Khasiat Madu dan Beternak Burung Puyuh untuk Menjaga Kesehatan [Luar Biasa]

Dalam postingan sebelumnya yang terkait dengan efek negatif pemberian gula pasir. Masih mengunggah komentar menjadi artikel, dari tanggapan beliau Bp Puyuh Jepang. Berikut adalah alternatif pemberian asupan yang bertenaga, yaitu madu, dengan khasiat yang luar biasa.
Silahkan disimak…

Kalau tujuan pemberian air gula pada puyuh sebagai penopang tersedianya energy tubuh puyuh, mengapa kita tidak memberikan madu saja.

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin.
Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah.

Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa. (gula pasir, gula batu, gula merah) dan ada gula dalam madu yang lambat diserap oleh tubuh (dalam madu ada 2 jenis gula dextrose dan levulosa) ini sebagai cadangan energy berikutnya.

Selain itu madu kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress)

Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti protein 0.3%,tepung sari dan berbagai enzim pencernaan.

Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium.

Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.

Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik . Hal itu hasil penelitian Peter C Molan (1992), peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

Selain itu juga peneliti dari Departement of Biochemistry, Faculty of Medicine, University of Malaya di Malaysia, Kamaruddin (1997) juga menyebutkan bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit.

Jadi ada pilihan untuk menjaga kesehatan puyuh kita, ada waktu-waktu tertentu dapat kita berikan madu.(pindah kandang, setelah vaksin, perjalanan jauh, perubahan iklim mapun heatstress dsb).
Demikian PUYUH JAYA, ini baru opini, mohon maaf bila ada kesalahan kalimat atau rangkaian kata. semoga bermanfaat.

===#

11 responses to “Khasiat Madu dan Beternak Burung Puyuh untuk Menjaga Kesehatan [Luar Biasa]

  1. salam puyuh jaya

    ada hl yang ingin saya tanyakan disini,apakah perlu pemberian gula pda puyuh yang bisa di bilang masih berumur muda dan apakah tiak ad efek sampingnya?

    terima kasih,
    sukses selalu puyuh jaya

  2. Salam juga untuk Mbak Rika.

    Sebelumnya perlu juga empertimbangkan terlebih dahulu keterangan Bp Puyuh Jepang mengenai efek negatif pemberian gula pasir.

    Mengenai pertanyaan Mbak Rika. Dari yang saya alami saja, saya tidak bisa mengambil kesimpulan. Karena memang belum pernah memberikan gula pasir pada puyuh muda (masa pembesaran). Sebab pada masa pembesaran, saya hanya memakai vitamin DOQ dari PT, semacam vitacik pada ayam.

    Sementara hanya itu dulu yang bisa saya sampaikan.

    Terima kasih kembali. Semoga kesuksesan senantiasa untuk kita semua.

  3. Tidak salah lagi alias betullll

    Madu sejak jaman dulu memang terkenal khasiatnya baik untuk manusia atau hewan termasuk puyuh.

    Tapi masalahnya, pemiliknya saja belum tentu mengkosumsi madu apalagi piaraannya, namun demikian demi kesehatan dan kesayangannya pada puyuh tidak ada salah kalau kita mencobanya

    Mungkin juga perlu dipertimbangkan cara atau takaran madunya.

    Salam manis, semanis madu
    Selamat hari ibu, semoga kita semua bisa menghormati dan memulyakan ibu kita, termasuk puyuh kita yang hampir tiap hari mencetak rupiah untuk kita juga seorang ibu/betina.

  4. Slm knal pak,mau tnya.pyuh sy prdksi tlurny tdk mau tambh,umr 5bln.hnya 3 kg.gmn cr pemulihnya

  5. saya punya 700ek0r.jika mau saya kasih madu.berapa takaran madu yg hrus saya berikan.,salam kenal saya arief dr lumajang.

  6. zuhroni. jogjakarta

    slm kenal puyuh jaya.
    kemarin 1 kandang ternak puyuh saya mati mendadak hampir 20 ekor dal 1 kandang. pdahl sehari sebelumnya tidk ada tanda – tanda sakit. hari berikutnya mati 15 ekor pada kandang yang sama. kenapa ya ? pdhal pemberian puyuh vit jg sudah rutin sy berikan. mohon bantuan saran.

  7. itu sakit ND, yg lain yg msh hidup dalam satu kandang dipotong aja biar gak nular

  8. Burung puyuh kami makannya kok berlebihan gtu ya

  9. puyuh saya koq banyak yang dobol kenapa ya

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s