Pakan Puyuh Merk Malindo: Butirannya Bagus ya?

Dilihat dari basa linggis, crumble itu artinya hancur ya. Tak pikir dulu artinya butiran. Padahal kalau butiran itu pellets ya? Saya kurang paham basa internasional itu. Namun kerap mendengar kata crumble setiap kali dalam penyuluhan menyinggung masalah pakan. Bahkan konon ceritanya, alat crumble untuk pembuatan pakan puyuh ini harganya ratusan juta. Mungkin sekarang sudah hitungan milyar, atau sesuai dengan kualitas hasil pengolahan. Entahlah.

Tapi memang butirannya bagus banget ya. Kalau istilah basa jawa mungkin bisa pakai kata rintik-rintik. Kelihatan seragam dan seperti teratur. Tidak brongkal-brongkal.

Begitu kesan pertama setiap membuka pakan puyuh buatan pabrikan dari Surabaya ini. Selanjutnya bagaimana dengan mutu atau kualitas terhadap hasil produksi telur puyuh jika memakai pakan puyuh merk Malindo ini?

Jelas saya tidak bisa menilai, karena belum pernah memakai pakan puyuh merk Malindo ini secara penuh atau jumlah besar. Paling banter cuma dua sak. Itu saja sehari langsung habis. Yang jelas ya hanya itu tadi, terkesan dengan bentuk butirannya yang apik, rintik-rintik, menggemaskan pokoknya.

Maka hanya menyuguhkan bagaimana analisa kandungan nutrisi pakan puyuh merk Malindo ini, diambil dari kertas yang biasa terlampir di sak/karung wadah pakannya.
Sebagai berikut:

Analisa kandungan nutrisi pakan puyuh merk Malindo:

Protein min 20%
Serat max 6%
Lemak min 4%
Air max 13%
Abu max 13%
Kalsium max 3,0-3,5%
Phospor 0,7-0,9%

Bahan-bahan yang terpakai

Jagung kuning, bungkil kacang kedelai, bungkil kacang tanah, canola meal, tepung ikan, tepung daging, dedak padi, pollard, vitamin, trace mineral dan antioxidant.

Adapun harga jualnya di toko pakan kemarin per-Desember 2011 masih Rp 227.500 per-50kg atau per-karung.

20 responses to “Pakan Puyuh Merk Malindo: Butirannya Bagus ya?

  1. pakan puyuh merk malindo yg jual di toko mana ya? tank infonya

  2. gimana hasil produksinya mas? brp % dan kualitas telurnya?

    • Sepertinya bagus juga, Mas. Tapi saya tidak bisa menilai pastinya, karena hanya dua sak, langsung sehari habis. Untuk bisa sedikit menilai, kalau saya, paling sedikit 2 minggu lebih bisa jelas hasilnya.

      Salam semangat, biarpun harga pakan dinaikkan, harga telur puyuh belum naik-naik juga🙂

  3. Selamat malam rekan2 puyuh jaya…

    Maaf nih pak Arif masuk malam karena sarana berselancar numpang punya Om.

    Nimbrung dulu, lama sekali tidak berjabat dengan puyuh jaya.
    Masalah pakan malindo jadi penasaran sepertinya bagus ya, kok saya baru tau, ya emang baru pemula maunya tau aja. hehe..

    Tolak ukur sementara kepada tuan rumah, karena pemilik puyuh jaya mau pakai. dari sedikit pemaparannya sepertinya saya tertarik. bisa dicoba. (melu ae) maunya nebeng melulu, wajar ya pak arif ya, yunior gendong sama yang senior, tapi kalau gendong melulu capek juga. haahaa…

    Salam puyuh jaya-berjaya.

    • Selamat malam juga, Mas Hamdani.
      Bagaimana dengan Malindo nya? Hanya saja secara umum, pakan pabrikan tentu akan memberikan kualitas yang sebaik-baiknya untuk konsumen. Walau tidak menutup kemungkinan dari masing-masing ada kelebihan dan kekurangan, dengan tetap berpedoman pada standar kebutuhan nutrisi puyuh petelur.

      Salam puyuh jaya . . . Tetap semangat

  4. blh bantuan infonya kalo distributor pakan burung puyuh di area surabaya tu dimana saja?tolong infonya

  5. Salam kenal untuk Mas Daniel,
    Kebetulan sama, saya juga sedang mencari distributor pakan puyuh area surabaya, masih dalam proses bergerak nanti kalau sudah dapat info yang valid saya informasikan.

    semoga puyuh jaya terus menjadi forum mitra info perpuyuhan.

    salam. Puyuh Jaya bersatu.

    • Ini Mas, sudah dapat alamat PT Malindo:

      PT Malindo Feedmill Tbk
      Jl. Pertamina
      Ds. Sumberame
      Kec. Wringinanom
      Kab. Gresik
      Surabaya Jawa Timur
      (031) 8972385 sampai 87
      fax. (031) 8971378

      semoga bermanfaat

  6. Berapa ya harga pakan puyuh malindo sekarang per april 2012….

  7. salam kenal,saya roni. saya sudahmenggunakan pakan merk malindo.walo masih pemula,tapi hasilnya bisa 95 %. bisa naik.

  8. skrang brp harga malindo per sak nya

  9. Salam kenal puyuh jaya,, kalau didaerah tulung agung dimana ya agennya pakan puyuh malindo dijual..terima kasih

  10. fendi,mau nanya alamat distributor pakan puyuh daerah jember di mana ya?

  11. tk hendry palangkaraya

    kita mau pesan malindo dimna ya

  12. tk hendry palangkaraya

    kita peternak sendiri sehari udah memerlukan pakan 15 sak

  13. Mau tanya alamat distributor paling dekat dengan madiun ada tidak kalau ada minta

  14. mau taxa alamat pling di suabaya dmn??????

  15. alamat di surabaya daerah mn???

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s