Mengenal Beberapa Cara atau Teknik Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur

Sudah lama saya ingin posting hal ini, mengenai mengenal beberapa teknik cara pembesaran DOQ bibit puyuh petelur. Tetapi menunggu mendapatkan gambar-gambar dari masing-masing teknik tersebut, belum ada juga. Jika ada peternak yang sedang pembesaran dengan salah satu teknik, kebetulan saya yang tidak bisa. Sampai puyuhnya sudah besar, belum juga mengambil gambarnya.

Akhirnya tetap saya posting juga sekarang, tanpa gambar-gambar contoh. Mungkin menyusul saja, sekalian menceritakan detil-detilnya.

Teknik atau cara pembesaran DOQ puyuh petelur yang saya kenal ini, secara garis besar terbagi atas dua macam, yaitu litter dan battre. Namun saya kurang akrab dengan istilah-istilah tersebut, karena itu saya pakai istilah umbaran dan box untuk litter dan batre.

Beberapa macam teknik atau cara pembesaran DOQ bibit puyuh petelur yang akan saya sampaikan secara global, adalah dari yang pernah saya temui maupun ada juga yang tekniknya saya pakai sendiri. Dari masing-masing teknik berikut, kelebihan dan kekurangannya, saya kira lebih pada selera masing-masing peternak. Mengenai faktor kematian, sepertinya hampir tidak ada bedanya. Sampai puyuh sudah siap naik kandang, rata-rata kematian sekitar 10-20 ekor.

1. Cara atau Teknik Pembesaran DOQ dengan Box.

Ukuran box sekitar 50x75x200 cm. Untuk pembesaran 1000 DOQ bibit puyuh membutuhkan 4 box. Dua box pertama digunakan selama kira-kira 6-8 hari, selanjutnya dipisah menjadi 4 box sampai siap naik kandang.
Pemanasan teknik ini biasanya memakai listrik/lampu bohlam.

2. Cara atau Teknik Pembesaran DOQ dengan umbaran.

Cara ini mungkin disebut dengan batre. Yaitu bibit puyuh langsung disebar di lantai. Tentu saja dilapisi sekam.
Pemanasannya bisa dengan listrik / lampu bohlam, dengan gasolet / bahan bakar gas, atau mungkin ada juga yang memakai arang.

3. Cara atau Teknik Pembesaran DOQ dengan kandang bertingkat.

Teknik ini menggunakan kandang yang bentuknya mirip dengan kandang teluran. Namun sisi-sisinya rapat. Dinding-dinding memakai triplek.
Pemanasannya biasa pakai listrik / lampu bohlam. Dari bawah ke atas, daya pemakaian listriknya semakin kecil.

Demikianlah mengenal beberapa teknik atau cara pembesaran DOQ bibit puyuh petelur yang saya temui. Sedangkan saya sendiri memakai cara gabungan antara box dan umbaran. Jadi pembesaran didalam box terlebih dahulu sampai umur sekitar 6-8 hari, selanjutnya disebar di lantai. Pemanasan menggunakan lampu listrik.

4 responses to “Mengenal Beberapa Cara atau Teknik Pembesaran DOQ Bibit Puyuh Petelur

  1. Saya sangat tertarik untuk memelihara burung puyuh, tetapi saya kebinguingan mendapatkan bibit puyuh. Dimana saya bisa mendapatkan bibit puyuh yang sudah anakan ( 1 hari) ?

  2. berapa harga puyuh siap telur? dan puyuh baru menetas?

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

