Kemitraan Puyuh Petelur dan Inti Plasma: Kenapa Tidak?

Kemitraan puyuh petelur, sejak dari blog lama dulu, banyak yang tertarik dan menanyakan. Bahkan banyak juga yang berkeinginan gabung. Tapi sayangnya kemitraan atau inti plasma yang saya ikuti masih terbatas jangkauan wilayahnya.

Hal mengenai kemitraan puyuh petelur memang menarik. Dari selama ini menjadi plasma perusahaan tersebut, saya menyorot beberapa hal positip dalam jalinan kemitraan yang saya alami. Tentu saja dari sudut pandang saya sebagai peternak plasma.

Walaupun dari sudut pandang peternak, namun nanti akan mencoba melihat juga bagaimana aspek positipnya dari inti plasma atau perusahaan kemitraan itu sendiri. Sebab bagaimanapun, peternak plasma merupakan orang luar perusahaan, tetapi mau bermitra, dalam hal ini memproduksi telur puyuh.

Aspek positip atau keuntungan dari segi peternak plasma.

1. Yang utama adalah bahwa peternak tidak memikirkan masalah pemasaran telur puyuh. Karena sudah ditangani oleh inti plasma.

2. Terkait dengan nomer 1, peternak plasma bisa konsentrasi pada aktivitas produksi seperti perawatan, pemeliharaan puyuh petelur tanpa khawatir telur puyuhnya tidak laku.

3. Ada tempat konsultasi pembimbingan maupun penanganan apabila ada masalah, mulai dari penyakit sampai teknis pemeliharaan.

4. Jika dianggap repot, tidak perlu lagi repot-repot mencari pakan, karena sudah diantar oleh inti plasma, bahkan sampai tempat penyimpanan pakan puyuh.

5. Peternak tidak perlu bingung mencari vitamin, suplemen untuk puyuh petelur, karena sudah tersedia.

6. Peternak plasma tidak perlu memikirkan mencari DOQ bibit puyuh petelur, karena sudah ada dari inti plasma. Walaupun lama, tidak masalah, kemungkinan terkait dengan pengendalian produksi bibit puyuh yang disesuaikan dengan kemampuan pemasaran.

7. Bahkan sampai penjualan puyuh petelur yang sudah apkir, peternak tinggal telpon petugas perusahaan inti plasma, gpl terus diambil dan diberi harga lumayan tinggi. Bisa untuk modal lagi.

8. Dibentuknya kelompok-kelompok peternak plasma, selain menjalin komunitas, juga untuk penyaluran reward dari inti plasma, baik reward pakan maupun telur. Bahkan ada satu kelompok dalam per-bulan mendapat reward 4 juta rupiah. Bisa untuk berbagai kegiatan bersama maupun sosial kemasyarakatan tanpa perlu merogoh kantong peternak.

9. Dan masih banyak lagi. Salut pokoknya..

Aspek positip atau keuntungan dari segi perusahaan inti plasma.

Kalau dari segi perusahaan inti plasma, saya hanya mengira-ira, alias hanya sekedar analisa sederhana. Sebab saya sebagai peternak plasma hanyalah orang luar dari perusahaan inti plasma.

1. Perusahaan inti plasma puyuh petelur bisa menjaga kontinuitas pasokan telur puyuh. Hal ini saya kira sangat penting terkait dengan order langganan di pasaran.

2. Selain mengangkat beratnya persaingan pemasaran telur puyuh, namun saya kira diimbangi juga dengan sudah tersedianya pasar tetap, yaitu peternak plasma. Dalam hal ini peternak plasma juga menjadi konsumen mulai dari bibit puyuh, egg tray, pakan (apalagi kalau sudah mampu bikin sendiri, tentu lebih menguntungkan lagi), obat-obatan, vitamin, vaksin, dll.
Pasar atau konsumen tetap ini menurut saya, sangat potensial. Tentu diimbangi dengan tanggung jawab pemasaran telur puyuh yang terjaga.

3. Mungkin jika tercapai bonafiditas perusahaan, bisa lebih dipercaya terkait dengan kerjasama proyek yang berkaitan dunia peternakan. Siapa tahu.

4. Lebih terbuka peluang-peluang lain lagi yang langsung tidak langsung berhubungan dengan peternakan puyuh petelur. Misalnya: pengembangan kemitraan puyuh pedaging, pabrik pakan puyuh sekaligus juga bikin pakan lele. Kan lumayan menambah pemasukan.

5. Yang jelas juga membuka lapangan pekerjaan yang luas, baik dari luar wilayah lokasi kantor perusahaan inti plasma, maupum dari sekitar kantor perusahaan alias sak kiwo tengene.

6. Banyak didoakan oleh peternak plasma agar semakin tangguh dan kuat menjadi perusahaan kemitraan puyuh petelur, menjadi tempat bernaung dalam pemasaran telur puyuh yang mengelola dari hulu sampai hilir.

7. Dan masih banyak lagi.

Hanya saja itu semua semata-mata berdasar dari satu kemitraan puyuh yang saya ikuti. Entah kondisi perusahaan yang lain bagaimana, saya tidak paham. Dan konon katanya perusahaan kemitraan seperti itu bermula dari ngumpulnya pengepul. Entah benar tidaknya.

Semoga menjadi inspirasi yang bermanfaat.

Salam.
[Puyuh Jaya]

10 responses to “Kemitraan Puyuh Petelur dan Inti Plasma: Kenapa Tidak?

  1. Tanya ya mas….
    Inti plasma yang ada sekarang dimana saja?

    Mengapa inti plama belum bisa buka di tempat lain seperti di Mojokerto ? apa pangsa pasarnya terbatas, atau faktor lain

    Seandainya membentuk paguyuban peternak puyuh apa bisa? apa kendalanya?

    Trim Mas puyuhjaya

    • Silahkan, Pak Komari.

      Kemitraan puyuh yang masuk daerah sini ada 5. Tapi saya tidak paham mengenai daerah lain. Mungkin lebih pada sebagai pengepul. Karena membina ikatan kemitraan, saya kira bukan hal yang mudah juga, Pak Komari.

      Di deket saya yang tidak ikut kemitraan, mereka membentuk koperasi. Sistem kerjanya mirip kemitraan. Tapi lebih bebas untuk pembibitan. Mungkin semacam koperasi, paguyuban, dll semacamnya bisa menjadi alternatif selain kemitraan.

      Hanya berandai-andai, seupama pengelolaan kemitraan lebih bersifat nasional, mungkin beberapa permasalahan bisa teratasi. Walaupun apapun itu tetap ada positip negatipnya.

      Sementara demikian, Pak Komari. Lebih kurangnya mohon maaf.

      Salam hormat dan sejahtera selalu.

  2. salam sejahtera,
    Mas….adakah inti plasma puyuh di sekitar subang jawa barat ?
    terima kasih

    • Terima kasih kunjungannya, Mas Dwiyanto.
      Mengenai kemitraan di daerah Subang, sampai saat ini belum ada informasi yang masuk.
      Semoga segera ada yang berkenan berbagi informasi mengenai hal tersebut.

      Salam semangat.

  3. Untuk daerah sragen / boyolali dimana mas?

    • Terima kasih kunjungannya, Mas Sulardi.

      Kebetulan untuk PT kemitraan yang saya ikuti, belum menjangkau wilayah Sragen.

      Sudah banyak saya menulis tentang kemitraan puyuh, semoga menjadi inspirasi.

      Salam.

  4. kalo kemitraan untuk daerah pekalongan sudah ada blm mas ?
    Klo ada d mana yg terdekat ?

  5. SAYA INGIN IKUT KEMITRAAN GIMANA CARANYA …POSISI DI SEMARANG.

  6. Didik Setyanto

    Salam sukses,

    Saya tinggal di cirebon, bagaimana untuk jalin kemitraan? Dimana inti plasma wilayah cirebon?

    Terima kasih,
    Didik

  7. kalo di cirebon ada ga ya kemitraan puyuh

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s