Seluk Beluk Pemberian Vaksin pada Unggas [termasuk Burung Puyuh] – 01

Oleh: Bp. Miftah Farid, SP

kiranya kita perlu juga mengetahui seluk beluk program vaksin pada unggas termasuk burung puyuh, oleh karena itu saya sajikan sebuah tulisan pada majalah Poultry Indonesia edisi maret 2004, oleh Efrizanty seorang praktisi tinggal di Jakarta. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

MENDESAIN PROGRAM VAKSIN YANG OPTIMAL

Pengetahuan tentang metode vaksinasi, teknik vaksinasi dan faktor-faktor yang menentukan dalam program vaksinasi perlu diperhatikan oleh peternak, agar proses vaksinasi bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimum.
Vaksinasi dalam pemeliharaan unggas perlu diperhatikan oleh peternak untuk menanggulangi penyakit menular misalnya : ND, IB, Gumboro dan banyak lagi yang lain.

Target vaksinasi adalah untuk mencegah timbulnya penyakit dan meredam penyakit dalam membuat kerugian. Target yang mudah dilihat adalah program mortalitas dan morbiditas, misalnya vaksin ND.

Beberapa metode vaksinasi yang umum diterapkan adalah:

1. tes mata atau tetes hidung,

2. suntikan dilipatan sayap, leher (sub kutan) atau dalam daging (intra musculair),

3.Çlewat air minum dan spray.

Metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga peternak dituntut untuk terus meningkatkan pengetahuannya tentang teknik dan vaksinasi demi keberhasilan program vaksinasi.

Sedangkan faktor yang mempengaruhi program vaksinasi antara lain: lingkungan dan pemeliharaan, antibody maternal, pakan, penyakit dan tatalaksana vaksinasi.

====#

Artikel Terkait:

Seluk Beluk Pemberian Vaksin pada Unggas [termasuk Burung Puyuh] – 02

Seluk Beluk Pemberian Vaksin pada Unggas [termasuk Burung Puyuh] – 03

====#

Sumber: penyakit-puyuh-dan-kesehatan/#comment-2552

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]