Usaha Ternak dan Pertanian yang Makin Populer di Tahun 2012

Usaha Ternak dan Pertanian yang Makin Populer di Tahun 2012

Artikel ini tidak dalam rangka latah mengikuti usaha ternak yang paling diminati di Indonesia. Karena sedikit tulisan yang saya sampaikan ini murni pemikiran pribadi yang hanya mengira-ira. Semoga tidak menjadi acuan.

Usaha bidang ternak maupun pertanian khususnya tanam menanam, menurut saya, di tahun 2012 ini beberapa diantaranya akan semakin populer atau tetap populer.

Kepopuleran tersebut saya kira karena “beberapa diantaranya” menjawab kebutuhan konsumen juga secara umum. Sehingga meningkatkan kepopuleran aktivitas produksi yang kemudian diasumsikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Atau juga selaras dengan prediksi bahwa sektor pangan menduduki peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2012.

Yang pertama, adalah ternak ayam. Baik ayam pedaging maupun ayam petelur. Kebutuhan konsumen atas hasil produksi ternak ayam ini, salah satunya ditandai dengan ikut disebut juga tiap kali membicarakan masalah sembako (sembilan bahan pokok). Biasanya begitu. Yang lebih sering adalah telur ayam.
Untuk usaha ternak ayam ini, statusnya “bertahan kepopulerannya”, karena memang sudah lama populer.

Yang kedua, adalah ternak ikan. Saya kira untuk ternak ikan ini usaha yang akan makin populer adalah budidaya ternak ikan lele sangkuriang. Dulu pernah membaca di koran lokal, seingat saya, ikan lele sangkuriang ini merupakan F2 nya lele dumbo atau F1 nya yang dengan persilangan dengan keturunan ke berapa gitu (lupa), didapat strain lele sangkuriang ini.
Tapi ada yang cerita, repotnya pedagang lele, harus selalu menjaga pakan selama belum laku. Karena bobotnya cepat ngedrop kalau telat diberi pakan. Bisa merugi. Entah benar tidaknya, saya tidak paham.

Yang ketiga, adalah ternak sapi. Biarpun kemarin sempat dilanda gonjang ganjing impor, ternak sapi ini bisa kembali makin populer di tahun 2012 dan juga sebagai peluang usaha yang dianggap menjanjikan.

Yang keempat, adalah ternak bebek. Ini yang saya juga heran, kenapa ternak bebek / itik ini saya masukkan sebagai usaha ternak yang makin populer. Sepertinya telur asin telur bebek ya kemungkinan lebih marak di tahun 2012, sehingga usaha ternak bebek / itik juga ikut makin populer. Entahlah.

Yang kelima, adalah penanaman cabai / cabe. Bahan makanan yang rasanya pedas ini memang legendaris. Harganya yang sempat “pedas” juga kemarin mungkin bikin di tahun 2012 ini akan menggiurkan untuk menjadi peluang usaha yang menarik dijalani. Entah itu cabai / cabe merah, rawit, hijau, atau keriting.

Yang keenam, adalah penanaman jagung. Sudah jelas mantap kalau ini. Mudah-mudahan pas panen, tidak digoncang harga. Tapi jelas banyak juga yang melirik dan menghampiri penanaman jagung sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Salam agrobisnis agroindustri.
[Puyuh Jaya]

Ternak puyuh tidak ada.

8 responses to “Usaha Ternak dan Pertanian yang Makin Populer di Tahun 2012

  1. Salam puyuh jaya,

    assalamualaikum,
    mas tolong donk buat postingan (artikel) lengkap, dari awal sampai ahir untuk yang baru mau mulai usaha puyuh petelur.

    saya mau coba usaha ini, tapi saya ga ngerti sama sedikit pun tentang apa yG harus saya siapkan dan lakukan untuk mamulai usaha ini.

    tolong di bantu ya mas.

  2. Ia mas terimakasiH kembali atas postingan nya di :https://puyuhjaya.wordpress.com/panduan-beternak-puyuh
    itu sudah sangat membantu sekali.

    namun yang saya maksud, postingan yang memuat / membahas tentang bagaimana cara pemeliharaannya.
    seperti :
    1. Cara memberi makan, brp kali, makanan apa, dan merk yang bagus supaya telur yang dihasilkan juga bagus dan rutin.
    2. cara memberikan vaksin, jenis vaksin, atau sekalian merk a mas bila perlu..
    3. dll..

    itu yang saya tidak mengerti mas, dan itulah yang jadi kendala saya untuk memulai usaha puyuh petelur ini.

    tolong ya mas, ..

    • Kebetulan sekali, Mas Indra. Dalam halaman panduan tersebut yang sebenarnya merupakan navigasi atas keseluruhan rangkaian beternak puyuh dari awal sampai apkir, memang masih bersambung. Dan secara urutannya, sambungan berikutnya adalah pemeliharaan masa layer seperti yang Mas Indra tanyakan.
      Sudah banyak artikel mengenai hal-hal tersebut, karena itu pada panduan berikutnya akan saya link ke artikel-artikel dalam tahap pemeliharaan layer.
      Semoga segera terposting.

      Terima kasih perhatiannya.
      Salam sukses selalu.

  3. Ok mas terimakasih byk..

    saya tunggU ya postingannya .. (secepatnya)
    kalau memungkinkan kabari saya.

    Sama_sama mas.
    salam..

  4. trima kasih puyuh jaya,
    saya sanga tsetuju karena untuk tambahan penghasilan dijaman ekonomi yg smakin sulit.sy peternak lele dan parkit

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s