Kandang Puyuh yang Mahal dan Bersih?

Kandang puyuh yang mahal dan bersih. Demikian kalimat pencarian itu masih juga teringat sampai sekarang. Padahal sudah lama pencarian itu muncul. Tapi demikian mengesan dan “sesuatu banget”. Begitu.

Mungkin yang dimaksud dengan kalimat pencarian tersebut ialah informasi tentang kandang puyuh dengan kriteria: “mahal tidak apa-apa, yang penting bersih”.

Tentu saja dari gambar kandang puyuh yang pernah saya tampilkan, sepertinya tidak ada yang bersih. Sampai dulu pernah menjadi inspirasi untuk menulis Berangkat ke KaNToR. Karena tiap kali merenung perjalanan hidup, kesampaian juga kerja di kantor. Alias kandang kotor puyuh-puyuh tercinta.
Sebenarnya ada juga yang bersih. Diambil gambarnya waktu masih baru. Atau yang miniatur kandang jelas bersih, karena tidak bisa dipakai.

Yang selanjutnya perlu dibahas ialah kriteria kandang puyuh yang bersih, itu yang bagaimana. Tentu tidak harus mahal ya..

Jika kriteria bersih itu menurut atau berdasar pada ukuran “pemakaian” manusia. Membayangkan kita manusia yang menempati kandang puyuh bersama-sama dengan puyuh. Atau seolah-olah puyuh itu adalah kita. Tuntutannya adalah tiap saat harus membersihkan. Selain dari kotoran puyuh itu sendiri, selama ini yang saya lihat dari kandang puyuh milik teman-teman peternak kelas rumahan, adalah sarang laba-laba. Dipadu dengan debu yang putih. Terlihat dari genting rumah induk kandang puyuh biasanya begitu.

Tapi tidak perlu khawatir dengan cerita kandang kotor seperti itu. Sebab kandang puyuh yang bersih itu tetap ada dan memang ada. Walaupun tidak mesti mahal dan atau baru.

Ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Kandang puyuh yang bersih adalah kandang puyuh yang relatif bebas dari penyebab penyakit puyuh, baik itu virus, bakteri, maupun jamur.

2. Kandang puyuh yang bersih adalah yang memenuhi kelayakan dihuni sebagai tempat ternak puyuh. Misalnya yang tidak memenuhi syarat, yaitu: terlalu sempit, populasi jauh melebihi dari standar muatan, gelap, pengap, lembab.

3. Kandang puyuh yang bersih adalah yang praktis dan mudah dalam membersihkan kotoran. Biasanya desain, model, atau bentuk kandang puyuh memberi ruang untuk meletakkan tampungan kotoran yang bisa dilepas, alias tidak paten / permanen.

4. Kandang puyuh yang bersih adalah yang rutin dibersihkan kotorannya. Disarankan 2x seminggu.

5. Kandang puyuh yang bersih adalah yang secara rutin disemprot desinfektan. Jadwalnya sesuai selera.

6. Kandang puyuh yang bersih ialah yang mudah menerima penerangan, baik sinar matahari maupun lampu listrik.

7. Kandang yang bersih ialah yang memang benar-benar bersih. Salah satu mempermudah pembersihan adalah rumah induknya luas, sehingga kandang teluran/layernya tidak sesak himpit-himpitan.

Adakah kriteria yang lain lagi?

Terima kasih.
Salam.
[Puyuh Jaya]

– – – – – – – – – –
Artikel dan Halaman Terkait:

1. Gambar miniatur kandang puyuh petelur yang ideal versi Mas Wiwid PT Peksi

2. Gambar kandang puyuh petelur berbahan bambu.

3. Gambar kandang puyuh petelur facelift menggunakan galon.

4. Gambar kandang burung puyuh petelur / pertama posting

Kandang Puyuh

Iklan

7 responses to “Kandang Puyuh yang Mahal dan Bersih?

  1. kalo kandang puyuh yang bekas terkena penyakit itu berapa lama di biarkan dan apa disenfektan yang baik untuk membunuh sisa virus/penyakitnya ????

    • Terima kasih masukan pertanyaannya, Mas Munir. Semoga diantara yang melintas ada yang berkenan berbagi pengalaman dan atau pengetahuan akan hal ini.
      Utamanya mengenai desinfektan, saya tidak paham jenis mana yang bagus, karena selama ini jika memakai hanya desinfektan produk kemitraan.
      Semoga berkenan.
      Salam sukses

  2. berapa harga bibit puyuh jantan dan betina perekor? untuk tiba di provinsi gorontalo dan harga masih bisa nego..???? by yusuf kaluku

  3. saya mw berternak puyuh mhon bntuan infonya,untuk pembelian bibit puyuh umur 1 minggu 1000 ekor untuk daerah bengkulu utara jka ada hub 082334135744……

  4. untuk wilayah riau d mna sya bsa mendapatkan bi2t puyuh petelur…mhon bntuan nya mz….

  5. aslamualaikum….boz ne sya mo tnya klo blh tau berapa lama puyu umur 1minggu smpai bsa menghasilkn telur????mhon info nya & d mn sya dpt membeli bibit nya….(untuk wilayah riau).wslm…

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s