Gunung Kidul Bersiap Menjadi Kabupaten Sentra Puyuh

Barangkali banyak yang tidak tahu keberadaan kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten yang terletak dalam wewengkon provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Hadiningrat terletak di bagian selatan pulau Jawa. Garis batas selatan berupa jejeran pantai-pantai yang sangat indah dan mempesona. Namun sebagai pegunungan karst dengan bukit-bukit kapurnya, Gunung Kidul juga banyak dikenal sebagai kabupaten kering alias kekurangan air. Jika musim kemarau tiba, seringkali beberapa warga menjual ternaknya untuk membeli air.
Tapi itu dulu. Sekarang dengan adanya PDAM, sudah banyak daerah yang masuk jangkauan pipa dan teraliri air. Biarpun begitu, ya masih banyak juga yang belum mendapat jatah meteran PAM, bisa karena pipanya sudah rusak atau dirusak 🙂

Sebagai daerah yang sebenarnya kaya air, karena di bawah tanah banyak mengalir sungai-sungai dan bahkan ada telaga bawah tanah, namun belum bisa semua dioptimalkan untuk diangkat ke permukaan tanah. Karena itu ya tetep saja boleh dibilang Gunung Kidul sebagai daerah kering yang relatif sulit airnya.

Mengherankan.

Ada satu hal yang mengherankan dari daerah yang tandus dan banyak wilayah termasuk lahan kritis ini. Yaitu banyaknya peternak unggas. Daerah sulit air kok beternak unggas ?
Tapi demikianlah kenyataannya. Ternak ayam pedaging juga berkembang pesat. Dan tentu saja : peternak puyuh pun juga banyak dan semakin banyak. Bukankah itu mengherankan ?

Karena itu, Kabupaten Gunung Kidul bersiap menjadi kabupaten sentra puyuh. Jika tidak tingkat nasional yang jelas telah disandang kabupaten Blitar, Jawa Timur, ya cukuplah di tingkat Provinsi saja 🙂

Data-data Peternak Puyuh di Gunung Kidul.

Maaf, data-datanya terbatas. Namun beberapa yang perlu dipaparkan di sini antara lain :

  • Peternak puyuh yang tergabung dalam kemitraan ada sekitar 295 peternak.
  • Populasinya untuk saat ini yang produktif ada sekitar 600 ribu ekor.

Itu baru dari satu perusahaan kemitraan. Belum lagi ditambah dengan perusahaan kemitraan yang lain. TErcatat ada sekitar 5 perusahaan kemitraan yang bergerak di kabupaten GUnung Kidul.

Bersiap Menuju Kabupaten Sentra Puyuh. 

Dari jumlah populasi dan jumlah peternak. Bisa dihitung perkiraan hasil telur per-minggu, omset uang yang beredar, dan pendapatan yang diterima oleh warga Gunung Kidul Peternak Puyuh. Ditambah lagi dengan peminat yang pesan bibit : masih mengantri.

Jika berkembang dan terus berkembang. Apakah tidak mungkin jika Gunung Kidul bersiap menjadi kabupaten sentra puyuh ? ? ?

Iklan

2 responses to “Gunung Kidul Bersiap Menjadi Kabupaten Sentra Puyuh

  1. Perkenalkan saya adalah gudang jagung di kota Kudus – Jawa Tengah, adapun selama ini saya mensupply kebutuhan jagung untuk kebutuhan peternakan2, dalam skala tronton (25 ton).
    Bila diijinkan saya ingin diberi informasi mengenai 5 perusahaan kemitraan burung puyuh di gunung kidul, tentang alamat dan teleponnya. Terimakasih.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s