Cara Meningkatkan Produktivitas Puyuh?????

Seperti halnya mempercepat puyuh bertelur, demikian juga pada cara meningkatkan produktivitas puyuh khususnya petelur. Jika sudah maksimal. Apanya lagi yang ditingkatkan?

Bukan mengoreksi, atau bahkan menyalahkan, kalau boleh saya memberi istilah pada cara meningkatkan produktivitas puyuh, dengan istilah “cara memaksimalkan produktivitas puyuh”. Kenapa demikian?

Sebelumnya mohon maaf dan harap maklumnya dari para pakar puyuh yang terhormat. Bahwa saya, kok memberanikan diri membuat istilah tersebut. Tak lain tak bukan, tentu karena mengharap masukan, koreksi, atau kritik dari para pakar puyuh sekalian. Sehingga tercipta belajar bersama, berlatih bersama, mencari, dan berbagi.

Kembali pada cara meningkatkan produktivitas puyuh, yang saya geser sedikit istilahnya menjadi cara memaksimalkan produktivitas puyuh. Karena kalau sudah maksimal, dari selama ini mengalami sendiri beternak puyuh: tidak bisa lagi ditingkatkan. Kecuali ada keajaiban.

Contoh kasus:

Kasus-1.
Katakanlah jika maksimal produktivitas puyuh dari suatu produk bibit terhitung 97% pada umur dan selang waktu tertentu. Apakah ada cara meningkatkan lagi? Mungkin ditambahi asupan jamu, suplemen, vitamin, pakan diumbar, merk pakan diganti biar produktivitasnya meningkat.
Saya kira tidak bisa lagi. Kalau kemampuan maksimalnya memang segitu. Tidak ada lagi cara meningkatkan produktivitasnya. Paling ya menjaga perawatan dan pemeliharaan, agar tetap maksimal.

Kasus-2.
Jumlah populasi puyuh 734 ekor. Umur 15 bulan (60 minggu). Produksi rata-rata 600 butir.
Anggaplah sudah sesuai umurnya, produktivitasnya maksimal 80%. Akan ditingkatkan bagaimana lagi. Paling malah kena apkir paksa. Ya nurut saja.

Jadi saya mohon maaf sekali lagi, bahwa ini hanya berangkat dari keterbatasan saya memahami perpuyuhan. Yang mana cara meningkatkan produktivitas puyuh lebih berlaku untuk keadaan yang belum maksimal. Sedangkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan maksimal produktivitas puyuh, (mohon koreksi), antara lain tergantung pada:

KUALITAS BIBIT

Untuk hal ini hanya lebih pada tingkat meraba, karena sangat jelas kepemahaman saya mengenai bermacam-macam jenis bibit dengan kualitasnya masing-masing, tidaklah ada. Sebagai peternak plasma, saya hanya mengenal dan merasakan memiara bibit puyuh produksi PT.

UMUR PUYUH.

Umur puyuh semakin tua, produktivitas semakin menurun. Begitu yang saya alami dari bibit produksi PT selama ini. Jadi kalau maksimal persentase produksi pada masing-masing umur sudah tercapai, saya kira hanya keajaiban yang bisa meningkatkan produktivitas, dengan meremajakan kembali organ-organ produksi telurnya.

Lantas bagaimana cara memaksimalkan produktivitas puyuh, yang berarti meningkatkan produktivitas puyuh yang belum maksimal? Sebenarnya sudah banyak dibahas di postingan-postingan maupun komentar-komentar sebelum ini.
Namun bisa dibahas lagi di postingan selanjutnya.

Salam.
[Puyuh Jaya]

Iklan

3 responses to “Cara Meningkatkan Produktivitas Puyuh?????

  1. bagaimana cara meningkatkan produksi telor yg turun hingga dibawah 50%?????????? toloooooooooooong ya………hampir stres nih !!!!!! keterangan: umur puyuh 7 bulan, pakan dan vitamin fullllllllllll. kondisi puyuh sehat, gemuk , lincah…..pokoknya siiiiiiiip and top markotop !

  2. asalamualaikum pa mohon maaf mengganggu pa saya mau brtnya sya pemula bru bbtp bln trjun d dunia puyuh brung puyuh sya bru berumur 3 bln tpi ko pndptn telur nya ridak maksimal y pa gmna supaya produktivitas nya optimal kembali

  3. Produksi telur tidak maximal. Puyuh umur 9 minggu, bagaimana cara meningkatkan produksinya, kondisi kandang termasuk bersih dan terawat, apakah perlu ditambahkan suplemen ? Apabila iya Merk apa ? Saya termasuk masih pemula dlm memelihara puyuh mohon jwban trimkadih

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s