasi tentang manfaat telur puyuh
    pengalaman saya, saya telah menyaran sekitar 10 pasangan suami isteri yg belum mandapat keturunan untuk makan telur puyuh masing2 10 butir /hari selama 3 bulan,(dimakan dalam bentuk apa saja mungkin dijadikan santapan mentah, direbus, digoreng atau sebagai lauk, atau dibuat sebagai teh telur) insya Allah semua berhasil mendapatkan anak, malah untuk selanjutnya untuk mendapat anak ke 2 dan ke 3 nya lebih mudah bahkan jaraknya jadi rapat hahahahhaha. Dan selamat mencoba, kalau berhasil beritahu ya!!!

  3. Kunjungan lagi ke blog ini… hehehe 🙂
    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya 🙂
    salam persahabatan 🙂

  4. Saya ngga perlu di-prospek supaya suka telor puyuh. Udah doyan dari sononya. Hehehehe…..

    • Terima kasih, Bung Nando sudah menyempatkan berkunjung dan berapresiasi.

      Waaah, selain bermanfaat untuk diri sendiri, juga urun mendukung semangat petani peternak indonesia.

      Maju dan terus jaya nusantara tercinta 🙂

  5. Eh, ternyata banyak manfaatnya ya.. selama ini saya makan-makan gitu aja, hehe.. saya ga pernah alergi telur sih, malah telur jadi alternatif kalo ga ada lauk 🙂

  6. Sedikit tambahan:
    Manfaat puyuh yg saya ambil dari majalah trubus:
    1. dapat dijadikan usaha samapingan dengan keuntungan cukup baik. sosoknya kecil, sehingga bisa diusahakan di lahan sempit. Misal di ruangan seluas 5×3 m dapat dipelihara 1.000 ekor puyuh.
    2. sebagai sumber gizi yg sangat baik dan bercitarasa lezat karena kandungan proteinnya setara ikan laut.
    3. limbah kotorannya kaya protein, dapat dimanfaatkan sebagai pakan lele atau pupuk tanaman.
    4. unsur kalsium membantu penggumpalan darah dan pembentukan tulang.
    5. baik dikonsumsi ibu hamil yang mengalami gejala anemia. kandungan zat besinya cukup untuk menghindari kurang darah.
    6. kandungan tembaga dan vitamin berguna untuk pembentukan tulang.
    7. mengkonsumsi telur puyuh secara rutin dipercaya membantu pertumbuhan anak, menguatkan tulang, membantu proses berjalan pada usia balita dan menghaluskan kulit.
    8. sebagai bahan alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit, diantaranya:
    – meningkatkan fungsi hati.
    – berpengaruh baik pda pengobatan penyakit ginjal dan hati,
    – membantu pencernaan dan mengontrol cairan lambung.
    – meningkatkan daya ingat.
    – mempercepat pertumbuhan anak-anak.
    – memperbaiki sistem saraf sehingga dapat mendorong potensi seksual.
    – membantu mempercepat penyembuhan penyakit jantung dan pulmonal.

  7. Wow……ternyata telur puyuh itu kecil2 hebat juga ya..? boleh juga tuh dicoba trims ya pak informasinya .

  8. Titiek Prihatiningsih

    Wow ..
    Great !!
    I Like puyuh’s egg 🙂

  9. wahh..amazing..!!
    ternyata waLau keciL bentuknya,tp besar manfaatnya yach?
    mksh,jd tmbh iLmu nich..hehe 😉

  10. Akan lebih baik sekali apabila rakyat indonesia mengerti kandungan nilai gizi pada telur puyuh pasti peternak puyuh tidak akan kesulitan baik dalam pemasaran maupun pakan pasti setiap kios akan menjual telur puyuh dan pasti setiap kios penjual pakan ternak ,pakan puyuh selalau tersedia layaknya seperti peternak ayam petelur.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s