Menulis Komentar Mirip Spam? Silahkan Saja Kalau Di Sini

Dalam artikel-artikel yang tersebar di dunia internet, biasanya menyediakan kolom komentar. Kecuali yang ditutup karena berbagai penyebab.

Kolom komentar merupakan tempat atau ruang yang tersedia sebagai bagian dari artikel, diperuntukkan bagi pembaca, agar bisa connecting dan sharing, baik ke admin maupun sesama pembaca. Demikian sedikit yang saya pahami mengenai kolom komentar. Dengan adanya kolom komentar, pembaca bisa terhubung maupun berbagi.

Bagaimana dengan komentar spam?
Itu sudah diurusi sama akismet. Walau terkadang komentar yang bukan spam pun dimasukkan spam oleh akismet. Karena itu perlu juga sekali-kali menengok kolom spam. Siapa tahu ada yang bukan spam, bisa kita kembalikan dan tertampil di laman artikel.

Lalu bagaimana juga dengan komentar yang mirip spam?

Dalam sebuah forum, saya pernah mengikuti perbincangan mengenai komentar yang dianggap spam. Rata-rata di forum itu menolaknya.

Namun sebenarnya bagi saya tidak masalah, mau komentar yang mirip spam, silahkan saja.

Hanya di forum yang memperbincangkan komentar mirip spam itu, saya tidak angkat bicara… Eh, angkat tulis maksudnya.

Apa itu yang dimaksud komentar mirip spam dalam forum tersebut?

Komentar yang dianggap mirip spam diantaranya adalah komentar yang OOT (Out Of Topic). Di luar topik artikel. Misalnya: menyimak aja, nice post, keren, dan lain-lain.

Bagi saya, komentar seperti itu yang selanjutnya dianggap mirip spam, bagi saya silahkan saja. Kenapa?

Saya sendiri beberapa kali mengalami. Setelah menyimak sebuah artikel. Tapi bingung mau komentar apa. Padahal ingin sekali mengapresiasi ataupun menghargai penulisnya. Ingin juga menulis “menyimak ya”. Tapi saya urungkan.
Saya khawatir kalau penulisnya termasuk tidak suka dengan komentar mirip spam.

Nah, karena itu, kalau di blog ini, silahkan saja… Sungguh. Daripada bingung mau komentar apa kan? Komentar saja apa yang ingin ditulis. Tidak apa-apa. Bebas saja. Anggap saja rumah sendiri.

Selain itu, menulis komentar, atau memberi vote, atau meng-klik ‘suka’, termasuk yang telah men-sharing di media sosial lain. Bagi pemilik blog, rasanya sesuatu banget lhoh…

Terima kasih telah berkenan menyimak.
Salam
[Puyuh Jaya]

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

