Game Age of Empire Sumber Inspirasi Beternak Puyuh

Banyak hal bisa menjadi inspirasi dalam hidup ini. Tentunya inspirasi untuk melangkah pada hal-hal yang positif. Inspirasi bisa datang dari nasehat, dari bacaan, maupun dari berbagai peristiwa kehidupan itu sendiri. Setelah melewati satu proses yang disebut dengan perenungan. Selanjutnya adalah menjalankannya dalam tindakan nyata.

Sumber inspirasi kadang tidak diduga datangnya. Salah satunya adalah dari game di komputer. Age of empire. Game strategi yang menjadi bahan renungan, untuk kemudian menjadi peternak puyuh.

Kok bisa?

Saya harus bangga sebagai peternak puyuh. Ada yang saya bisa, anda tidak bisa. Tapi banyak yang anda bisa, saya tidak bisa. Begitu prinsip saya agar percaya diri dan mensyukuri kurnia kemampuan dari Ilahi. Dan itu ada sejarahnya.

Dulu, sebelum beternak puyuh, kegiatan saya dalam status tidak jelas. Tentu saja hasilnya juga: tidak jelas. Kemudian saat senggang, saya senang mengisinya dengan bermain game. Dan yang paling saya sukai adalah game strategi. Manfaat yang saya petik dari permainan game tersebut, yaitu: agar negara kuat, rakyat harus giat. Giat bekerja, tentunya.

Kekayaan negara dikumpulkan dari aktivitas rakyatnya. Mulai dari peternakan, perikanan, sampai kehutanan. Hasil kekayaan itu bisa disimpan sebagai cadangan penyimpanan kekuatan. Tapi juga bisa langsung untuk membeli alat-alat perang, maupun untuk membangun benteng pertahanan. Semakin kaya suatu negara, akan semakin kuat juga pertahanan dan alat-alat penyerangnya. Semua dilandasi dengan : rakyatnya yang giat bekerja. Tidak terbatas bekerja di dalam negeri, tapi diperbolehkan juga bekerja di wilayah milik negara lain. Asal masih satu pertemanan.

Age of Empire. Nama game itu. Dan saya paling suka main Byzantium. Kadang juga Aztec yang unik dan primitif dengan pendeta-nya yang sakti. Waktu itu game-nya masih Age of Empires versi lama. Entah yang terbaru bagaimana. Saya sudah lama tidak main game.

Dari semangat menjalankan sebuah negara dalam game tersebut, menggerakkan hati dan pikiran. Kalo saya seperti ini terus tanpa aktivitas, negara pribadi saya akan lemah. Kemudian terinspirasi dari kegiatan usaha rakyat dalam game Age of Empires, minat saya jadi tertarik pada bidang yang berkaitan dengan agraris.

Kali pertama usaha kayu, tapi berhenti karena faktor pembayaran. Selanjutnya sempat usaha memiara kambing dan sapi. Berhenti lagi karena keadaan harga yang tidak menentu. Kemudian saya melirik usaha per-unggas-an. Setelah berbagai unggas-unggasan, finalnya pada beternak burung puyuh. Sampai sekarang.

Begitulah game Age of Empire menjadi inspirasi beternak puyuh. Menumbuhkan semangat untuk beraktivitas. Menumbuhkan ide-ide kegiatan hidup yang positif.

Iklan

2 responses to “Game Age of Empire Sumber Inspirasi Beternak Puyuh

  1. met malam mas,sebelumnya, salam kenal,saya peternak puyuh pemula yg butuh bnyk sekali pelejaran dr mas,boleh nggak klo banyak tnya mengnai ternak puyuh yg detail mohon jawaban trim,s

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s