Prediksi Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2012

Menjelang datangnya tahun 2012, ada satu hal penting juga diperhatikan terkait dengan dunia usaha. Namanya juga prediksi. Mungkin bisa benar, mungkin bisa salah. Namun jika disampaikan oleh yang telah lama bergelut pada bidang usaha dengan konsentrasi pada permasalahan tersebut, boleh juga kan menjadi acuan? Mungkin bisa menginspirasi untuk selanjutnya mau bagaimana.

Barangkali disamping intuisi, peluang usaha yang menarik dan diprediksi terhitung menjanjikan dan menggiurkan hasilnya, bisa jadi menjadi bahan pertimbangan untuk menyusun perencanaan usaha ke depannya akan bagaimana.
Kebetulan pemberitaan di Tempo.co berikut mungkin bisa menjadi gambaran terhadap pelaku-pelaku usaha mencari peluang di tahun 2012. Silahkan disimak:

TEMPO.CO, Jakarta – Sektor industri pangan, industri jasa dan perhotelan, serta pertambangan dan energi diperkirakan bakal mengalami booming pada 2012. Permintaan di dalam negeri terhadap industri jasa, perhotelan, serta makanan di dalam negeri akan meningkat.

»Adapun pertambangan dan energi karena permintaan di beberapa negara yang tidak terkena krisis juga cukup besar,” tutur Didik J. Rachbini, Kepala Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kadin Indonesia, di Jakarta, Rabu, 28 Desember 2011.
Menurutnya, pertumbuhan kelompok masyarakat yang memiliki daya beli tinggi saat ini cukup besar.
Sehingga, permintaan terhadap sektor jasa dan produk makanan maupun perhotelan akan terus bertumbuh.

Dia menyebut, sektor konsumsi masih akan menyumbang sekitar 60 persen dari pertumbuhan ekonomi.

»Namun, bila pemerintah tidak bisa menjaga kondisi yang nyaman bagi kalangan usaha, maka pertumbuhan industri di dalam negeri akan di bawah target pemerintah,” kata Didik.
Dia menyebut, angka pertumbuhan 7,1 persen yang dipatok pemerintah pada 2012 cukup rasional bila diimbangi dengan tingkat suku bunga kredit yang rendah. Begitu pun dengan infrastruktur dan energi, khususnya listrik yang memadai. »Bunga bank masih belum bersahabat, padahal Bank Indonesia sudah menurunkan BI Rate,” kata Didik. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Suryo Bambang Sulisto berharap suku bunga kredit perbankan bisa berada di level 8 persen atau kurang dari itu.

Pasalnya, lanjut dia, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) sudah berada di angka 6 persen.
Menurutnya, upaya BI tidak diikuti dengan penurunan tingkat bunga bank-bank komersial. Dia mensinyalir adanya ketidakefisienanbank-bank komersial.

“Kontribusi bank-bank komersial di investasi perusahaan dan modal kerja masih rendah,” ujarnya. Investasi yang disalurkan tak lebih dari 25 persen dan modal kerja sekitar 21 persen. Walhasil, sebut dia, hal ini kurang mendorong perkembangan sektor riil.

Hal senada juga diungkapkan Didik Rachbini. Ia menyebut, ketidakefisienan bank terlihat dari masih tingginya biaya operasi, biaya bunga, serta biaya risiko. Semua komponen itu masih dalam komponen bunga.
ARIF ARIANTO [sumber: Mau Bisnis di 2012? Inilah Bisnis yang Akan Moncer – Tempo.co]

5 responses to “Prediksi Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2012

  1. waa, bagus banget nih.
    bisa jadi referensi untuk buka usaha .😀

  2. Konon telur puyuh gizinya tinggi berarti bisa dijadikan peluang usaha.

  3. bgus jg, menimbulkn minat para pemula usaha

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s