Quail Farm dan Singkatan DOQ [Warung Kopi]

Beberapa bahkan sering saya membaca tulisan Quail Farm. Mulai dari Lanang Quail Farm, Slamet Quail Farm, dan masih banyak lagi farm-farm lain yang bergerak dalam bidang quail. Mungkin suatu saat bisa saja ada AOE Quail Farm, Accept Order Export Quail Farm. Hehehe… World wide mail order service…

Kalau boleh saya mencoba mengartikan, farm itu makna luas dari peternakan. Jadi (IMHO) Quail Farm adalah usaha agribisnis yang mengkhususkan pada bidang quail atau puyuh.

Lho, wonten menopo kok kulo kadingaren posting sok onten boso linggise?
Mangkih kemawon saged kulo matur.

Mengenai masing-masing kata perkata dari quail dan farm, coba ambil dari http://www.definitions.ws/

Quail: Any gallinaceous bird belonging to Coturnix and several allied genera of the Old World, especially the common European quail (C. communis), the rain quail (C. Coromandelica) of India, the stubble quail (C. pectoralis), and the Australian swamp quail (Synoicus australis).

Farm: cultivate by growing, often involving improvements by means of agricultural techniques.

Sudah. Silahkan jika ada yang berkenan menerjemahkan. Lewat google translate, saya malah bingung. Mungkin beberapa idiom dan citarasa bahasa menjadi pendukung untuk menerjemahkan kata-kata asing seperti itu.

Ada kata quail, saya jadi inget dengan DOQ, bibit puyuh. Ada mirip-mirip dengan DOC. Apa singkatannya bisa disamakan ya? Perbedaan hanya pada C dan Q. Kalau DOC singkatan dari Day Old Chicken bibit ayam, bisa jadi DOQ singkatan dari Day Old Quail bibit puyuh. Begitu juga bibit itik/bebek yang DOD, singkatan dari Day Old Duck. CMIIW. Mohon koreksi apabila ada kesalahan.
Tentu sepertinya tidak bisa lantas DOE Day Old Elephant bibit gajah, atau DOR Day Old Rabbit ya… Mungkin Day Old itu kaitannya dengan penetasan telur. Nah, yang dari telur atau egg ini sepertinya DOS juga masuk, DOS alias Day Old Snake bibit ular, asal tidak membelokkan bibit ayam DOC jadi Day Old Crocodile. Hehehe… Bibit buaya 😀

Meniko namung obrolan warung kopi, ngaler ngidul mboten kantenan.

Kembali kepada Quail Farm, bukan Crocodile Farm. Bisa saja bermakna luas, yaitu peternakan puyuh yang mengelola dari hulu sampai hilir. Dari pembibitan, silang persilangan, sampai penjualan telur maupun daging. Pokoknya diborong habis. Itu yang makna luas.
Lain lagi jika puyuhjaya quail farm, lha cuma produksi telur, tapi sepertinya masuk juga sebagai quail farm. Khusus produksi telur.

Yang paling penting juga mengenai quail adalah menuliskannya tidak terbolak balik. Coba kalau quail farm lantas salah ketik jadi quali farm, artinya peternakan quali, kuali, alat untuk memasak. Walau ada hubungannya juga. Segala usaha bidang puyuh ini ujung-ujungnya ya dimasak. Bisa di kuali atau tempat penggorengan.

Mari menggalakkan konsumsi telur puyuh. Rakyat sehat negara kuat. Bersama quail farm.

Salam.
[Puyuh Jaya]

Iklan

4 responses to “Quail Farm dan Singkatan DOQ [Warung Kopi]

  1. Quail farm dluwang 1. Quail dluwang 21 taksih dereng nungul.

  2. “Begitu juga bibit itik/bebek yang DOD, singkatan dari Day Old Day”

    D = Duck

  3. Hehe, iya Mas. Trima kasih. Segera saya edit.
    Ini eksperimen aja coba merayu mesin pencari pakai perujuk quail farm, quail. Tapi yang quail belum nongol di halaman 1.

  4. DOD = Day Old Dinosaurus
    auuuuuuuuuu hehe
    kemungkinan klo ada..

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s