Masalah Pakan : Menjadi Hambatan Beternak Puyuh di Payakumbuh

Peluang usaha beternak puyuh di Kabupaten Limapuluh Kota terbuka lebar. Usaha tersebut berdampak ekonomi yang sangat menjanjikan bagi peternak pemula.

Buktinya, dengan memiliki seribu ekor puyuh saja, peternak bisa meraup untung hingga Rp50 ribu setiap harinya. Namun, peternak puyuh masih terkendala konsentrat pakan ternak.

“Usaha beternak puyuh masih menjanjikan, pasalnya produksi setiap butir telur unggas itu tak lebih dari Rp150, sedangkan harga jualnya tak kurang dari Rp200 per butir. Itu baru untuk seribu ekor puyuh,” ungkap peternak puyuh, Rodes Junaidi, di Tabek Panjang, Kecamatan Payakumbuh, kemarin.

Kendati menjanjikan keuntungan menggiurkan, namun jumlah peternak yang menekuninya tidak banyak bertambah. Penyebabnya diduga karena trauma dengan kega­galan beternak puyuh pada masa lampau.
“Beberapa tahun lalu cukup banyak peternak puyuh gulung tikar lantaran harga telur tak jarang anjlok hingga angka di bawah biaya produksi,” sebutnya.

Peternak yang memulai usahanya sejak tahun 2005 lampau itu, diawali dengan memelihara 1.000 ekor puyuh. Dalam waktu 6 tahun meningkat menjadi 24.000 ekor puyuh dengan produksi 12 ribu telur puyuh per hari. Pendapatan kotor yang diraihnya sama dengan Rp2.400.000 perhari. Usaha yang dikelolanya tersebut dibantu beberapa orang karyawan.

Menurut dia, saat ini potensi pasar telur puyuh jauh lebih besar dibanding kondisi enam tahun silam. Bila sebelumnya pemasarannya baru sebatas Pekanbaru. Kini sudah melebar ke berbagai kota di Riau, seperti Dumai, Duri. Selain itu juga ke Jambi, Kerinci dan Lampung dan berbagai kabupaten dan kota di Sumbar.

Hal senada juga dikatakan Ef (44) salah seorang peternak puyuh di Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguk “Saat ini populasi puyuh di kecamatan itu diperkirakan sudah men­capai 1 juta ekor. Bahkan seorang peternak ada yang memiliki hingga 20 ribu ekor. Namun, jumlah permintaan telur dari luar daerah masih belum terpenuhi,” tuturnya.

Meski kini ternak puyuh cukup menjanjikan keuntungan yang relatif besar, bukan berarti para peternak puyuh senantiasa bisa bernapas lega. Malah, kadang mereka tetap saja dihantui persoalan seperti ketersediaan pakan terutama kosentrat. Kalau bicara bibit, umumya peternak sudah melakukan pembibitan dan penetasan sendiri. Malah mesin penetasan dan kandang juga dibuat sendiri.

Namun, untuk kosentrat sampai kini masih didatangkan dari luar Sumbar. Jika ditanya, para peternak unggas ini berharap Limapuluh Kota benar-benar perlu memiliki pabrik konsentrat sendiri. Sedangkan untuk menekan harga produksi, kehadiran pabrik pakan di daerah ini juga diyakini akan menjamin kelancaran distribusi kebutuhan pakan ternak mereka.

“Kalau peternak masih tergantung penuh dari pabrik pakan luar, tidak tertutup kemungkinan munculnya masalah ketersedian bahan pakan ternak unggas itu. Sebab, bisa saja distribusi pakan ternak datang terkendala, akibat gangguan transportasi terutama dalam musim hujan yang sering membuat kerusakan, hingga memutuskan arus transportasi darat.

Ketua Komisi A DPRD Limapuluh Kota Ardi, sangat setuju didirikan pabrik konsentrat bahan pakan ternak unggas di Limapuluh Kota. [sumber: Harian Haluan]

15 responses to “Masalah Pakan : Menjadi Hambatan Beternak Puyuh di Payakumbuh

  1. halo pak…saya mau tanya ni…masalh pakn juga tapi masalahny cara pemberian pakn.gmna ya carany tuk bri pkn yng tepat pada puyuh,menurut umur puyuhnya dri masa dia anakn,remaja sampe dia dewasa….maaf ni pak soalnya saya baru bljr mhn bantanya….
    dan ini cara yng seblmnya saya pake tlng d koreksi.saya bri pkn tk anakn 5grm/hri itu sampe umrnya 1mnggu 10grmsmpe3mnggu dn sisanya 20grm.gmna mnrt bpk apa cara ini uda bnr klo salah tlng bntu sya…ehehehe……thankss ya pk……

    • Halo juga mas 🙂

      Sepertinya sudah sesuai standar itu, mas. Walaupun standar untuk dewasa adalah 22 gram per ekor per hari, tapi coba dilihat produksi telurnya dan kondisi puyuhnya. Jika sudah sehat dan hasil produksi bagus, barangkali 20 gram per ekor per hari bisa diterapkan.

      Trima kasih sama-sama . .

  2. assalamualaikum,wr,wb

    maaf pak saya mau bertanya :
    Di mana saya bisa membeli bibit puyuh terdekat yang bagus beserta harga/ekor, dan harga pasar sekarang 1 butir telur puyuh. lokasi rumah saya ada di pakan saptu arah Batang tabit.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Wassalamualaikum ,wr,wb

  3. pak saya berniat membuka usaha burung puyuh telur.pak saya dari ujung batu pasir pangarayan,pak saya mau tanya,kalau di daerah pekan baru,untuk agen pemasaran telur puyuh dimana ya,maksudnya yang memebeli telur puyh.mohon infonya ya,kalau bisa di emailkan saja ke alifazharrama10@gmail.com
    dan kalau untuk bibit bisa didapat dimana ya daerah pekanbaru…mhon infonya ya please ya…

  4. pak, saya memelihara puyuh sekarang umurnya sudah hampir 2 bulan, tapi kok belum betelur juga? apa ya pak masalahnya, pemberian pakan sudah sesuai anjuran yaitu 20 Gr/ekor/hari. mohon bantuannya ya pak?

    • Terima kasih sudah berkenan berkomentar bertanya di sini. Akan saya jawab sepengetahuan saya. Dan apabila ada pengunjung yang berkenan menjawab, saya persilakan dengan senang hati.

      Sudah umur dua bulan?

      Banyak faktor yang dimungkinkan bisa menjadi penyebabnya. Namun dari beberapa yang saya alami dan saya temui, biasanya dari faktor pakan. Yaitu kurang pakan.

      Standar pemberian pakan untuk puyuh petelur adalah 22 gram per-ekor per-hari. Tapi saya lebih suka memakai patokan 23 gram per-ekor per-hari, dengan maksud jika sisa, bisa untuk tabungan cadangan di minggu berikutnya.

      Jadi saya mohon meralat yang 20 gram, karena di bawah standar.

      Saran saya, dalam rangka perbaikan, mohon untuk mengenyangkan puyuhnya. Sementara tentang hasil, dipikirkan kemudian.
      Sambil diteliti, siapa tau ada penyebab yang lain.

      Semoga bermanfaat.

  5. Permisi pak.., saya mau bertanya kira” ada informasi untuk pemasaran telur puyuh di payakumbuh n harganya sekarang berapa?. (saya baru beternak puyuh) terima kasih.!

    • Trima kasih, sama-sama.
      Semoga ada yang berkenan berbagi informasi di blog ini, untuk pemasaran telur puyuh di Payakumbuh.
      Mohon maklumnya, semoga tidak mengecewakan, terus terang saya tidak paham.

  6. one_die8154@yahoo.com

    Dimana bisa saya dapatkan bibit puyuh petelur didaerah jambi Pak.??
    Tlg infonya kirim via E-mail ke one_die8154@yahoo.com
    Tks sblumnya pak..

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

