Oalah.. Impor Kelapa Sawit! Impor Minyak Goreng! Apalagi yang Mau Diimpor?

Oalah negoro.. negoro..Piye to… Ra mudheng aku…
Membaca berita seperti ini, jauh di luar jangkauan pemikiran. Kata teman-teman yang jadi penanam sawit, ceritanya pohon sawit itu buanyak sekali. Lha di berita ini kok sampai impor. Apa kualitas sawit kita tidak bagus, terus mengimpor sawit yang lebih bagus?

Namanya impor itu kalau sepemahaman saya ya karena kekurangan. Apa kita kekurangan hasil kelapa sawit?

Anehnya, minyak goreng juga impor. Kontradiktif dengan impor sawit. Lha iya to… Sawit diolah menjadi minyak goreng. Lantas kita impor minyak goreng, eh masih impor sawitnya juga, apa buat diekspor lagi? Atau… Ada udang di balik bakwan?

Kenapa juga ikut memikirkan. Kuwi urusane negoro… Iya benar. Tidak usah dipikirkan. Cukup dibaca saja beritanya. Lha wong mobil Esemka hasil karya merakit oleh anak bangsa saja dihebohkan hanya karena diaku sebagai membuat. Ya maklum saja kalau sampai bikin minyak goreng alias lengo klentik saja tidak bisa, sampai musti impor. Oalah, negoro negoro….

Silahkan simak saja cuplikan beritanya:

=#

detikcom – Jakarta, Meskipun Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit, rupanya negara tercinta kita ini masih mengimpor minyak goreng. Negara Malaysia merupakan negara pengekspor minyak goreng terbesar sepanjang tahun 2011.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) seperti dikutip detikFinance, Minggu (8/1/20120) dari Januari hingga November 2011 sebanyak 39,9 ribu ton minyak goreng dengan nilai US$ 51,3 juta minyak goreng asal Malaysia yang masuk ke Indonesia. Rata-rata setiap bulannya minyak goreng yang masuk dari negeri jiran ini sekitar 1,5 ribu ton dengan nilai US$ 2,5 juta.

Tidak hanya minyak goreng, rupanya Indonesia sebagai negara penghasil kelapa sawit juga mengimpor kelapa sawit. Dari data BPS, Indonesia sempat mengimpor kelapa sawit pada awal tahun 2011, meskipun pada bulan Oktober dan November tidak ada impor komoditas ini.
Total impor kelapa sawit hingga November 2011 sebanyak 51,2 ton dengan nilai US$ 1,9 juta.

==#

Berita selengkapnya di: detik.com

2 responses to “Oalah.. Impor Kelapa Sawit! Impor Minyak Goreng! Apalagi yang Mau Diimpor?

  1. wakil rakyat: khan mantap tu nunjukin ke dunia kl indonesia negara kaya, jd ga’ perlu buat ndiri, ngapain repot2..khan dah da RUU-a

    Gue :Hmmm…..betul ga’ y…….
    kl mnurut gue salah sich, tukang becak ja ngerti koq..

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s