Tentang Pemakaian Tepung Daun Lamtoro pada Pakan Unggas [Puyuh]

TENTANG DAUN LAMTORO.
Oleh: Bp. Puyuh Jepang

Tepung daun lamtoro (Leucaena leucocephala) kering sama dengan tepung biji kapuk sebagai sumber protein.

Penggunaan lamtoro bisa menekan pertumbuhan broiler dan produksi telur pada layer. Nilai nutrisi yang rendah dari lamtoro karena adanya mimosin. Lamtoro mengandung mimosin sebesar 3-5 % BK, tetapi juga mengandung senyawa antinutrisi lain termasuk protease inhibitor, tannin dan galactomannan.

Karena adanya mimosin ini penggunaan lamtoro dalam ransum non ruminansia sebesar 5-10 % tanpa menimbulkan gejala toxicosis (keracunan).

Efek yang merugikan dari mimosin, yaitu menurunkan pertumbuhan dan menurunkan produksi telur dan merontokkan bulu unggas. Puyuh muda lebih sensitif dari pada puyuh dewasa.

Kalau saya menyarankan penggunaan tepung daun lamtoro kering (bahan kering) tidak lebih 2% khusus pada puyuh petelur. Karena dengan penambhan 2% saja efek positif tepung daun lamtoro sudah terlihat akan skor warna kuning telur (yolk) yang berwarna kuning tua dan cerah (ini sangat disenangi konsumen). Karena memang kandungan karotenoid (karotenoid = bagus meningkatkan skor warna kuning telur dan kulit daging pada ayam) yang tinggi pada tepung daun lamtoro tersebut, juga sisi positif tepung daun lamtoro yang lain kandungan proteinnya yang cukup tinggi sekitar 18 -23% bahan kering.

Daun lamtoro dipakai dalam pembuatan ransum pada umumnya khusus di Indonesia. Kalau diluar negeri sana pada umumnya pakai tepung canola. INGAT-INGAT pada tepung daun lamtoro ingat MIMOSIN-nya yang sangat buruk pada puyuh dan unggas lainnya. JUGA INGAT yang ini juga yaitu kandungan protease inhibitor, tannin dan galactomannan.

====#

Diambil dari komentar di https://puyuhjaya.wordpress.com/pakan-ternak-dan-permasalahan/comment-page-2/#comment-2033

2 responses to “Tentang Pemakaian Tepung Daun Lamtoro pada Pakan Unggas [Puyuh]

  1. salam puyuh..
    klo penggunaan tpung kpala udang untuk campuran, kira2 ada efek positifnya tdak ya?

    • Puyuh Jepang, SP

      tepung kepala udang memang ada yang bagus dg protein kasarnya mencapai 40% tetapi asam aminonya tidak seimbang, tetapi banyak kelemahannya 1. adanya zat kitin yang berbahaya pada proses pencernaan. 2. kadar abu yang tinggi juga berbahaya pada kesehatan puyuh. 3. kalsium tinggi dan serat kasarnya juga tinggi.
      saya sarankan boleh di pakai pada puyuh petelur hanya 3% saja. kalau sdh 5% hati-hati.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s