Mengenal Tipe-tipe Peternak Burung Puyuh Petelur

Postingan ini merupakan pindahan atau repost dari artikel di blog lama. Dipindah di blog Puyuh Jaya ini untuk nanti mendukung next post yang tengah dipersiapkan.
Terima kasih.

– – – – – – – – – – – – – – – – – – –
Salam sejahtera

Semangat menulis harus terus dijaga. Apapun yang terjadi. Demikian saya usahakan tertanam menjadi prinsip aktivitas menulis di dunia maya.

Untuk itu saya ucapkan trima kasih bagi yang masih berkenan mengunjungi blog sederhana ini. Tentu sudah melewati jalan yang lebih panjang hingga sampai bisa mampir di sini.

Ada pengunjung atau tidak ada pengunjung, ngeblog jalan terus, menulis juga tetep jalan terus. Tetep semangat.

Postingan kali ini saya ingin bercerita tentang tipe2 peternak burung puyuh petelur yang sudah pernah saya temui. Silahkan mau memilih tipe mana bagi yang berminat menjadi peternak puyuh petelur.

Tipe pertama: Peternak plasma kemitraan.
Peternak plasma adalah peternak yang aktivitas ternak puyuh nya terikat dengan berbagai peraturan yang dibuat oleh inti plasma dalam wadah kemitraan.
Kesimpulan mengenai peternak plasma tersebut saya ambil dari berbagai sumber, jadi harap maklum kalo ada istilah yang salah. Soalnya saya sendiri sama sekali tidak punya basic keilmuan bidang peternakan / pertanian / dan lain2 semacamnya.
Peraturan2 yg dibuat oleh inti plasma terhadap peternak plasma ini bersifat mengikat. Dalam artian peternak plasma tergantung pada inti plasma yang biasanya berupa badan hukum (perusahaan).
Keterkaitan atau ketergantungan bagi peternak plasma puyuh petelur tersebut antara lain:

1. Pengadaan DOQ bibit puyuh petelur.
2. Penjualan telur.
3. Sarana dan prasarana (eggtray, vitamin, dll)
4. Pengadaan pakan.
5. Penjualan apkiran.
6. Loyalitas.

Tentu masing-masing inti plasma atau perusahaan inti plasma mempunyai aturan atau kebijakan dalam membina atau menjalin kerjasama dengan peternak plasma.

Tipe kedua: Peternak mandiri.
Peternak mandiri adalah peternak yang mengelola sendiri dalam beternak puyuh petelur. Mengelola dari hulu sampai hilir dikerjakan tanpa ada aturan kemitraan yang mengikat, mulai dari pengadaan bibit, penjualan telur, sampai “pembuangan” burung puyuh apkiran.
Terutama dalam pengadaan pakan, peternak mandiri ini mempunyai kebebasan inovasi. Baik dalam menentukan merk mana yang dianggap paling baik hingga kebebasan untuk mencampur pakan pabrikan dengan bahan-bahan yang lain.
Karena mengelola sendiri baik produksi sampai marketing atau pemasaran telurnya, maka peternak mandiri ini biasanya tangguh dalam pemasaran atau sudah mempunyai lubang langganan penjualan telur.

Tipe ketiga: Peternak Campuran.
Untuk tipe ketiga ini yaitu tipe peternak campuran adalah peternak plasma kemitraan yang juga mengelola ternak puyuh secara mandiri. Maksudnya, selain mempunyai puyuh yang terikat PT, peternak campuran ini juga mempunyai puyuh yang tidak terikat kemitraan dengan mengelola sendiri dari pengadaan bibit sampai pemasaran telur.

Tipe keempat: Peternak Juragan.
Peternak juragan adalah peternak investor, artinya peternak ini menanamkan modalnya pada budidaya puyuh petelur yang dikelola oleh orang lain (bukan karyawan) dengan sistem bagi hasil atau sistem lain sesuai perjanjian. Peternak juragan ini dalam menanamkan modalnya bisa ikut kemitraan maupun mandiri.

Demikian sedikit ulasan mengenai tipe-tipe peternak burung puyuh petelur. Barangkali ada tipe yang lain lagi, silahkan di-share.

– – – – – – – – – – – – – – – – –
Diambil dari blog lama: http://ariefmas.wordpress.com/2011/06/26/tipe-tipe-peternak-burung-puyuh-petelur

Iklan

6 responses to “Mengenal Tipe-tipe Peternak Burung Puyuh Petelur

  1. Untuk Kemitraan yang dilakukan oleh rekan kerjasama Lanang Quail Farm Jember yaitu Slamet Quail Farm Sukabumi milik Bpk. Slamet Wuryadi. dengan sistem yg berbeda.
    pihak SQF menyediakan bibit dengan jaminan unggul serta jaminan pemasaran telur. sedangkan peternak plasma menyediakan segala kebutuhan seperti halnya peternak mandiri. namun peternak plasma juga diberi kebebasan untuk menjual hasil produksi ke luar jika harga lebih tinggi. cukup membantu saya rasa.

    Pengen nech buka kemitraan dengan saya Peternak Intinya, namun belum mengerti mau mulai dari mana, mungkin mas arief bisa menceritakan bagaimana prosedur kemitraan dengan PT Peksi beserta syrat2nya, mungkin bisa jadi rujukan dan contoh awal dari saya memulai kemitraan.

    THANKS

  2. klo didaerah lumajang ada jaringan kemitraan ternak puyuh , gak pak? pengen nich jadi mitranya.mohon responnya thank,s

    • Mohon maaf dan harap maklum, saya tidak paham. Semoga ada yang berkenan menginformasikan.
      Atau, pertanyaan ini menjadi inspirasi, siapa tahu ada yang ingin membuka kemitraan wilayah Lumajang atau sekitarnya.
      Trima kasih sama-sama.

  3. brapa modal awal ternak puyuh boss????

  4. permisi Pak,, abang,, mas,,
    pingin banget mulai beternak puyuh ini,, bs tolong diberi pnjelasan dr awal? ndapetin bibitx, kirim k madiun bs kah, sampe rmh harus diapain dulu itu bibitnya, pakan prtma kdua dst?
    sklian bs tlong kasih info dmn bs dpt bibitnya,, dan hrganya?

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s