Kotoran Puyuh Encer, Kenapa?

Kotoran puyuh encer, bahkan sampai meluber keluar dari tampungan kotoran kandang puyuh???
Dulu saya pernah mengalami. Tobat berbagai cara dipakai untuk menangkalnya. Tidak juga pulih.

Jika sekedar jemek/bersifat basah, tidaklah menjadi masalah. Tapi benar-benar waktu itu kotoran puyuhnya encer dan bisa mengalir. Tidak menunggu lama, cukup dua hari sejak pembersihan, langsung kotoran puyuh sudah mengalir. Bahkan menetes-netes di lantai rumah induk.

Sudah saya konsultasikan ke peternak-peternak senior. Tapi rata-rata meremehkan. Dibilang sudah biasa. Karena itu mereka tidak mau menengok. Padahal ini bukan encer biasa. Kotoran puyuh waktu itu sebenar-benarnya bahkan saya bilang cair. Yang repot kalau pembersihan, bisa setengah hari lebih.

Dan bikin repot lagi, tiap pagi dan sore harus membersihkan wadah minum dan pakan. Waktu itu masih pakai pralon semua.

Keputusan akhir. Bikin dua kandang puyuh yang baru. Terus dipindah-pindahkan. Kandang puyuh yang kotor dicuci dengan sabun dan semprot desinfektan. Kemudian digilir pembersihannya. Setelah semuanya bersih. Agak lega. Beberapa saat kotoran puyuh tidak lagi encer.

Itu juga yang kemudian menginspirasi untuk ujicoba wadah minum diganti galon 3 literan. Sampai sekarang.

Berbagai analisa pembahasan kenapa sampai kotoran puyuh menjadi cair, banyak disampaikan. Mulai dari burung puyuh yang mencipratkan air waktu minum. Sampai kemungkinan cara pemberian minum yang luber ke tampungan kotoran.

Setelah semua kandang menjadi bersih. Ternyata memang tidak lama. Kejadian kotoran encer, cair dan mengalir terulang lagi. Padahal kandang puyuh sudah bersih. Untunglah waktu itu umuran puyuh sudah di atas satu tahun. Akhirnya apkir semua.

Ingat kejadian itu, mengutip dari komentar Bp. Miftah Farid, dapat diambil pemahaman, bahwa salah satu penyebab kotoran puyuh menjadi encer, salah satunya bisa karena pakan kelebihan asam amino. Berikut ini:

bagaimana jika berlebih kandungan protein ??????? tanda gejala kelebihan protein dalam hal ini asam amino, meskipun semua asam amino esensial dalam keadaan seimbang, mengakibatkan mengalami penurunan pertumbuhan yang ringan, penurunan penimbunan lemak tubuh dan kenaikan tingkat asam urat dalam darah. Dapat juga kotoran menjadi encer disebabkan oleh banyaknya konsumsi air minum untuk mengeluarkan kelebihan asam urat tadi.

Komentar tersebut diambil dari https://puyuhjaya.wordpress.com/2011/12/27/sedikit-tentang-tepung-ikan-dan-bungkil-kedelai-sebagai-sumber-asam-amino-dalam-campuran-pakan-puyuh-unggas/comment-page-1/#comment-1820

Salam.
[Puyuh Jaya]

2 responses to “Kotoran Puyuh Encer, Kenapa?

  1. kejadiannya sama seperti yang saya alami…. terima kasih penjelasannnya

  2. Dapat juga kotoran menjadi encer disebabkan oleh banyaknya konsumsi air minum untuk mengeluarkan kelebihan asam urat tadi.
    kok asam urat ?

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s