Mengenal Komposisi dalam Pakan Puyuh Petelur

Mengenai syarat minimal komposisi pakan puyuh dalam postingan ini, saya ambil dari komentar Bp Puyuh Jepang di postingan terdahulu.

Berikut penjelasannya:

Masalah pakan puyuh khusus petelur memang harus memenuhi kualitas dan kuantitas pakan itu sendiri sehingga pengaruhnya sangat nyata terhadap produksi telur.

Nutrisi pakan harus mencukupi kebutuhan hidup puyuh petelur, produksi telur adalah produk akhir dari aktifitas metabolisme hidup puyuh.
Artinya: setelah terpenuhi kebutuhan hidup pokok, baru kemudian nutrisi yang ada baru dimetabolismekan untuk produksi telur.

Makanya syarat kandungan nutrisi pakan puyuh harus memenuhi sbb:

protein min 20%
lemak 5%
serat max 6%
Calsium 3 – 3.5%
Phosphor 0.5 – 0.7% dengan EM 2600-2700 kkal/kg.

Sekarang tinggal jenis bahan bakunya yang dipakai apa saja yang digunakan. hal ini lah sangat menentukan terhadap jumlah produksi telur yang dihasilkan. Tiap perusahaan menggunakan bahan baku yang berbeda-beda, makanya peternak sering gonta ganti pakan makanya produksi telurnya turun naik yaitu puyuh perlu adaptasi metabolisme pada tubuhnya terhadap pakan yang diberikan oleh pemilik ternaknya. Hal ini disebabkan setiap bahan baku pakan mempunyai nilai kecernaan (digestiblity), antinutrisi, defisiensi zat tertentu, dll.

Secara umum:
jumlah produksi dan atau besar kecil telur puyuh sangat ditentukan oleh jumlah asupan zat nutrisi (Protein,Lemak, Energi Metabolis, Air), Breed/strain, umur. (to be continued)

– – – – –

Iklan

12 responses to “Mengenal Komposisi dalam Pakan Puyuh Petelur

  1. Salam sjahtera buat semua,saya pemula untuk peternak puyuh,skrg sy br berani pelihara 250 ekor,skrg sdah berumur 48 hr tp belum bertelu,dari umur 1 samp 30 hr sy kasih pakan 311,semenjak umur 30 hr,sy cmpur mknannya dgng dedak halus + jagung giling + konsentrat,krna it ilmu yg sy trima dari peternak lain,yg mau sy tanyakan apkh cr pemberian pakan yg saya lakukan ini sudah benar,dan kenapa samp skrg puyuhnya blum bertelur jg,skian pak,ats ilmu dan sarannya sy ucpkan trima kasih.

  2. Maaf itu smua bahan bakunya apa aj dan takaranya spt apa? mhn pnjlasanya.mtur nuwun.

  3. Salam kenal pak,
    cm ingin mnanyakan ttg komposisi utk pakan puyuh diatas sptnya blm 100% ya, jadi utk melengkapi nya harus diberikan tambahan apa ya? karbohidratkah?
    Terimakasih sblmnya

  4. Puyuh Jepang, SP

    mhn maaf ini pak Nugroho, lulusan Teknisi Peternakan yang TUTP ya? salam kenal juga pak.

  5. salam kenal pak khususx puyuh jepang,maaf pak aku mau nanya mengenai rincian mencapur/mengkombinasikan konsentrak petelur dgn jagung giling dan dedak halus yang baik agar mendapat hasil telur lumayang khususnya burung puyuh,mohon penjelasannya pak soalnya aku peternak pemula…

  6. Asqum…
    ma’af sebelumnya, disini saya ingin bertanya tentang pengaruh pencahaya’an terhadap prodoktifitas ttelur …

  7. Konsentrat : 26 %
    Jagung gling : 35 %
    Dedak katul. : 35 %
    Tpung Kulit kerang : 4 %. _________________________________
    Total. : 100 %. Jika formula pakan ini untuk puyuh bagus bisa gak ya…mohon pencerahanya

  8. Konsentrat : 26 %
    Jagung gling : 35 %
    Dedak katul. : 35 %
    Tpung Kulit kerang : 4 %. _________________________________
    Total. : 100 %. Jika formula pakan ini di pakai untuk puyuh kandungan proteinya gmna ya ?bisa gak trus efeknya gmna?…mohon pencerahanya

  9. maaf pak pyuh jaya , saya mau tanya dg pak puyuhjaya , kosentrat yg tepat dan yg baik untuk puyuh telur itu merk apa pak dan dosis pemakaiannya berapa kilo untuk dedak 100kg mohn penjelasan pak sebelumnya terimakasih.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s