Puyuh Satu Angkatan Kok Awal Mulai Bertelurnya Tidak Serempak ya?

Awal masa puyuh mulai bertelur, biasanya sekitar umuran 40 hari. Begitu yang selama ini saya alami. Pada produksi awal puyuh bertelur di umuran tersebut, menggelinding satu atau dua butir telur puyuh tiap harinya. Semakin hari biasanya juga semakin tambah jumlah telurnya. Hingga sampai saatnya produksi telur puyuh bisa dijual dan mulai diambil keuntungannya setelah dikurangi untuk pembelian pakan.

Mengapa pada awal bertelur yang bahkan dalam satu angkatan / koloni tersebut tidak serempak bersama-sama? Kenapa kok sedikit demi sedikit dalam mencapai puncak produksi?

Kebetulan permasalahan tersebut muncul juga di komentar. Untuk kemudian saya unggah menjadi artikel di postingan ini.
Silahkan disimak:

Boyolali Putra Puyuh:
kepada Yth,bapak Miftah Farid.. saya peternak pemula pak ada yang saya ingin tanyakan selama ini masa pembesaran sampai sekarang umur puyuh saya sudah 40Hr,,tapi 4hr yang lalu sudah mulai bertelur tapi tidak bersamaan cmn sekitar 40btr padahal jumlah puyuh saya 1700ekor,,pa mngkn ada kekurangan dalam hal proses pembesaran yang saya lakukan???terus juga saya melihat dari youtobe ada sebuah Prodak Nasa dan asam amino yg di katakan bisa memperbaiki produksi telur dan menyehatkan puyuh apakah saya baik apabila saya mencoba memakainya??,,,MOhon sekali pencerahanNya y pak! begitu saya berterima kasih kepada Puyuh Jaya yg dengan baek hati membuka forum ini..Terimakasih sebesar besarnya saya ucapkan.. mohon maaf sebelumnya kalau ada salah kata…

Miftah Farid, SP:
YA normal pak. secara genetik memang puyuh ada masak kelamin (salah satu ciri masak kelamin = bertelur) umur tsb. kenapa ada yang lebih dulu dan belakangan??? ini karena pencapaian bobot badannya (body weight) tidak bersamaan, kenapa tidak bersamaan ?????

karena dalam satu koloni puyuh ada persaingan dalam mendpatkan makanan, mungkin tidak sama, dan kemungkinan adalah kendala lain seperti kesehatan/stamina puyuhnya masing2.

normal saja puyuh bapak itu.
mengenai produk organik boleh-boleh saja asal ikuti juga aturan pakainya. memang akan mendapatkan hasil yang optimum bila kebutuhan dasar dulu yang harus dipenuhi, mis berikan pakan sesuai dengan jenisnya, kualitasnyan dan jumlahnya. ok terimakasih kembali.

37 responses to “Puyuh Satu Angkatan Kok Awal Mulai Bertelurnya Tidak Serempak ya?

  1. boyolali PUtra puyuh

    kembali saya ucapkan terima kasih kepada Bpk, Miftah farid,Sp dan Pengelola Puyuh jaya,, alhamdulilah sekarang sedikit demi sedikit sudah menambah Produksi telur dari puyuh di kandang saya ,,, Semoga ini menjadi awal yg baek dr usaha Yg saya lakukan mngkn ke depanNya sudilah kiranya Bapak dan saudara-saudara saya yg saya hormati untuk selalu senantiasa meMberikan Bimbingan dan masuKuanNya kepada saya…Terimakasih ,,, SukseS selalu ,,,

    • Sebelum Pak Miftah Farid berkenan hadir, Puyuh Jaya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Mas Boyolali Putra Puyuh telah menyempatkan hadir. Semoga blog sederhana ini bisa memberikan manfaat.

      Puyuh Jaya senantiasa menanti kehadiran-kehadiran Mas Boyolali maupun Bp. Miftah Farid selanjutnya.

      Salam hangat dan sukses selalu.

  2. mas arif klo sy mulai ternak Dr puyuh starter(umur 10hr) sedangkan kandang Mdl tingkat apa bs trus apa tiap tingkat hrus dberi lampu(120x40x30)/tngkat…mohon penjelasannya.
    Trim’s

    • Terima kasih juga kunjungan dan komentarnya, Pak Mulyadi.

      Sepemahaman saya, puyuh umuran 10 hari masih masa pembesaran dengan pakan stater.
      Untuk pembesaran memang belum khusus saya postingkan, karena belum dapat juga foto pas pembesaran.
      Namun memang seringnya saya liat teknik pembesaran DOQ biasa memakai kandang bertingkat (battery).
      Untuk pemanasan pada kandang bertingkat semakin ke atas, watt-nya semakin kecil. Saya yakin mengenai hal ini Mas Sholehuddin dari Jember, Jatim, sudah hapal sekali. Walaupun toh tetap mengikuti bagaimana kondisi cuaca masing daerah.
      Sedangkan kalo saya pribadi, dalam pembesaran biasa memakai sistem litter (umbaran)

      Sementara demikian. Bisa disambung lagi jika berkenan.

      • saya menggunakan kandang boks bertingkat 5, dengan ukuran 90 x 60 x 30. jika dihitung luas 120 x 40 dengan 90 x 60 kurang lebih sama.
        pada keadaan cuaca dingin seperti sekarang, pada umur 10 hari lampu masih dibutuhkan tiap lantai. lantai 1-3 15 watt, 4-5 cukup 5 watt bolam medium, bukan 5 watt yg kecil.

        namun pada cuaca panas biasanya 10 hari sudah tidak memakai pemanas lagi. bahkan jika cuaca sangat panas, umur 7 hari sudah bisa tanpa pemanas pada siang hari.

        • Bahkan di musim dingin di tempat Mas Sholehuddin pun lampunya saya anggap minim. Apakah doq-nya tidak pada ngumpul tumpuk-tumpukan?

          • sedingin2nya di jmber. tetep aja suasanya panas mas. yg penting ventilasinya ditutup rapat. dan rak kandang buat doq itu saya taruh di kandang induk dari tembok yg juga minim terpaan angin kencang. jadi suasana hangat masih terasa, namun tetap tidak pengap.

  3. Puyuh Jepang, SP.

    kalau disaya mungkin beda saya pakai 3 lantai dg luas (120 x 100) cm saya isi 200- 250 ekor lantai sekam padi dg pemanas 40 watt selama 3-4 hari saja/ tingkatnya. selanjutnya 5-20 hari jumlah anak puyuh saya kurangi tinggal 150 ekor dengan lampu 5 watt (sebagai penerangan makan malam), sampai 10 hari. selanjutnya sdh tidak pakai lampu. pakai lampu selanjutnya pada saat bertelur. maklum mau irit-iritan listerik.

  4. selamat sore puyuh jaya dan peternak puyuh di seluruh nusantara.saya mau mulai ternak puyuh nih. saya tanya harga pakan ternak pedaging dan petelur yang terbaru dong?terima kasih

    • Selamat sore juga Bung Feriyansa.
      Dari berbagai merk, untuk pedaging, saya kira di kisaran 255rb/sak.
      Untuk layer, mulai dari sekitar 217rb/sak sampai sekitar 235rb/sak.
      Mungkin diantara saudara pengunjung yang lain ada yang berkenan berbagi info lebih mendetil, dipersilahkan.
      Sama-sama terima kasih.
      Salam sukses selalu.

  5. Ping-balik: Pakan Stater tidak Perlu Dihemat Ketika Masa Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur | [PUYUH JAYA]

  6. Selamat Malam bapak Puyuh Jepang….
    Saya mau tanya, Saya peternak pemula lagi pengen mencoba usaha beternak puyuh. Awalnya Saya punya 260 puyuh hasil tetasan sendiri, awal awalnya sangat mengembirakan dengan hasil telur yang tiap hari semakin meningkat bermula dari bertelur 4,7,11,17,….. hingga 180an akan tetapi tiba tiba saja prosduksi telur anjlok 140…120an parahnya lagi menjadi 90an.
    Saya sudah mencoba tak kasih macam macam untuk mengobatinya dari kunyit+madu, kunyit+jahe+kencur+madu kadang madu saya kasih gula merah, terahir minumannya saya jor tiap hari saya kasih puyuh medi egg dengan berharap produksi telur segera pulih kembali, tapi hasilnya sama saja.
    kira kira apa yang harus saya lakukan supaya produksi telurnya meningkat kembali.
    pertanyaan kedua bagaimana cara menanggulangi cangkang telur lembek/lunak/tak ada cangkangnya yang tau tau kuning telur sudah jatuh di tempat kotoran. Mohon solusinya
    Terima kasih.

  7. untuk puyuh tidak bertelur atau menurun produksi telurnya bisa dikarnakan pakan tidak mengandung cukup gizi untuk pembentukan telur.itu juga bisa terlihat dari cangkang yang lembek atau bahkan tidak terbentuk cangkang.sebisa mungkin beri pakan khusus puyuh petelur.selain itu,juga bisa disebabkan puyuh anda stres karena kandang kotor,makanan dan minuman sering abis (tidak selalu ada).untuk solusi masalah stres,coba kasih obat stres untuk unggas seperti vitastres dan rawat kebersihan kandang dan beri makan sedikit berlebih agar makanan dan minuman tidak benar2 abis sama sekali.silakan dicoba.

  8. Untuk makanannya dari awal saya kasih makanan 511/makanan untuk ayam pedaging di umur 30 hari pakannya saya campur dengan BP104/pakan puyuh petelur di umur 40 hari sudah saya kasih BP104 hingga sekarang, mungkin juga karena gara2 stres. ok kalo gitu akan saya kasih Vita Stres. Terima kasih untuk informasinya mas.

  9. jarang terjadi produksi telor turun sampai 50 %. kemungkinan itu terjadi karena kurang pakan (pemberiannya dipres) atau pakan dicampur dengan bahan lain (ganti pakan mendadak).

  10. sebenarnya sya sudah coba jg ganti makanan dengan pakan ayam.tapi ini hanya solusi untuk peternak yang kesulitan dapatin pakan puyuh.sebenarnya pakan puyuh petelur atau pedaging bisa diganti dengan pakan ayam 511 atau 512 dengan kadar 2:1 dicampur dedek atau bekatul.hasil telur masih ok,tahan 1 bulan dan besar.oya kalau ada yg butuh bibit puyuh,bisa telp atau sms saya ke 085695634124.bibit puyuh dijamin berkualitas karna pakan 100% pakan sinta.konsul ke saya jg boleh.thanks.senangnya berbagi info ke teman2.

  11. posisi dimana mas feriyansa?

  12. saya di depok.saya siap layanin pesanan sepulau jawa.

  13. Capoenk al. Jambul Njalinan malam smua……………….Thank’ fr information by everyted

  14. malam bos,bagaimana cara mengatasi produksi telur yg menurun dratis padahal umur puyuh sekitar 8 bln,pakan cargill dr sinta,ransum + minum tidak kekurangan,kebersihan + penerangan standart?

  15. sekedar berbagi pengalaman. kalau pakan, minum, kebersihan dan penerangan cukup, tapi kok produksi ngedrop….. kira2 ada pergantian pakan atau penambahan bahan lain secara mendadak tidak ? kalau ada, itulah penyebabnya. solusinya kembalikan pada pakan semula. tapi kalau tidak ada perubahan pada pakan, coba aja diberi puyuhvit (bukan promosi, tapi pengalaman), mudah2an ada manfaatnya.

  16. mas,kalo ngedrop begitu coba kasih obat puyuh atau obat burung.maaf lupa nama obatnya.takutnya puyuh mas sakit.tapi kalo ga ada perubahan,artinya ada masalah dengan pakan anda.anda merubah kandungan gizi pakan anda tidak?

  17. mas feri sya mau tanya harga DOQ brug puyuh berapa ???

    • saya mau promosikan mesin pencabut bulu unggas dengan harga Rp 3.500.000 dengan spec dimensi 110×65 cm; diameter silinder 57/47 cm; power supply 5,5 hp motor bensin; bahan stainless; dan penggerak ada 2 jenis,yaitu bensin dan dinamo listrik.maaf promo ini baru hanya berlaku untuk pembeli di jawa barat dan kami harap teman-teman bisa maklumi kekurangan kami.kalau berminat,tolong segera hubungi saya di m3 085695634124 atau esia (021)60811455.thanks atas perhatiannya.

    • menjual puyuh berkualita dan bebas snot
      Harga puyuh betina petelur umur 30 hari 5500/ekor
      Harga puyuh betina umur 18 hari 3500/ekor
      Untuk info pemesanan hub. Rudihartono tlpn. 087828852803 /085318290909 /085724733622

  18. harga DOQ saya kurang tahu.saya nyaranin kalo mau ternak,jgn dari DOQ.kalo mau lebih murah,lebih baik beli telur tetas saja harganya sekitar 500-1000/butir.kalo ga mau repot,beli yang minimal sudah berumur 30 hari harganya sekitar 9000-10000/ekor.kalo mau tanya harga produk saya lebih baik sms atau telp saya aja ke 085695634124 atau esia 02160811455.thanks.

  19. bagaimana mas caranya untuk menhilangkan atau mengurang bau pada kotoran puyuh, setidaknya untuk mengurangi bau aja mas

  20. Ping-balik: Panduan Beternak Puyuh [Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur] « puyuh petarung

  21. wah semua puyuh jg anti snot tapi dengan syarat kotorannya harus rajin dibersihin.hehe.kl ga dbersihin puyuh apapun pasti kena snot.promosi yg hebat.hehe.kalo tuk kurangin bau sebenarnya ada obatnya sejenis jamu2an yang mengantuk bakteri yg bisa mengurai kotoran puyuh dan itu diberikan di minuman puyuh.hanya saja sy lupa namanya apa.maaf ya mas?

  22. Saya membutuh telur punyuh dalam jumlah banyak, harganya berapa? Saya posisi ada di daerah Tigaraksa Tangerang

  23. maaf bu hayati.sy bisa minta no hp ibu.tolong smsin aja ke hp sy 085695634124 atau esia (021)60811455.terima kasih.

  24. sy jual telur puyuh dengan ukuran 1 kg isi 90 butir.sy jual dgn harga 155.000/dus isi 750 butir/dus.

  25. saya minta infonya dong saya cari pakan puyug di daerah tigaraksa tangerang susah tolong solusinya

  26. Selamat siang puyuh jaya,saya sdah pelihara puyuh 4tahun.15 hari yg lalu ada yg bertelur putih dan lembek dan msih berlanjut sampai sekarang.awalnya hanya 5 butir yang putih dan lembek sekarang sudah 150 butir yang putih dan lembek.persentasenya turun dari 2300 butir jadi 1700 butir.makanan saya pakai phokpan p304 khusus puyuh.yang pertama kali terserang sekarang sudah bertelur normal tetapi yang lainnya blum normal.penyakitnya berjalan sangat lambat tapi pasti.kematian 4 ekor dari 2700 ekor perhari.mohon solusinya bagaimana biar cepat berlalu dan apa obatnya.

  27. saya mulai belajar berternak dan alhamdulilah dah mulai bertelur, tapi ada kendala bulunya sebagian mulai rontok dan terkadang sampai berdarah karena suka dipatuk yang lainnya, gimana kiranya untuk solusi masalah tersebut

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s