Begini Perbedaan Periode Masa Perkembangan Puyuh Petelur dengan Ayam Petelur dari Awal sampai Apkir dan Pakan yang Dipakai

Selama ini sedikit memahami dan memiara puyuh petelur, hanya mengenal ada dua periode atau masa perkembangannya. Yaitu stater dan layer.
Stater adalah ketika puyuh sedang masa pembesaran sampai siap bertelur / masak kelamin. Sedangkan layer adalah masa mulai bertelur sampai apkir.

Ternyata dua periode perkembangan puyuh petelur tersebut berbeda dengan periode perkembangan ayam petelur. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan periode atau masa perkembangan pada puyuh petelur dan ayam petelur serta ayam pedagin, dan jenis pakan yang dipakai pada masing-masing periode tersebut bisa disimak dari penjelasan Bp. Puyuh Jepang berikut ini:

Oleh Bp. Puyuh Jepang

Pakan starter layer diformulsi peruntukannya ayam petelur/layer. pada masa awal. dengan tahapan sbb.
periode starter 0 – 6 minggu dg pakan starter layer (protein 19 – 20%),
periode grower / developer 7 – 18 minggu dg pakan grower (protein 13-14%)
dan periode layer / petelur 19 minggu – afkir dg pakan layer (protein 16-18%). pembagian periode pemeliharaan kadang tergantung breeding yang mengeluarkan strainnya, biasanya berbeda satu sama lain, bahkan ada yang menambahkan periode prelayer, dg umur 16-18 minggu.

pembagian periode ini dimaksudkan dalam pertumbuhan dan perkembangan ayam tidak kegemukan (over weight) dan tidak cepat masak kelamin (sexual maturity).

kalau pakan starter pedaging diformulasi peruntukannya ayam pedaging (broiler) dengan tahapan sbb. periode starter umur 0 – 3 minggu dengan pakan starter pedaging (protein 21-23%), dan
periode finisher 4 – dst dijual dg pakan finisher (protein 19-21%).

ada juga breeder membagi lagi di periode starter menjadi 2 periode yaitu
prestarter 0 – 1 minggu (protein 23-25%)
dan periode starter 2 – 3 minggu (protein 21 -23%).

pada puyuh karena pengaruh genetikanya yang cepat tumbuh dan berkembang dalam hal ini laju metabolisme yang sangat cepat. maka para peternak kita pada pengaturan pakannya mengikuti pakan ayam pedaging terutama pada masa awal (starter) dan itu mendekati cocok dihati para peternak dan terus berlangsung hingga kini (sebenarnya ada khusus pakan starter khusus puyuh).
lalu kenapa pada puyuh cuma ada periode starter dan layer?

jawabnya itu karena puyuh tadi karena sifat metabolismenya sangat cepat pertumbuhan dan perkembangannya. maka membagi periode agak repot. cukup sudah dengan membagi periode starter 0 – 5 minggu dan periode layer 6 minggu dst.
demikian kira-kira tentang pembagian tahapan pemeliharan dan pemberian pakan pada puyuh. kalau ada pendapat lain silahkan.

=====#

Sumber: https://puyuhjaya.wordpress.com/pakan-ternak-dan-permasalahan/#comment-2068

2 responses to “Begini Perbedaan Periode Masa Perkembangan Puyuh Petelur dengan Ayam Petelur dari Awal sampai Apkir dan Pakan yang Dipakai

  1. Ping-balik: Perawatan puyuh setelah Menetas | solopuyoh

  2. BISMILAHH … MZ KLAU SUHU IANK DIBUTUHKAN PUYUH USIA 1HRI- 10 HRI BRPA C MZ IA??

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s