Campuran Pakan Puyuh yang Salah Berakibat Produksi Telur Puyuh Menjadi Rendah [dari Bp. Miftah Farid, SP]

Campuran pakan puyuh serasa semakin penting dirasakan, apalagi ketika harga telur sedang bisa bikin mengeluh. Maka alternatif untuk memecahkan problem agar keuntungan peternak tetap terjaga, adalah mencampur pakan puyuh dengan bahan lain non PYP.

Harga telur puyuh tentu harus diseimbangkan dengan harga pakan puyuh pabrikan. Namun bagaimana bila sebaliknya? Tentu tidak bisa kan? Atau tidak mau?

Maka mencampur agar harga pakan puyuh bisa diangkat oleh harga telur puyuh serasa penting sebagai senjata pertahanan peternak puyuh. Atau bahkan bisa untuk meningkatkan keuntungan.

Lalu bagaimana jika mencampur pakan yang keliru (salah) malah menyebabkan produktivitas puyuh menjadi rendah?
Berikut diunggah dari komentar Bp Miftah Farid, SP mengenai hal tersebut. Silahkan disimak:

===#

1. Factor yg jelas membuat produksi telur yang rendah tadi sebab oleh pakan yang salah akibat percampuran yang keliru. Ya pasti harus pakan khusus petelur puyuh, di karawang pasar johar ada duta PS (pak Johan) disitu ada jual SP22 dan PY3.

2. Pertanyaan no 2 sdh terjawab oleh pak sholehuddin, ada saran dari saya, umur 1-10 hari pakai kode 510 BOOSTER (giling lagi biar halus),dan 11 – 30 hari bisa pakai 511, dan 31-50 hari campuran 511 dan SP22/PY3 perbandingan 1:1. 51 hari dst pakai SP22 / PY 3 murni. Di Duta PS ada semua pakannya. Saya juga beli konsentrat pedaging,jagung dll disitu.

3. Kombinasi pakan petelur mungkin yang dimaksud?. Jika bapak meracik pakan seperti saya.

Gunakan Jagung giling halus 50% + Dedak Halus 10% + Konsntrt pedaging (112) 14.5% + konsentrt petelur (124 / merk guyofeed) 25% + Premix (Topmix) 0.5%,

4. Kalau formula tadi agak repot, saya sarankan pakai saja SP22 atau PY3 jangan dicampur mineral dan menir lagi. Lagi pula tetangga peternak bapak disebelah pakai murni tuch saya lihat.
Catatan: formula ini jangan pakai mineral lagi, Vitamin melalui air minum tak usah lagi. Jagung harus yang halus (digiling lagi), dedak halus kalau bisa beli langsung ke penggilingan padi di karawang banyak.

===#
Untuk no.2 seperti disinggung di atas, adalah jawaban dari Mas Sholehuddin, LQF, Jember, Jatim. Sbb:

faktor penyembab penurunan telur banyak, bisa kurangnya kualitas dan kuantitas pakan, kesehatan/ penyakit serta perawatan.
pakan terbaik anakan puyuh ataupun puyuh petelur menurut saya adalah pakan yg memiliki nutrisi minimum memenuhi kebutuhan puyuh itu sendiri, kenutuhan minimum bisa bapak cek di forumternak.com
menurut saya pakan anakan bisa memakai pakan jadi pabrikan apa saja untuk DOC pedaging.
untuk kombinasi lebih detailnya pak miftah yg lebih pakar menjawab, namu melihat harga pakan jadi yg sekitar 4.500/kg, lebih murah dari bahan campuran, rasanya saya lebih memilih pakan jadi yg sudah mengandung minimum kebutuhan nutrisi untuk puyuh, dan g ribet mencampur.

===#
Adapun tanggapan semua tersebut di atas adalah pertanyaan dari Sdr. Ulhery, sbb:

di sini sy mau minta saran dari rekan2 yg sudah lama berkecimpung di dunia perpuyuhan. karena sudah beberapa hr ini sy menemukan permaslahan perpuyuhan.

sy peternak puyuh pemula yg tidak tau sma skali tentang burung puyuh. sudah hampir tiga bulan ini sy mencoba beternak puyuh dg modal tidak tau apa2, hanya tau dr internet saja (itupun hanya sedikit). karena sy jadikan ini sebagai hoby bukan bisnis oriented, tp kalau kelihatannya menguntungkan, mungkn bs sy kembangkan. apalagi setelah sy lihat tiap hr sering bertelur, walaupun tidak banyak.

pertama sy coba beli puyuh yg sudah siap bertelur sekitar 150 ekor. dengan pakan puyuh dr pabrikan di tambah dg dedak halus. sy coba dengan tidak mengikuti aturan percampuran (karena tidak tau). hasilnya dari 150 ekor td yang bertelur cuma 30 butir/hari. kemudian sy coba dengan kombinasi pakn pabrikan plus menir (dg perbandingan 2:1), hasilnya cukup lumayan 2-3 hr kemudian bs 60 – 70 butir/hari. tp sudah hampir tiga hari ini produksi telurnya selalu menurun dari 70 betir, menjadi 64, kemudian 55 dan sekarang hanya sampai 50 butir/hari. dan sekarang sy sudah menetaskan 250 ekor burung puyuh anakan (tp belum tau pakan yg baik buat puyuh anakan tsb).

pertanyaan sy buat puyuh jaya dan pa miftah Farid (karena sy tertarik dg penjelasanya) adalah:
1. Faktor apa saja yang menyebabkan penurunan telur tsb?
2. Jenis pakan apa yg terbaik buat puyuh anakan?
3. Kombinasi pakan yang bagaimana yg bagus untuk di wilayah sy (Karawang)?, karena di sini hanya ada; pakan pabrikan merk SP2 dari Shinta, dedak halus, jagung halus, menir, concentrate daging dan telur serta mineral.
harga pakan pabrikan 225 rb/sak, dedak halus 3500/kg, jagung halus 9000/kg, menir halus 4000/kg, concentrate daging/telur 6500/kg. sedangkan harga telur 200/butir.

sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih atas jawabanya dan mohn maaf kalau kata-katanya tidak teratur.

By,
ulhery. anakan)

===#

Terima kasih telah berkenan berbagi mengenai campuran pakan puyuh dan pengaruhnya terhadap produksi telur puyuh. Tabik.

15 responses to “Campuran Pakan Puyuh yang Salah Berakibat Produksi Telur Puyuh Menjadi Rendah [dari Bp. Miftah Farid, SP]

  1. maaf pak ,Yg dimaksud sentrat pedaging itu apa pak miftah.apa sejenis BR dr japfa itu ya?

  2. apa bila untuk peternakan puyuh kira kira penghasilan perhari mencapai berapa pak ya

  3. menurut pengalaman saya ternak di boyolali jateng,saya menggunakan campuran dedak halus 25kg + 4kg 144(konsentrat bebek) + 1kg minera untuk 1pp. hasilnya telur juga cukup memuaskan,dari 2000ekor puyuh bisa 15dus tiap 1minggu….

  4. ada alamat pelatihan buat ternak burung puyuh gak yah..
    di sekitar purwasuka???

  5. ingin info peternak puyuh yang di purwokerto ada ngga ya……

  6. saya mau bertanya untuk pakan puyuh selain konstrt apa yang bagusnya ?? dan tolong sebaiknya apa saja cmpuran yg bagus untuk pakan nya..krna saya pelihara 700 ekor puyuh /harinya hanya bertelur sekitar 250 butir

  7. Saya mau tanya pak, saya menggunakan PP3 untuk pakan puyuh saya. Jika pakan tersebut di campur dengan tepung kepala udang, tepung jagung. Apakah akan menurunkan produksi telurnya??? Mohon bantuannya. terimakasih.

  8. salam puyuh.. pak saya di daerah LOMBOK NTB, sy peternak puyuh pemula yg tidak tau sma skali tentang burung puyuh. cuma cari tahu leawt temen2 atau internet, puyuh saya tiap hari saya kasi pakan pabrikan tanpa campuran apa-apa dan peransang telur dari miniman, pertanyaan saya : apakah baik atau gk kalo saya brikan pakan tanpa campuran dan perangsang telur tiap hari..? dan kalo saya mencampur pakan pabrikan dengan dedak halus saja apakah itu bagus atau gk..?. TERIMA KASIH. salam suskses.

  9. assalamu,alaikum pak,,, saya ali dari sulawesi tengah,,,
    saya mau tanya,,, kenapa zat anti nutrisi dalam pakan dapat menurunkan produksi telur?
    apa yang dihambat oleh zat anti nutrisi tersebut sehingga produksi telur puyuh menurun?

  10. ass . pak saya mau tanya . puyuh petelur saya umur 50 hari sudah bertelur tapi sampai umur 60 hari hanya bertelur 1 butir\hari . saya hanya memberi pakan ayam petelur dengan perbandingan 1 kg konsentrat, 2 1\2 dedak , 1 kg jagung halus . saya memberi pakan ayam bertelur karna disini tidak ada yg menjual pakan puyuh petelur . bagaimana solusinya supaya produksi telurnya optimal.
    trima kasih
    wasalam….

  11. Saya tertarik ternak puyuh perteluran.. Tpi beli puyuh nya dimna daerah karawang nya. Saya orang kerawang tpi gk tau tempat jual puyuh

  12. saya di Balai Latihan Kerja ingin pelatihan peternak burung puyuh dari Nurrokhim

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

