Google Luncurkan Program “Bisnis Lokal Go Online” untuk Pengembangan Usaha Kecil Menengah

Seiring dengan kemajuan teknologi, dunia usaha pun tak luput menggunakan manfaat internet baik mulai pengenalan sampai pengembangan. Namun ternyata pemanfaatan tersebut belum digunakan sepenuhnya. Padahal pengguna internet semakin marak dan kian banyak.

Khususnya usaha kecil menengah (ukm) baru beberapa persen yang menggunakan internet sebagai salah satu bagian dari aktivitas kerjanya, di tengah-tengah jutaan pengguna internet dewasa ini. Untuk itu juga, Google meluncurkan program “Bisnis Go Online” yang mendukung pengembangan via jaringan internet bagi usaha kecil menengah.

Mengenai hal tersebut, pemberitaan berikut demikian menarik. Semoga dunia usaha kecil menengah terdorong dan lebih berkembang karenanya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Google Asia Tenggara meluncurkan program “Bisnis Lokal Go Online”.

Program tersebut dimaksudkan menjadi wadah bagi usaha kecil dan menengah (UKM) menggunakan media dalam jaringan (online) untuk bisnis mereka.

Siaran pers yang dikirim Maytha Andryanna dari GollinHarris Indonesia, konsultan hubungan masyarakat Google, yang diterima Kompas, Jumat (13/1/2012), menyebutkan, program “Bisnis Lokal Go Online” dijalankan sebagai respons terhadap fakta bahwa masih belum banyak pengusaha di Indonesia memanfaatkan media dalam jaringan (daring).

Mengutip data Badan Pusat Statistik, saat ini ada sekitar 17 juta UKM di Indonesia dan hanya 75.000 yang telah memiliki situs web sendiri. Sebagian besar UKM tersebut belum menggunakan daring karena menilai masih terlalu mahal, rumit, atau alasan tidak ada waktu untuk menggunakannya.

Padahal lebih dari 40 juta penduduk menggunakan internet secara rutin dan lebih dari 130 juta orang mengakses secara daring melalui perangkat selular untuk mencari toko dan layanan lokal.

===#

Sumber berita: http://regional.kompas.com/read/2012/01/14/06565960/Google.Bantu.Pengembangan.UKM

7 responses to “Google Luncurkan Program “Bisnis Lokal Go Online” untuk Pengembangan Usaha Kecil Menengah

  1. Ada layanan web gratisnya (satu tahun), kan? Tapi sayangnya memakai site builder dari Google. Setahu saya site builder dari Google hanya menghasilkan web-web yang sederhana. Saya tidak tahu entah site builder untuk program ini sama dengan site builder Google tersebut atau tidak😀

    • Terima kasih masukan informasinya, Mas Fikri. Bisa jadi site builder. Jikapun merupakan web sederhana, mungkin yang menjadi perhatian adalah pemanfaatan dunia internet oleh ukm. Dalam bidang puyuh saja, perusahaan besar kadang tidak begitu perhatian dengan web-nya. Tidak terurus dan mungkin dianggap tidak menambah keuntungan. Mungkin berpendapat, tidak lewat internet saja sudah banyak orderan🙂

      Salam hangat jabat erat untuk Mas Fikri

  2. Untuk Google pasar yang 40 juta itu sangat menggiurkan dan memang belum banyak yang menggarap, tapi sekarang yang kebakaran jenggot gara-gara langkah google ini adalah kemenkominfo.

    Bagaimanapun juga semoga program Google ini mampu membantu UKM dan memberikan sumbangsih terhadap perkembangan perekonomian Inodnesia secara keseluruhan.

    • Terima kasih apresiasinya, Mas Muslim.
      Semakin ke depan, tentu teknologi akan semakin berkembang. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi, khususnya internet.

      Semoga kemenkominfo juga mengapresiasi hal ini. Dimana mungkin masih banyak pengusaha UKM yang belum berkenan menggunakan jasa teknologi internet. Walaupun toh di situsnya Mark Zukerberg seperti kian ramai, namun untuk pengembangan internet secara lebih luas, bisa jadi faktor waktu dan penilaian atas manfaatnya; menjadi hambatan.

      Salam gerilya dunia maya

  3. Ping-balik: Seberapa Besar Manfaat Internet untuk Usaha Anda? | [PUYUH JAYA]

  4. Wah kalo ada google utk ukm lokal,seneng bgt aku.Karna aku ingin mengembangkan usaha jagung gilingku yg masih sedikit kwantitasnya.
    Terimakasih infonya,…

  5. y syaa juga setuju banget,.bisa buat ukm -ukm daerah handal dan lebih kokoh

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s