[opini] Efek Negatif Pemberian Gula Pasir pada Ternak Unggas Burung Puyuh

Salam sejahtera dan sukses selalu bagi para petani, peternak, nelayan dimanapun berada se-Nusantara.

Sudah menjadi kebiasaan saya dalam beternak puyuh petelur selama ini, kadang memberikan gula pasir pada puyuh-puyuh kesayangan. Ukuran pemberian gula pasir, 1 sendok makan untuk 10 liter air minum puyuh.

Ukuran dan anjuran tersebut mengikuti apa yang disampaikan pada penyuluhan dari pihak perusahaan kemitraan puyuh yang saya ikuti.

Beruntung sekali hari ini ada masukan yang berupa opini, komentar dari Bp Puyuh Jepang mengenai efek negatif pemberian gula pasir pada hewan ternak puyuh.

Silahkan disimak:

Permisi puyuh jaya. Ada sedikit komentar tentang pemberian air gula pada ternak puyuh.

Tujuan pemberian air gula pada unggas umumnya dan pada puyuh khususnya adalah untuk menggantikan energy yang hilang selama proses biologis maupun fisiologis tubuh puyuh, terutama setelah perjalanan jauh, pindah kandang, setelah vaksinasi dan lainnya.

Sebenarnya yang dimaksud air gula yang diberikan pada puyuh, jenis gulanya apa?? Kan banyak jenis gula yang beredar di pasaran dan tentunya beda pula proses biokimia gula-gula tersebut pada tubuh puyuh.

Gula pasir, gula batu, dan gula merah???? Gula pasir, gula batu, dan gula merah adalah makanan yang manis dan disukai banyak orang mungkin juga puyuh suka tidak ya??. Walau pun sama-sama manis, tetapi ketiga jenis gula di atas dapat memberikan dampak yang berbeda untuk kesehatan tubuh puyuh dan organ pankreas.

Gula merupakan zat karbohidrat yang merupakan makanan untuk elemen kedua, yaitu elemen Air. Organ tubuh pada elemen Air yang memproses gula menjadi energi adalah pankreas.

Ketika puyuh menkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, karbohidrat akan diubah dahulu menjadi gula darah. Selanjutnya pankreas perlu menghasilkan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi.

Gula pasir menghasilkan nilai negatif, baik bagi tubuh puyuh maupun bagi pankreasnya, yang berarti merugikan bagi kesehatan.
Gula batu dan gula merah memberikan hasil positif bagi tubuh dan pankreas, yang berarti bermanfaat bagi kesehatan.

Agar pankreas tidak kelelahan dan tetap sehat, sebaiknya kita berikan puyuh gula merah dan gula batu yang masih merupakan karbohidrat kompleks yang sehat. Dengan memberikan banyak air gula pasir yang merupakan karbohidrat sederhana yang tidak sehat, pankreas akan cepat lelah dan akibatnya akan sakit dan selanjutnya rusak. Selain itu juga akan menyebabkan kegemukan.

===#

4 responses to “[opini] Efek Negatif Pemberian Gula Pasir pada Ternak Unggas Burung Puyuh

  1. Boleh tahu
    Gula pasir, gula batu, dan gula merah apa saja perbedaan kandungan nutrisinya apa pengaruh bagi kesehatan?

    trim atas tanggapannya

  2. maaf bpk2, kalau saya pakai bio red/sejenis minuman bakteri trus ku campur gula jawa hasilnya cukup baik dan resiko penyakit kecil’ .krn kami sdh mencoba.minta tanggapanya pras 087739384062. tx

  3. EM4 dg biored/ sejenis kandungan minuman bakteri yg diminumkan puyuh dan ayam apakah sama maanfaatnya

  4. Menurut pengalaman saya tentang penggunaan Gula pasir pada ayam broiler sangatlah bermanfaat. sejak menggunakan Gula pasir kematian ayam ternak saya Alhamdulillah menurun Drastis kurang lebih 60%.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s