Ini Rahasia…!!! Alternatif Campuran Pakan Puyuh yang Top Markotop

Pada beberapa postingan lalu, pernah saya membahas tentang meningkatkan bobot atau berat telur puyuh. Yang mana tentang bagus tidaknya kualitas telur puyuh, salah satu parameternya adalah bobot atau berat telur, disamping warna kuning telur dan kerabang/kulit telur.
Untuk menjaga kualitas berat telur, diantaranya dengan memberi pakan yang berkualitas. Pakan ini lebih menekankan pada pakan pabrikan, buatan pabrik, bermerk, yang khusus untuk puyuh petelur.

Selama ini sebenarnya memakai pakan puyuh murni pabrikan sudah lumayan menguntungkan. Dijaga dengan harga telur yang (semoga) selalu bisa untuk membeli pakan, dan memberi sisa selisih yang banyak untuk peternak.

Namun bagaimana jika ingin menambah keuntungan dengan mencampur pakan alternatif yang jauh lebih murah dari pakan pabrikan dan tidak mengurangi kualitas telur puyuh?

Di blog lawas, saya pernah membahas juga tentang ‘kiat meningkatkan keuntungan beternak puyuh dengan mencampur pakan’.
Alternatif pakan campuran biasanya menggunakan dedak / bekatul atau jagung giling. Akibatnya tentu saja mempengaruhi kualitas telur. Bobot berat telur yang ringan, juga kerabang yang tipis, lebih mudah rusak jika diangkut jarak jauh, isi telur juga tidak penuh (kopong). Tentu saja ketahanan telur juga berkurang, atau lebih cepat kadaluarsa jika kualitas telur puyuhnya buruk. Itu akibat dari mencampur pakan murni PYP dengan alternatif.

Kualitas telur akan menjadi kekuatan daya saing di pasar. Seperti dulu pernah diceritakan, bagaimana konsumen banyak komplain tentang buruknya kualitas telur puyuh terhadap seorang agen pemasaran. Bisa-bisa konsumennya pada lari.

Lalu bagaimana mencampur pakan, tapi tetap bagus kualitas telur puyuhnya? Nah, ini menjadi rahasia peternak puyuh, ada campuran alternatif pakan puyuh yang terbukti tidak menurunkan kualitas telur. Apalagi jika perbandingan campurannya tidak begitu keterlaluan. Taruh kata membutuhkan 12 sak pakan puyuh per-minggu. Jika yang 10 sak adalah pakan murni pabrikan, sedangkan yang dua sak adalah pakan alternatif ini, lumayan sudah menambah keuntungan hampir Rp 200rb per-minggu. Tanpa kualitas produksi telurnya terganggu. Juga kuantitas atau jumlah produksinya tidak menurun. Bahkan dari hampir semua peternak puyuh pemakai campuran ini, umur produksi ternak burung puyuhnya tetap bagus, alias tidak terburu-buru minta apkir.

Harga pakan alternatif yang tidak saya sebutkan merk-nya adalah Rp 130rb per-sak/50 kg saat ini. Bandingkan dengan harga pakan puyuh pabrikan yang rata-rata Rp 225rb per-sak. Lumayan kan selisihnya?

Saya tidak menganjurkan untuk memakai campuran pakan puyuh ini. Iya kalau terbukti bagus, tapi kalau ada faktor lain yang mengganggu, lantas meng-kambinghitam-kan campuran pakan puyuh ini, saya jadi nggak enak di hati.

Silahkan melihat gambar / foto di bawah ini . . Itulah alternatif campuran pakan puyuh yang top markotop . . Berani mencoba?
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

65 responses to “Ini Rahasia…!!! Alternatif Campuran Pakan Puyuh yang Top Markotop

  1. andikrangga97@gmail.com

    klo didaerah tulungagung dmn mndptkan bran polar bos,mhn infonya,,,,,,,085233802297 andik

  2. gan tolong masalah pencampuran dg brand pollard /50 kg berapa kg brand pollard nya, atau gmn tolong infonya gan terimakasih

  3. saya pengguna pakan puyuh sp 22
    tapi tlr kadang bagus ladang ngga ,bagi mana ya?

  4. Saya masih belajar ternak puyuh..
    skrg menggunakan pakan QL
    saya masih ragu ingin campur dengan apa dan takarannya berapa..??
    mohon pencerahannya para senior…

  5. beli dmn itu pk?brand polar

  6. kalok daerah blitar ad agennya bos…?? di ps mana ya…

  7. Gan apa syarat untuk ikut kemitraan. Trims 085608497911

  8. kurang detai penjelasan nya pak,maaf alangkah bijaksana nya lagi apa bila secara detai pembahasan pakan yg bapak tulis d atas di kupas secara rinci baik cara mendapatkan produk apa saja campuran nya dan berapa perbandingan yang baik untuk pakan tsb

  9. kalau mo pesen daerah bandung bisa g bosss

  10. gan jika saya ingin menjadi distributor/agen brand polard apa syaratnya dan saya bisa menghubungi bpk ke no hp nya tlg bls di sms ke no saya 085232638308 trim ada di banyuwangi

  11. daerah pekanabru Riau dimana kita bisa dapatkan bran pollar itu gan??

  12. buat daerah Serang Banten dimana bisa pesan bran pollar gan?

  13. kalau tidak keberatan minta alamat atau no telp agen/distributor yang bisa dihubungi di daerah serang, terima kasih

  14. Memang susah buat dapat pakan pabrikan tapi murah untuk mencampur pakan murninya. Saya dapat pakan pabrikan sisa bukan rusak atau busuk ya, lumayan cuma 2500 per kg. Dicampur 30% sudah 1 bulan lebih tidak ada efek samping bahkan yang anakan sudah bertelor pada usia 47 hari. Produksi telornya antara 85 sampai 90%, jumlah telor per kg-nya sekita 95 butir. Tapi ya namanya makanan sisa susah carinya, kalau ada ya dipakai kalau gak ada ya pakai murni saja gak dicampur campur.

  15. mohon pencrahan, nama sy totok sy punya puyuh sbanyak 500 ekor telur yg dihasil kan hanya 250-260 tiap hari gman cara memkasimalkan hasilnya? y juga menggunakan ovastim sp untuk minumnya?

  16. brand polar kalo di daerah sy (wonogiri) biasa diberikan sbg campuran minuman utk ternak kambing dan sapi, harga per hari ini rp. 165.000,-

  17. Sugeng smk muh sumpiuh

    Kepengin pakan alternatif ini….brand pollar…..tapi belinya dimana ??

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]