Tips Aman Transaksi atau Belanja Online

TIPS AMAN TRANSAKSI ATAU BELANJA ONLINE

“Bang Toyib, Bang Toyib mengapa barangku tak datang datang, pelanggan pelanggan sudah lama menunggu…”
Itulah sebuah nyanyian transaksi online sebagian orang.

Maraknya penipuan yang terjadi dalam transaksi online menggugah saya untuk berbagi tips dan cara aman bertransaksi online. Transaksi online bertujuan untuk memudahkan kita mendapatkan barang dengan harga yang paling murah dan tidak banyak mengeluarkan waktu kita yang sangat berharga (time is money). Namun, beberapa oknum penjual palsu atau lebih pantas disebut penipu memanfaatkan keadaan tersebut untuk meraup keuntungan dari calon pembeli online. Media transaksi online secara umum dibagi menjadi tiga bagian yaitu melalui website/toko online (domain blogspot, wordpress, .com, .net, etc.) forum (kaskus, ngobrolaja, emailgroups, etc.) dan jejaring sosial (facebook, twitter, friendster, myspace, dll.). Namun ketiga jenis media tersebut hampir memiliki analisa yang sama untuk mengamankan transaksi online anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam transaksi online :

1. Berdasarkan urutan tingkat keamanan transaksi online sebagai berikut :

* transaksi melalui website/toko online pribadi, wajib bagi anda untuk mengecek apakah website/toko online tersebut sudah lama beroperasi? Jika website/toko online masih berumur kurang dari satu tahun maka anda harus lebih berhati-hati walaupun bertransaksi di kategori ini memiliki tingkat yang paling aman. Untuk mengecek umur website/toko online anda dapat menggunakan whois.domaintools.com.

* transaksi melalui jejaring sosial, wajib bagi anda meneliti akun tersebut sudah berapa lama usia akun tersebut, jenis akun, jumlah pertemanan, update status, komentar status, dll.

Berikut tips saya untuk jejaring sosial :

– bertransaksilah dengan akun yang sudah lama beroperasi
– bertransaksilah dengan akun yang sudah memiliki user name (mis: www.facebook.com/majubersamasergai)
– bertransaksilah dengan akun yang memiliki pertemanan sebanyak mungkin
– bertransaksilah dengan akun yang senantiasa mengupdate status produk, foto/video karya sendiri (bukan copy paste dari internet), menjawab komentar pelanggan (dan tidak menghapus komentar buruk dari pelanggan namun dengan menjawab kesalahpahaman tersebut)
– bertransaksilah dengan akun pribadi yang memiliki komentar persahabatan/bahasa gaul/bahasa keluarga kandung dan komentar yang positif.
– lebih aman lagi apabila anda bertransaksi apabila akun tersebut sudah memiliki halaman bisnis di jejaring sosial dengan jumlah penggemar (fans page) yang banyak (mis: www.facebook.com/TokoMajuBersama)

* transaksi melalui forum dan termasuk melalui pasang iklan, merupakan salah satu transaksi online dengan tingkat keamanan yang paling membahayakan. Namun, tidak semua penjual online di bagian ini adalah penjual palsu/penipu.

Setelah menganalisa ketiga media transaksi online tersebut anda pun harus melakukan pengecekan lanjutan (advance analysis) sebelum melakukan transfer dana. Dan kita kita semua harus mengucapkan terima kasih kepada google.com dan mesin pencari (search engine) lainnya. Lakukan pengecekan melalui search engine dengan menambahkan kata penipu/menipu untuk mengetahui siapa calon penjual anda sebagai berikut :

1. Search nama usaha (mis: maju bersama poultry shop penipu)
2. Search nama pemilik usaha (mis: parsaoran siburian penipu)
3. Search nomor rekening (mis: BCA 0884750268 atau 088.4750.268 penipu)
4. Search nomor telepon/hp (mis: 085257090372 penipu)
5. Search alamat website/toko online (mis: http://www.majubersamaps.com penipu)
6. Search user name akun jejaring sosial pribadi/halaman bisnis (mis: http://www.facebook.com/tokomajubersama penipu)
7. Search informasi lain (lokasi usaha, jenis barang, dll.) yang diberikan calon penjual anda (mis: Jl. Sudirman 242 Simpang Bedagai Sei Rampah Sumatera Utara penipu atau Penipuan Jual DOC Ayam Kampung Asli Serdang Bedagai, dan lain-lain).

Apabila anda telah melakukan langkah-langkah tersebut maka anda akan menemukan 2 alternatif yaitu anda akan menemukan keluhan atau penipuan dari pelanggan atau calon penjual anda bersih dari kata-kata penipuan dihasil pencarian anda. Apabila anda menemukan kata menipu silahkan buka tautan hasil pencarian anda, bisa jadi hanya kesalahpahaman dan sudah diselesaikan oleh kedua belah pihak. Namun apabila anda tidak menemukan kata-kata keluhan atau penipuan dari calon penjual anda, maka anda jangan senang dulu! Bisa jadi dia baru membuat website/akun jejaring sosial/iklan tersebut dengan umur yang masih muda atau baru dipasang/dibuat.

Nah sekarang andapun sudah memiliki gambaran mengenai cara menganalisa transaksi online, tiba saatnya untuk mentransfer dana. Berikut adalah urutan cara pembayaran yang paling aman hingga beresiko :

1. COD (Cash On Delivery),
barang tiba di rumah anda langsung dibayar (ada barang ada uang)! Namun transaksi jenis ini hanya memungkinkan apabila jarak antara calon penjual dan calon pembeli tidak terlalu jauh. Dan beberapa usaha/toko online terkadang tidak melayani COD walaupun jarak anda berdekatan.

2. REKBER (Rekening Bersama),
pembayaran ini merupakan salah satu cara paling aman untuk bertransaksi online dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Beberapa toko online seperti multiply.com, tokopedia.com dan juga jasa rekber seperti bukalapak.com (dan masih banyak lagi jasa rekber) telah memberikan fasilitas untuk keamanan transaksi walaupun ada biaya tambahan untuk menggunakan jasa tersebut. Berikut cara kerjanya : kedua belah pihak sepakat menggunakan rekber, calon pembeli mentransfer uang ke pihak ketiga, calon penjual mengirimkan barang, pembeli mengkonfirmasi kepada pihak ketiga bahwa barang telah diterima, pihak ketiga mentransfer uang kepada penjual.

Namun, beberapa calon penjual tidak mau menyepakati penggunaan jasa ini karena akan mengganggu cashflow usaha. Dan terkadang beberapa calon penjual hanya memanfaatkan teknologi informasi yang ia miliki untuk penjualan online (mis: pembeli ingin membeli jaring pukat harimau sebanyak 1 ton = senilai Rp. 40jutaan, tentu saja maju bersama poultry shop akan menolak pembayaran ini karena akan mematikan aliran cashflow/modal berjalan dalam jangka waktu tertentu hingga diterimanya barang oleh calon pembeli, dan juga beberapa produk yang dimiliki hanya merupakan etalase/pajangan toko untuk availability product atau stok barang dengan jumlah minimum namun memiliki jaringan informasi barang dari distributor/agen)

3. WESEL POS,
Cara pembayaran kuno ini telah ada sejak lama namun cukup ampuh untuk mengurangi tingkat penipuan transaksi online. Karena dalam pencairan dana lewat wesel pos maka calon penjual akan diminta untuk menunjukkan KTP Asli dan Fotocopy KTP agar dapat mencairkan dana yang anda kirimkan. Apabila anda masih juga tertipu dengan pembayaran jenis ini jangan salahkan Kantor Pos tapi salahkanlah Dispenduk/Catatan Sipil mengapa mengeluarkan KTP Palsu!

4. REKENING BANK,
Ini merupakan cara umum dan mayoritas dilakukan dalam transaksi online. Namun mayoritas calon pembeli yang melakukan jenis pembayaran inilah yang banyak mengalami penipuan! “Uang ditransfer Barang tak datang-datang.” Memang agak susah untuk melaporkan penipuan jenis ini ke bank untuk mengembalikan atau memblokir rekening “oknum penjual nakal” tersebut. Paling tidak harus banyak orang atau massal baru akan mendapatkan tanggapan setelah anda melaporkan kepada pihak yang berwajib. Namun saran saya sebaiknya melaporkan kepada pihak berwajib (tentunya tanpa mengeluarkan uang, entah diproses atau tidak terserah, dan semoga diproses). Dengan pelaporan ini, maka anda turut mengurangi penipuan transaksi online.

Apabila anda masih tertipu, jangan berdiam diri! Lakukan sesuatu untuk mencegah agar orang lain tidak tertipu seperti yang anda alami dengan mempublikasikannya di forum atau jejaring sosial. Tentunya dengan melampirkan bukti-bukti dan juga identitas anda dan yakinlah teman-teman yang lain akan memforward (melanjutkan/membagikan) berita anda kepada yang lain karena disertai bukti dan identitas anda. Saya sendiri tidak akan memforward berita tersebut apabila tidak disertai bukti dan identitas korban karena ini sama saja dengan fitnah (lebih kejam dari pembunuhan! Ya, pembunuhan nafkah atau usaha orang lain).

Demikian tulisan dan tips-tips transaksi online saya, semoga dengan adanya tulisan ini semakin memberikan kepercayaan bagi setiap orang untuk melakukan transaksi online tanpa ragu.

Apabila anda membutuhkan jasa saya untuk “menerawang” transaksi online anda apakah aman atau tidak, atau bahkan melakukan survey langsung ke lapangan dengan biaya ekonomis untuk wilayah pulau jawa dan bali silahkan menghubungi saya via wall halaman facebook MBTechnologies for you!

Dan saya mengharapkan komentar dari rekan-rekan sekalian untuk perbaikan tulisan atau tips transaksi online ini di halaman bisnis facebook MBTechnologies for you! Dan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya apabila rekan-rekan mau membagikan artikel melalui website/blog/jejaring sosial/dll. dengan mencantumkan sumber artikel ini :
http://www.majubersamaps.com/2012/02/tips-aman-transaksi-atau-belanja-online.html

Salam Sukses,

Parsaoran Siburian
Founder of Maju Bersama Poultry Shop Online Indonesia
Sei Rampah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara

SUMBER: https://puyuhjaya.wordpress.com/2011/12/29/hati-hati-diduga-penipuan-online-di-bidang-peternakan-unggas/comment-page-1/#comment-2767

8 responses to “Tips Aman Transaksi atau Belanja Online

  1. makasih atas artikelnya Juragan,…

  2. mksh mas broww…..artikelnya

  3. Salam SUKSES untuk kita semua.
    Batik is Amazing!!! apalagi kalo udah punya baju atau batik sendiri.

    agan/sist yg terhormat, kami dari pemegang merk dagang Batik aqila Menyediakan berbagai Produk BATIK murah dan berkualitas.

    BAJU BATIK – ANEKA batik-BAJU batik – KEMEJA batik – kaos BATIK – batik SARIMBIT- TOPI batik – CELANA batik – BLOUSE batik – JAKET batik – JUAL batik – batik MURAH – GROSIR batik – PAKAIAN batik – ACCESSORIS batik – batik PEKALONGAN
    JUAL macam-macam baju BATIK, TOPI, KAOS, BAJU, KEMEJA, CELANA, PAKAIAN, HARGA MURAH DAN GROSIR, terima PARTAI BESAR DAN KECIL

    silahkan kunjungi kami di toko online kami http://www.kaosbatikpekalongan.wordpress.com
    Batik Aqila For Smart Fashion
    Kepuasan Anda berbelanja di tempat kami, adalah kebanggaan bagi kami.

  4. Infonya maknyosss! Satu lagu mau ane share nih agan-agan, pengalaman ane transaksi jual dan beli di internet selama ini selalu pake rekber dan alhamdulillah kaga pernah ketipu. Pilih rekber yang udah dipercaya dan berbadan hukum supaya jelas legalitasnya. Kalo ane pake Inapay.com transaksi selalu lancar dan cepat.
    Thanks rekber Inapay

  5. Sharingnya mantaps broo…
    Selain itu, untuk para pemilik toko, service dan kwalitas harus sesuai dengan apa yng di omongin, agar pelanggan tidak merasa tertipu

    Terima Kasih
    Samira

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s