Inilah Solusi Jika Pakan Puyuh Ternyata Kandungan Kalsium Kurang dari Standar

Pernahkah Anda membaca analisa kandungan nutris pakan puyuh yang Anda beli? Biasa terlampir ikut dijahit di wadah pakan.
Salah satu kandungannya adalah Kalsium (Ca).

Menurut keterangan, kandungan kalsium yang dibutuhkan puyuh petelur adalah 3,5%. Namun bagaimana jika Anda temukan di kertas terlampir ternyata kandungan kalsiumnya di bawah jauh dari 3,5%?

Berikut ini Bp. Puyuh Jepang berkenan memberikan solusi pencampuran untuk pakan puyuh yang kandungan kalsiumnya malah 1,1%. Monggo dipun simak:

Bp. Puyuh Jepang.
…masalah kandungan Calsium dalam ransum buatan PT kemitraan yang minim untuk petelur puyuh yaitu 1.1% terus bagaimana cara menambahkan kandungan tersebut??

Sekalian saya jawab sedikit. Bisa saja ditingkatkan mencapai 3.5% yaitu dengan menambahkan MINERAL .

Caranya dengan menambah 2 kilo (bungkus) mineral buatan Eka farma semarang per 50 kg pakan tadi. Jika menggunakan mineral buatan PT. Medion 3 kilo per 50 kg pakan tadi.

Namun ingat setelah kandungan Calsium tercapai (3.5%). Ada yang saya khawatirkan disini akan terjadi peningkatan kandungan yang lain seperti kadar Abu-nya ikut meningkat. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan si puyuh tersebut.

Namun ada cara lain meningkatkan Calsium, yaitu dengan penambahan sumber Calsium murni seperti tepung kerang, bisa juga tepung tulang ini yang lebih aman, tatapi cara kedua ini lebih repot karena mungkin di daerah tertentu agak sulit mendapatkan barang tersebut, tidak halnya dengan mineral Eka farma atau mineral Medion.

======#

Bersumber dari komentar di : https://puyuhjaya.wordpress.com/pakan-ternak-dan-permasalahan/comment-page-2/#comment-2033

=====#

Artikel terkait: Mengenal Komposisi dalam Pakan Puyuh Petelur.

3 responses to “Inilah Solusi Jika Pakan Puyuh Ternyata Kandungan Kalsium Kurang dari Standar

  1. Mas puyuh saya umur 20 minggu tapi pakan boros 3’5 per mggu tapi prodoksi menurun kematian terus tiap hari..gimana ya..

  2. Puyuh saya dulu DOCnya 10 rb tapi jadi 3 umur tpi prodoksinya kurang baik pakanya boros kematian tiap hari ad.gimana ya?

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s