Analisa Usaha dan Perhitungan Hasil Beternak Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi

artikel terkait : https://puyuhjaya.wordpress.com/2011/07/13/lanjutan-analisa-usaha-perhitungan-dan-kalkulasi-keuntungan-beternak-burung-puyuh-petelur-kemitraan-untuk-2000-populasi-selama-12-bulan-dengan-perincian-per-minggu

Setiap kali ada yang memulai budidaya ternak puyuh petelur, rata-rata keluhannya sama: modal masuk terus nggak berhenti-henti, kapan dapat hasilnya?
Keluhan tersebut terutama pada ternak puyuh yang start sejak mulai DOQ bibit puyuh.

Tentu saja: menunggu dan bersabar sudah menjadi pakaian resmi peternak puyuh. Dengan berbagai kesibukan dan aktivitas, disertai dengan kasih sayang pada puyuh piaraan, waktunya menunggu mendapatkan hasil menjadi tidak begitu terasa.

Gambaran hasil dan analisa usaha yang akan saya paparkan di sini adalah gambaran hasil analisa usaha budidaya puyuh petelur kemitraan.

Analisa usaha dan gambaran hasil yang akan saya paparkan hanya dihitung dari biaya modal produksi. Untuk menghitung pengembalian modal keseluruhan ( termasuk pembuatan kandang dan pembangunan rumah induk ), lebih cepat atau tidaknya kembali modal (BEP) tentu tergantung pada efisiensi biaya pengadaan sarana dan prasarana seperti pembuatan kandang dan pembangunan rumah induk.

Demikian analisa usaha dan hasil selama 12 bulan untuk 2000 populasi:

A. Biaya Produksi Sebelum bertelur.

  1. DOQ 2000 ekor :  Rp 3.000.000
  2. Obat dan vaksin : Rp 200.000
  3. Pakan BR 12 sak : Rp 2.976.000

Total biaya sampai 30 hari : Rp 6.176.000

B. Biaya Prouksi sampai 360 hari

  1. Pakan Layer : 44.884.000
  2. Obat dan vaksin : Rp 1.038.000

Total Biaya 30 – 360 hari : Rp 54.960.000

C. Hasil Produksi Telur dalam Satu Periode Pemeliharaan

424.377 butir x Rp 175 : Rp 74.265.975

Total Penjualan Telur : Rp 74.265.975

Total Biaya 0 hari sampai 360 hari : 52.098.000

Hasil Produksi telur : Rp 74.265.975

Keuntungan satu tahun : 22.167.975

(lho kok gede banget ya ketemunya

apa karena belum dihitung pengeluaran listrik,

sarana prasarana termasuk kandang pembesaran, kandang teluran, dll ya ?)

Maklum bukan akunting. Mohon maaf . . .

Coba diperinci pengeluaran dan hasil per-minggunya saja.

Sebagai berikut : Di postingan selanjutnya saja . . . kalau di sini jadi terlalu panjang . . Make up blog dulu …..

Nambah Catatan:

– Apkiran 1545 ekor puyuh pada umur 360 hari tidak dihitung
– Kematian normal puyuh 0,15% perhari
– Harga pakan layer Rp 229.000 (mengikuti mekanisme pasar)
– Harga Telur Rp 175 (mengikuti mekanisme pasar)
– Hasil produksi sangat dipengaruhi oleh manajemen pemeliharaan

36 responses to “Analisa Usaha dan Perhitungan Hasil Beternak Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi

  1. Ping-balik: [Lanjutan] Analisa Usaha Perhitungan dan Kalkulasi Keuntungan Beternak Burung Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi Selama 12 Bulan dengan Perincian Per-Minggu | PUYUH JAYA

  2. Ping-balik: [Lanjutan] Analisa Usaha Perhitungan dan Kalkulasi Keuntungan Beternak Burung Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi Selama 12 Bulan dengan Perincian Per-Minggu | [PUYUH JAYA]

  3. Hi hi,ngitungnya kaya ngitung harta karun deh.kl bisa kaya gitu si bisa punya 4 istri.aku tinggal di banjarnegara.kalo mau ikut kemitraan menhubungi sapa?

  4. terimakasih,,, berkan artikel anda, saya merasa sedikit terbantu,,,

  5. mohon maaf, saya dari kabupaten trenggalek jatim,mohon informasi kalau mau ikut program kemitraan menghubungi siapa…..trims

  6. di wilyah klimantan selatan ada kemitraan peternakn puyuh…trimakasih…

  7. Kalau di semarang dsk, saya bisa belajar ke mana ya Pak? Apa ada peternak besar di daerah ini?

  8. kalo saya 0 dalam peternakan puyuh, sementara saya ingin buka usaha puyuh dgn modal 2 jutaan, gimana langkah2 saya.Saya tinggal di Binjai Sumut. Trima kasih atas infonya

  9. Wah apa benar perhitungan itu? 2000 ekor puyuh dengan kematian yang kecil cuma dikasih pakan 196 zak untuk 1 tahun. Jika diambil rata-rata 1800 ekor, maka masa layer adalah 330 hari, setiap seekor puyuh diberi pakan sebanyak 16,4 gram !!!!!!!!! Emang segitu kasih pakannya????

    • Analisa yang ini bukan saya yang membuat, namun ini banyak beredar. Karena itu saya membuat lagi di “Lanjutan”. Kalau saya boleh menilai, analisa ini hasilnya fantastis dan jauh sekali dari yang saya alami. Ada kemungkinan saya hapus, tapi tidak apa-apa untuk dokumen.
      Terima kasih perhatiannya dan kesamaan pendapatnya.

  10. bagaimana klau ternak puyuh kurang dari 2000 ekor apa sich menguntungkan?

  11. pak saya baru pemula di usaha ini,saya ingin membeli burung puyuh petelur dimana yah pak…,saya dari serang banten…,makasih

  12. maaf pak saya mau tanya tentang pakan BR12, kalau itu dikasih 8 sak apa sudah memenuhi syarat, karena kemaren saya pakai BR12 cuma 8 sak untuk 1.000 binih puyuh.. mkasih pak

  13. pak tmn sy ingin ikut kemitraan….. bagai mana caranya…?? dan beliau tinggal di daerah cinere depok….

  14. saya dari kalimantan timur pak,ingin mencoba usaha ternak puyuh,untuk kemitraannya ada ga yang dekat daerah saya,trims

  15. breeding puyuh, ingin menawarkan pulet puyuh siap telur dan perent stock( indukan ) sedia partai besar. dijamin berkwalitas dan garansi bila kena penyakit ND<AI<SNOT dan mati ditujuan Hp:085292457136

  16. pak saya baru mau menjajaki usaha ternak puyuh apa saja yang harus saya persiapkaan mohon bantuan dan
    masukkan idenya

  17. harold simatupang

    selamat siang, saya dari kab. garut, mau tanya, bagaimana cara kemitraan ini

  18. Saya di solo, untuk wilayah solo saya bisa menghubungi siapa dan dimana pak? terutama untuk program kemitraannya. terimakasih

  19. Hello there, You have done an incredible job. I’ll definitely digg it and personally recommend to my friends. I am confident they will be benefited from this website.

  20. saya dr brebes jawa tenggah klo mau jd mitra menghubungi siapa trims

  21. Analisanya tu mang bnr begitu?soalny yg sy rasakan mang saya sllu ksulitan modal saat cari pakan,sdangkan pmasukan blm saya rasakan.ini yg mnjadi kendala saya untuk menambah populasi puyuh sy

  22. Saya dipati jawa tengah kl mo gabung kemitraan menghubungi sapa?

  23. Thanks for ones marvelous posting! I genuinely enjoyed
    reading it, you happen to be a great author. I will ensure that I
    bookmark your blog and may come back in the foreseeable future.
    I want to encourage continue your great writing, have a nice morning!

  24. Sya di daerah pemalang. apakah masih untung bternak puyuh dengan harga pkan yang melambung tinggi??? kalo masih sya ,mau tanya bibitnya per ekor berapa ? + ongkir ke pemalang

  25. kemaren ayah saya beli puyuh 200 ekor utk coba2 . eh skrg udah pada matek (mati) gak tau cara budi dayakannya hehehe

  26. salam kenal sdr/i di mana saja berada.jangan ragu2 untuk beternak puyuh petelur pasti success

  27. Ping-balik: Tahun 2014, Telur Puyuh Bergaya, Nyaris Sepanjang Tahun. | Puyuh dan Kefir

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]