Mengenal STRES pada Puyuh

Sebelum beternak puyuh, saya dulu seringkali mendengar juga istilah STRES, pada ternak ayam pedaging. Katanya kalau ada suara mengagetkan yang keras, ayam bisa stres, nglabak-nglabak yang bisa mengakibatkan kematian.

Setelah beternak burung puyuh, ternyata STRES juga dikenal pada unggas yang dinamakan Coturnix Coturnix Japonica ini.

Seperti yang telah disampaikan Mas Sholehuddin di Forum Ternak.

Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab stres pada burung puyuh, diantaranya:

1. Pergantian musim atau perubahan cuaca yang ekstrim.

2. Pindah kandang dari starter ke grower, juga dari grower ke layer.

3. Pemindahan jarak jauh.

Akibat dari stres yang dialami puyuh petelur tentu saja penurunan produksi. Jadi hampir tidak dikhawatirkan kematian karena stres seperti halnya pada ayam.

Untuk meminimalisir maupun mengembalikan stamina tubuh burung puyuh, seperti yang disampaikan Mas Sholehuddin di ForumTernak.com antara lain dengan pemberian vitamin anti stres, larutan gula, atau ramuan herbal dan kunyit.

Untuk pemberian gula, dalam hal ini gula pasir, mungkin perlu saya tambahkan seperti yang disampaikan oleh petugas dari PT Peksi Gunaraharja, ukurannya sejumlah 1 sendok makan gula pasir untuk 10 liter air. Tentunya gula pasir lebih mudah dicairkan terlebih dahulu di air panas.

Pencegahan maupun meminimalisir tingkat stres pada puyuh, terutama diterapkan juga pada pemesanan puyuh yang siap telur. Jika puyuh baru datang, sebaiknya penanganannya seperti tersebut di atas.

Terkait dengan stres pada burung puyuh petelur, mengenai suara keras dan mengagetkan di sekitar kandang, bisa juga menjadi penyebab penurunan produksi. Namun tidak begitu signifikan. Apabila berakibatpun tidak seberapa dan relatif lebih cepat pulihnya.
Tentang hal ini sepertinya juga relatif sesuai dengan kondisi daerah dan lingkungannya.
Karena itu pada saat pembesaran, biasa dengan menghidupkan radio atau musik-musik yang menghadirkan suara berisik. Diharapkan setelah besar, tidak akan mudah stres dengan suara-suara.

Demikian mengenal tentang stres pada burung puyuh. Apabila ada masukan, kritik, maupun saran, tentu sangat diterima dengan sangat terbuka.

Terima kasih.
Salam semangat puyuh jaya.

[ puyuhjaya@gmail.com ]

Iklan

11 responses to “Mengenal STRES pada Puyuh

  1. saya pernah baca artikel di salah satu website, lupa websitenya karena artikel itu ditulis sekitar tahun 90-an, ada yg namanya grebek kandang, jadi pas puyuh masih starter di biasakan diberi kaget2an sperti memukul kandang/benda yg bunyinya kencang, bisa seng atau timba plastik di dalam kandang. saya sendiri belum pernah melakukannya. mungkin bisa dicoba.
    untuk stres berat, sya pernah melakukan pindah kandang, puyuh tibah2 kejang2 trus mati, dan ada sekitar 3 ekor seperti itu, kejadiannya cepat tidak sampai satu detik, tapi itu dulu waktu awal2 beternah, saya malah ketawa, soalnya lucu, tidak ada apa2 tiba2 brak brak brak mati 🙂

  2. Assalamualaikum rekan2 puyuh jaya.

    Selamat pagi semuanya. Waah… lama tdk hadir di blog ini krena gangguan jaringan, ternyata banyak ketinggalan materi, saya lihat di beberapa posting baru sudah banyak tambahan yang mudah2an semuanya bermanfaat. amin…, Pak Arif selaku juragan blog semoga terus eksis dengan tulisannya. Pak Solehuddin yang juga ikut meracik tanggapannya yang insya Alloh banyak manfaat, paduan yang cukup perfect dengan segudang pengalamannya untuk berbagi. semoga Alloh senantiasa memberkahi para pengusaha puyuh, khususnya puyuh jaya.

    Jadi tertegun, karena puyuh saya sampai saat ini belum terealisasi, masih nunggu kandang yang belum selesai.
    Salut untuk rekan2 puyuh jaya.

    Salam Puyuh…!

    • Waalaikumsalam Wr Wb, Mas Hamdani.
      Selamat malam 😀

      Pokoknya doa mendoakan aja ya, Mas. Semoga kita semua diberi kelancaran dalam segala hal.

      Semoga kandang puyuhnya selesai dengan sebaik-baiknya dan segera dapat dipergunakan.

      Salam sukses selalu.

  3. merek obat stress untuk puyuh apa yang bagus mas saya mau memisahkan puyuh yang terkena hypercalsium ma yang sehat?

  4. Saya baru bljr piara puyuh.skrng puyuh sy berumur sktr40 hr tp lom da yg bertelur.apa saya gagal dalam beternak puyuh.ada rencana nambah bibit tp saya takutnya tdk bertelur spt skrng.apa bibit saya msh kategori wajar apa saya gagal dalam beternak puyuh.trims

  5. maaf,skedar sharing…saya baru coba ternak puyuh…oper ternak seh…cuma stelah 3 hari di kandang rmah saya puyuh nya ga mau nelor lagi….1 butir pun ga ad?penyebab nya apa ya?padahal di juragan sebelum saya puyuh nya rajin nelornya?mohon pencerahan nya om?trims….

  6. asalamualaikum . puyuh jaya mohon maaf . saya mau bertanya cara mempertahankan produktivitas telur puyuh saat musim pancaroba gimana ya pa mohin pencerahan nya

  7. Saya mau bertanya umur puyuh baru 2bln d pembelian siap tekur
    Masalhnya puyuh lagi naik produksi telur tiba2 turun secara bertahap sampai sekarang terus menurun. Ampir 1bln saya terus berusaha dgn vitamin fortavit 3x sekali tp kenapa g ada perubahan. N cara kasih pakan saya robah dgn perbanyak konsentrat tp tetep.
    Dan terakhir saya kembali lgi kasih pakan seperti semula. Pakan murni sp 22 50kg. Bakatul beras 15kg. Konsentrat 35kg. Apakah merubah pakan ada dampak ke puyuh?
    2. Saya sering marah2 karna kesal. Saya pemula tetnak puyuh. Saya dah tanya kesana kesini solusinya tdk sesui m pakta.
    Tolong bantu

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s