Aplikasi Facebook “Pesan Kematian” If I Die Apa Laku ya?

Tambah hari, tambah lagi Aplikasi Facebook sekarang ini. If I Die. Aplikasi Pesan Kematian ditawarkan Facebook menjadi semacam surat wasiat yang bisa dibuka setelah pemilik akun meninggal dunia. Kira-kira begitu saya mengartikannya.

Tapi memang salah satu rahasia hidup adalah berhentinya hidup, alias mati. Tak ada yang bisa memastikan kapan seseorang akan mati. Waktu menjadi misteri. Bahkan kecanggihan teknologi jejaring sosial Facebook juga menawarkan aplikasi yang berhubungan dengan mati. Didapat dari pemberitaan berikut ini:

Jakarta – Meski pemilik akun di jejaring sosial Facebook sudah meninggal, belum tentu akunnya otomatis tertutup. Kecuali atas permintaan banyak orang. Kini Facebook menawarkan satu aplikasi bagi seseorang yang ingin membuat surat wasiat di Facebook, If I Die.
Surat wasiat ini akan mengirimkan pesan setelah pemilik akun dipastikan meninggal. If I Die menawarkan pesan surat wasiat kepada teman-teman terpercaya (trustee) dan orang yang anda cintai di Facebook.

Setelah menginstal aplikasi ini, maka anda harus memilih tiga teman terpercaya yang bisa memastikan kematian Anda.
Lalu Anda bisa memilih rekaman video atau pesan-pesan yang bisa dipublikasikan. Jika teman-teman terpercaya sudah memastikan kematian, maka pesan Anda bisa langsung dipublikasikan di dinding anda atau keluar sesuai waktu yang anda atur.

Kedengarannya aneh untuk membuat pesan perpisahaan.
Tetapi Wilook, perusahaan pembuat aplikasi If I Die yang berbasis di Israel menyatakan tak ada yang bisa memprediksi kematian.

“Kita punya banyak hal yang perlu diucapkan tetapi tidak terlalu butuh pendengar yang bisa dengan sabar untuk mendengar semuanya,” ujar
Eran Alfonta, Penemu Aplikasi ini. “Sesungguhnya, setiap orang ingin meninggalkan sesuatu, kita ingin meninggalkan sebuah pesan atau penanda di belakang kita.”

Alfonta mendapatkan ide aplikasi If I Die dari pengalaman sahabatnya sendiri. Sepasang suami istri yang meninggal akibat kecelakaan di Italia.

Sebelum meninggal pasangan tersebut pernah berujar kepada dia : “Ya tuhan, apa yang akan terjadi pada anak-anak kita, jika sesuatu terjadi pada kami ya.” Maka pasangan tersebut pun kemudian meminta Alfonta membuat situs yang bisa menyimpan catatan mereka dan hanya akan terbuka jika mereka telah meninggal.

If I Die memungkinkan pembuat pesan secara terjadwal. Contohnya bagi penderita kanker, maka dia bisa merekam video untuk orang-orang terkasih dan akan diposting di dinding mereka setiap hari lahir.

Di lain sisi, maka If I Die membuat pemilik akun di Facebook tak pernah mati.
Karena meski mereka meninggal, profilnya tetap hidup, memposting komentar dan mengirim pesan pribadi sebanyak pesan yang sudah mereka buat. MASHABLE.COM|DIANING
SARI [Sumber informasi: TEMPO.CO]

Iklan

2 responses to “Aplikasi Facebook “Pesan Kematian” If I Die Apa Laku ya?

  1. Siapa yang mau daftar, anda duluan saya nanti menyusul ?
    Hidup yang pasti adalah menunggu kematian
    Jangan takut mati, tapi takutnya apa yang sudah anda persipan untuk mati

    Orang yang cerdas adalah oarang yang selalu ingat mati, sehingga setiap langkah hiduopnya selalu berhati-hati dan tidak sombong

    Berbuatlah kebaikan sebanyak-banyaknya pasti anda akan dikenang waluapun anda sudah tidak ada

    Anda terlahir semua orang bahagia, tapi janganlah anda mati semua orang juga bahagia.
    Jadikanlah sebailknya anda lahir orang bahagia dan anda mati oarng menangis, ini artinya anda begitu berguna/bermanfaat untuk semua orang, termasuk menulis yang bermanfaat pada blog ini.

    Sedikit renungan untuk kita semua.
    Salam hormat puyuhjaya, berbagi kebaikan untuk bekal kematian

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s