Ketika Sebuah Artikel Postingan Hilang dari Halaman Pertama Mesin Pencari Google

Beginilah menjadi semacam hasil dari ngeblog. Sedikit banyak ada rasa senang juga manakala satu artikel yang diposting menduduki halaman pertama mesin pencari terutama Paman Google. Itu salah satu hasil yang serasa menjadi istimewa. Mengingat bahwa rasa senang itu mahal harganya.

Akan tetapi secara tiba-tiba alias mendadak, setelah beberapa hari, artikel kita tadi menghilang dari page one atau halaman 1 Google. Bahkan sampai halaman 10 pun tidak juga nongol. Ada apa gerangan?

Saya tidak paham istilah-istilah dalam ngeblog. Sekilas-sekilas kadang dalam suatu perbincangan melintas istilah-istilah semacam Google Panda, Google Serp, Spam Google, Sandbox, dll yang saya tidak paham alias mungkin bisa saja searching mencari pencerahan, tapi malah bingung.
Nah, diantara istilah-istilah tersebut mungkin ada yang pas dengan kenapa artikel kita yang sudah di halaman pertama mendadak hilang tidak diketahui rimbanya.

Penyebab pertama yang saya alami sendiri adalah artikel tadi hasil copas. Biarpun sebelum copas artikel tadi telah saya tambahi tulisan sendiri seolah sebagai pengantar, masih ditambah link sumbernya (link keluar), tapi tetap saja, bisa ketendang entah ke halaman berapa.

Memang copas alias copy paste itu terhitung praktis dan relatif mudah, namun kalau di mesin pencari kok artikel kita itu malah hilang entah kemana rimbanya, apa tidak capek?

Mungkin ada yang tidak mempedulikan seperti itu. Ya tidak apa-apa. Ini hanya bagi yang mempedulikan saja.

Mungkin ada juga yang copy paste artikel tapi aman-aman saja. Ini juga tidak berlaku. Saya akan membahas untuk artikel copas tapi yang ditendang oleh Om Google entah kemana, mungkin dianggap artikel spam atau masuk sandbox, sebenarnya saya tidak paham. Silahkan barangkali ada yang berkenan menjelaskan.

Dua kali saya mengalami, dua kali juga tertanggulangi. Bagaimana caranya?
Mudah saja. Entah manjur atau tidak, namun kenyataannya dua artikel yang tadinya menghilang dari mesin pencari Google masih bisa nongol lagi.

Langkah pertama: bikin lagi tulisan dengan topik serupa seperti artikel copas yang ketendang tadi.

Langkah kedua: jika ingin mengangkat artikel yang hilang dari mesin pencari Google tadi, bikin link di artikel yang baru pada satu kata atau dua kata yang berkaitan.

Langkah ketiga: ditunggu esok harinya saja bagaimana, silahkan dicek. Sudah di halaman pertama atau belum. Jika belum, bisa di hari kedua atau ketiga. Apabila masih belum kelihatan juga di halaman pertama, ya bikin artikel untuk posting yang lain. Tidak usah terlalu berkutat pada satu artikel.

Intinya adalah posting dan terus posting. Menjaga update blog. Dan usahakan tulisan sendiri. Katanya Om Google senang dengan selalu update postingan. Entah benar entah tidak. Soalnya pernah pada blog lama dulu dalam setahun tidak posting, kenyataannya salah satu artikel juga tetap nangkring di halaman pertama mesin pencari Google. Walaupun sekarang sudah tidak lagi. Atau.. Tidak usah copas🙂

9 responses to “Ketika Sebuah Artikel Postingan Hilang dari Halaman Pertama Mesin Pencari Google

  1. Mari kita budayakan untuk tidak meng copy-paste Mas.
    Malah, postingan saya yang hasil copas saya hapus semua dan menggantinya dengan tulisan seadanya. karena saya pernah baca kalau wordpress sangat sensitif dengan hal ini, jadi bisa-bisa di Banned.

    • Betul, Mas Irfan. Bahkan kadang ada yang tanpa link sumbernya. Begitulah dunia maya.
      Walaupun mungkin saya ada sedikit berbeda pendapat, sebab ada copy paste sebagai dalam rangka sharing juga, lebih menyebarluaskan apa yang sekira bermanfaat. Dengan beberapa batasan di dalamnya, termasuk tidak melanggar hak cipta yang dicopas, bagi yg sudah dilindungi hak cipta. Sebab kadang ada rasa senang juga manakala penulis artikel yang dicopas melihat pencantuman link di copasan.

      Mohon maaf jika tidak berkenan.
      Salam ngeblog.

  2. maaf pak ini melenceng dari topik,saya peternak pemula mohon di bantu,gimana cara mengatasi kotoran puyuh,karena kotoran puyuh saya itu sangat berair dan bau sekali,air minumnya saya pakai paralon seperti ayam horn.trimakasih pakkk

  3. makasih bos kita coba

  4. wah artikel ini sangat bagus kawan. . . .

  5. bos,sya mau tnya puyuh sya umur 40hr, tpi kotoran sgt brair knpa ya..!?

  6. Terima kasih infonya gann,
    sangat bermanfaat sekali,. bisa dicoba cara yang agan berikan ini.

  7. mantap gan artikelnya sangat membantu sekali
    makasih ya gan.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s