Cara atau Langkah-Langkah Pemasaran Telur Puyuh [oleh Mas Maulana Ihsan]

Salam sejahtera.

Kali ini akan mengetengahkan tentang tip trik, kiat, atau cara memasarkan telur puyuh dalam dunia pemasaran telur puyuh. Bagaimana langkah-langkahnya?

salam dan SEMANGAT PAGI untuk seluruh peternak puyuh di nusantara….
saya tidak lebih berpengalaman dari rekan2 peternak sekalian mengenai pemasaran telur puyuh, tetapi saya yakin rekan2 sekalian tidak akan ada yg keberatan jika saya mengutarakan langkah2 yang sangat sederhana dan sama sekali tidak luar biasa mengenai pemasaran telur puyuh,, (hitung2 cerita tengah malam) 🙂

Mungkin ada beberapa diantara para peternak (tentunya selain peternak plasma) yang kebingungan untuk menjual telurnya ketika hasil produksinya melebihi batas kemampuan penjualannya….

Mungkin diantaranya bisa saja peternak menjual murah hasil produksinya tersebut benar supaya telurnya itu tidak sekedar menjadi pajangan di gudang, dan sirkulasi pemasarannya tetap berjalan meskipun tidak lancar, dan kalo boleh dikatakan hal demikian sama dgn mencelakakan diri sendiri..

Tetapi ada baiknya apabila saya tidak perlu membahas kemeranaan para peternak, karna saya sendiri tidak lebih dari seorang awam yang sangat tidak berpengalaman.. Mungkin saya lebih ingin mencari informasi dan bertukar saran, siapa tau ketidak-berpengalamanan saya bisa menghibur hati rekan2 sekalian.. 🙂

(YANG SAYA FIKIRKAN), kemana saya harus mendistribusikan telur puyuh?
Yang pertama ada dalam benak saya adalah bandar/pengepul… Akan tetapi bagai mana kalo pengepulnya sendiri overstok?
Apa mungkin telur kita akan tetap diambil?
Sama sekali TIDAK MUNGKIN.

Oleh sebab itu seorang peternak dituntut untuk mencari caranya sendiri / mencontoh cara peternak lain, mungkin peternak harus mau sedikit lebih capek demi kelancaran usahanya tersebut, salah satu caranya yaitu merangkap sebagai SALESMAN telur puyuhnya sendiri, dimulai dari:

1. Mencari tempat2 atau sasaran yang berpotensi menjadi pembeli/langganan, diantaranya:

>toko grosir/sembako
>warung2 kecil/eceran
>kios2 sayuran dipasar
>pedagang asongan
>pedagang sayur keliling
>rumah makan/warteg
>tukang baso/ mi ayam/ nasgor/ dan sejenisnya
>kantin2 sekolah TK/ SD/ SMP/ SMA
>koperasi perusahaan, dbl (dan banyak lagi) 🙂

2. Promosi, tdk lupa dengan alamat dan kontak yang bisa dihubungi, (bukan di internet saja tapi saya rasa dengan selebaran/ brosur juga bisa efektif). Kemudian tempel selebaran promosi tersebut di tempat-tempat yang sering dikunjungi orang banyak, contoh:

>pom bensin
>pangkalan ojek
>terminal (tidak lupa di kendaraan umum pun ikut kita tempel, biasanya di angkot)
>bengkel
>ruang tunggu rumah sakit
>tempat foto copy
>warung2
>warnet, dbl 🙂

3. Cara pembayaran tentunya dengan sistem pembayaran yang sama sekali tidak boleh memberatkan pemilik toko atau langganan. Agar mereka mau menjual telur kita, bisa dengan cara kredit seminggu sekali atau tergantung kesepakatan. Tapi kita ambil saja contohnya kredit seminggu sekali, yang penting jangka waktu kredit setiap toko harus sama agar kunjungan dan tagihan sebelumnya bisa dilakukan di hari tersebut.

4. Lain-lain:
usahakan agar keberadaan telur kita ada disetiap tempat (seperti pada no.1) meskipun cuma 2 atau 1 kg, agar mudah ditemui dan calon pembeli mudah mendapatkannya.

Jumlah telur yang kita masukan ke langganan harus berdasarkan pada potensi langganannya sendiri, dengan kata lain kalo warungnya kecil kasih sedikit aja dulu biar angka BS nya bisa diatur).

Dikarenakan bicara selalu lebih mudah daripada action, maka saya akan buat PERHITUNGAN BAYANGAN SEDERHANA sebagai berikut:

# jika dalam sehari produksi telur kita 15kg, maka kita setiap harinya hanya butuh 5 langganan kecil saja (kita ambil yang kecil saja contohnya biar tidak terlalu muluk2) dan masing2 kita kasih 3kg, maka 95% kemungkinan telur kita akan habis terjual, karna jika dalam sehari di setiap toko hanya laku 1/2kg saja dalam 6 hari telur kita sudah habis terjual,,
kemudian, jika dalam sehari kita hanya butuh 5 toko, artinya kita cukup mencari 35toko/ langganan saja. karna setiap minggunya kita berkunjung ke toko yang sama.. ALHASIL tidak akan ada telur yang ngetem lebih dari sehari di gudang, dan kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemasaran telur kita.

silahkan dicoba, dan smoga sukses, AAmiinn………!

mungkin cerita malam yg saya tulis cukup sampai disini, saya tau tidak ada yang instan dalam menggeluti sebuah usaha, pelaksanaan selalu sedikit lebih sulit dari pada sekedar bicara, tetapi akan lebih sulit lagi apabila sama sekali tidak melakukan apa-apa.

Saya berharap para pakar pemasaran telur puyuh nusantara mau memperbaiki tulisan saya, juga memberi solusi lain yg lebih tepat sasaran, agar bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk saya beserta para pemula lainnya..
trimakasih..

^^^^^^^^^^^
Sumber dari komentar Mas Maulana Ihsan di halaman ini.

– – – – – – – – – – – –

Artikel terkait:

Cara Pemasaran Telur Puyuh [oleh Bp. Komari, Mojokerto]

Metode Pemasaran Telur Puyuh [oleh Bp. Om_Maas]

Iklan

14 responses to “Cara atau Langkah-Langkah Pemasaran Telur Puyuh [oleh Mas Maulana Ihsan]

  1. siap bos, saya cobA, THANKZ Info dan saran nya

  2. saya tinggal daerah jawabarat tepatnya daerah kuningan berdekatan dengan kota cirebon,saya tertarik dengan ternak burung puyuh cuman saya,tidak tempat penjualan bibit puyuh yang dekat dengan dareah saya…..kira-kira dimana ya?

    terimakasih

  3. maaf penjualan telur puyuh kiloan apa perbiji mohon pencerahan mana yang efektif terimakasih banyak

  4. Kami kemitraan peternakan puyuh ASQAHARI cianjur
    GRATIS pembinaan sampai bisa,apa bila anda berminat bergabung dengan kemitraan kami.

    info pemesanan :
    an.Qalam
    xl.087720024002
    simpati.082126460480

    Lokasi di CIANJUR jawa barat….
    ” Menerima pesanan “:
    > Paket skala kecil
    skala menengah
    skala besar
    barang yang di tawarkan :
    telor konsumsi Rp.210/butir
    daging puyuh konsumsi Rp.3500/ekor
    puyuh petelor us.31hari RP.10.000/ekor
    telor tetas Rp.1000/butir
    ” harga di atas belum termasuk ongkos kirim “

  5. belajar wirausaha ternah puyuh, kami peternah puyuh menyediakan bibit puyuh, pulet puyuh(siap telur)&perent stock (indukan).siap kirim dan berkwalitas dijamin Hub: pras 087739384062 sedia partai besar

  6. sandhy ristiawan

    Sepertinya menarik utk dicoba utk menjadi peternak puyuh… Mohon saranya kira2 berapa jumlah ideal utk memulai ternak puyuh?

    Thanks…

  7. saya tertarik untuk usaha puyuh, namun ada gk yg jual bibit puyuh ndi daerah jawa barat? and bagaimana pasar telur puyuh khusus nya daerah bandung?
    thank’s

  8. halo semua saya peternak puyuh pemula,berawal dari hobi berternak ahirnya suka dan menggeluti cara berternak puyuh,cuma sekarang saya lg binggung dimana bandar/pengepul telur2 puyuh,saya mohon bantuan sm agan2 sekiranya bs memberikan informasi ke no saya 0853 1549 0233
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trima kasih

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s