Harga Telur Puyuh 2011 Bersiap Mencekik Peternak [ Waspadalah !! ]


Harga telur puyuh.

Ya…. Harga telur puyuh merupakan kunci dari budidaya ternak puyuh petelur. Harga hancur, ternak puyuh bisa terancam hancur. Harga emas, ternak puyuh bisa panen emas. Itulah peran penting harga telur puyuh dalam satu rangkaian mulai dari produksi pemeliharaan, sampai ujung-ujungnya pada pemasaran.

Harga telur puyuh . . .

Harga telur puyuh . . .

Harga telur puyuh . . .

Sampai malam ini, masih saja terngiang-ngiang keterangan dan informasi dari pertemuan tadi siang. Salah satunya ialah membicarakan mengenai harga dan pemasaran telur puyuh nasional tahun ini, tahun 2011.

Ilmu titen. Orang Jawa sering menggunakan ilmu titen dalam beberapa hal. Ilmu yang berdasar pada “biasanya”. Yang terjadi biasanya dalam selang waktu lama dan berulang-ulang.

Demikian juga dalam beternak burung puyuh petelur. Ilmu titen diterapkan untuk harga telur. Dari bulan ke bulan, bertahun-tahun ya begitulah yang terjadi, kemudian menjadi patokan standar.

Begini patokan standar harga telur puyuh yang sudah menjadi semacam tradisi dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun :

Jatuh-jatuhnya harga telur puyuh dialami pada bulan-bulan dengan akhiran “ber”: September, Oktober, November, dan Desember menjadi bulan-bulan dengan harga buruk dan kadang mencapai harga terburuk, istilahnya “kabruk”..

Harga telur puyuh mulai merangkak naik dialami mulai bulan Januari. Puncak-puncaknya jaya harga telur puyuh terjadi pada sekitar bulan Juli.

Agustus mulai turun sedikit menyambut turunnya harga di bulan September hingga Desember.

Berdasarkan ilmu titen tersebut, biasanya pada bulan-bulan harga telur puyuh sedang jatuh, peternak meremajakan puyuh petelurnya.
Namun… malah sepemahaman penulis, sejak akhir tahun 2010 harga telur puyuh sudah mengalami keanehan yang un-predictiable. Tidak bisa diprediksi lagi. Pada akhir-akhir tahun 2010, harga yang biasanya jatuh masuk bulan dengan akhiran “ber”, malah waktu itu harganya lumayan tinggi.

Demikian juga dengan tahun 2011 ini. Ilmu titen yang mem-biasa-kan fluktuasi harga telur menjadi tidak berlaku lagi. Penyerapan pasar tidak bisa diduga. Ada apa ?
Sekedar informasi saja, sekitar empat bulan yang lalu harga telur puyuh yang saya rasakan mencapat titik rendah Rp 168 per-butir. Untuk saat ini harganya mencapai Rp 180 per-butir, tapi kadang juga Rp 176, Rp 178. Tergantung bobot telur puyuh. ( PT Peksi Gunaraharja sekarang membeli dengan sistem timbangan ). Entah berapa PT Peksi menjualnya keluar. Kalau dijual keluar di bawah harga beli ke peternak plasma, itu sudah biasa dilakukan PT dengan sistem jual rugi telur.

Kondisi harga telur puyuh yang sudah tidak bisa diduga lagi seperti sekarang ini menjadikan bertanya-tanya. Ada apa ?
Saya sendiri sama sekali tidak mempunyai basic ilmu ekonomi pemasaran. Sebagai peternak, saya memang konsentrasi full pada perawatan, pemeliharaan, dan produksi telur puyuh. Tentang pemasaran, sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab inti plasma. Akan tetapi apakah salahnya mengetahui tentang pemasaran. Syukur-syukur pemasaran telur puyuh dalam skala nasional.
Dengan mengetahui kondisi pemasaran akan membawa pada pemikiran positif dan ber-empati, bagaimana beratnya PT memasarkan telurnya di tengah-tengah ketatnya persaingan pasar. AKibat positifnya terhadap peternak plasma, tentu akan menjaga kualitas telur dan menjaga keloyalannya terhadap PT.

Berdasarkan informasi dari pertemuan kelompok kemarin, didapat keterangan bahwa pemain-pemain lama (yang besar-besar tentunya) sudah biasa melakukan koordinasi mulai dari produksi bibit sampai wilayah-wilayah pemasaran. Tentang produksi DOQ bibit puyuh petelur, berdasar dari jumlah populasi mereka. Jika dirasakan akan berlebih, solusinya dengan menahan atau mengurangi produksi bibit. Seperti halnya PT Peksi pun bisa sebanya-banyaknya memproduksi bibit puyuh petelur, apalagi pasar bibitnya sudah punya: yaitu peternak-peternak plasma dan calon-calon peternak yang mendaftar sedemikian membludak untuk saat ini.
Tapi apalah gunanya memproduksi bibit dengan besar-besaran yang otomatis bibit itu akan menjadi besar dan bertelur, dus akan juga membludaknya produksi telur…. Over produksi itulah yang menjadi dasar koordinasi antar pemain-pemain puyuh untuk menjaga stabilitas harga dan nasib peternak.

Produksi besar-besaran DOQ bibit puyuh petelur tanpa diimbangi membuka ceruk-ceruk pemasaran atau memperlebar penyerapan pasar, bisa diduga apa yang akan terjadi . . . Harga telur puyuh akan jatuh dan remuk. Siapa lagi yang akan menjadi korban ? Tentu peternak.

Karena itu saya sebagai peternak kecil kelas bawah, hanya bisa menghimbau tanpa dasar keilmuan pemasaran, agar pemain-pemain besar nasional ada yang mendengar dan memperhatikan nasib peternak. Semoga bisa menjaga stabilitas harga telur puyuh dan perluasan pangsa pasar.
Karena itu untuk para peternak, semoga tetap waspada dengan harga yang tidak bisa diprediksi tahun ini. Bahkan hampir tidak pernah terjadi harga telur puyuh berada pada posisi di bawah harga telur ayam. Tapi untuk sekarang, harga telur puyuh jauh di bawah harga telur ayam. Kondisi yang aneh.

Memang begitulah…. pasar itu bisa bersifat bebas.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

43 responses to “Harga Telur Puyuh 2011 Bersiap Mencekik Peternak [ Waspadalah !! ]

  1. Assalamualaikum……..kl peternak mandiri seperti sy mungkin selain memasok untuk langganan kita,bisa juga masuk ke pasar malem yg melayani para penjaja keliling/melijo.meskipun pasar hanya buka mulai dari jam 2 sampe jam 6 pagi,tp kl kita melayani 2 pasar saja,insyaAllah tidak akan kebingungan kl populasi masih di kisaran 10.000 ekor….ini untuk menambah penghasilan.maaf kang arief…ini pengalaman pribadi tanpa dasar keilmuan pemasaran sama sekali….salam ukhuwah selalu.

  2. gimana cara yang baik untuk ternak puyu yang baik yang bisa menguntukngkan bagi kita pakai kemitraan atau pribadi dalam beternak……trims

    • Masing-masing ada untung dan ada ruginya. Masing-masing juga ada kelebihan dan ada kekurangannya. Silahkan berkunjung di postingan saya terbaru ini . . Trims sama-sama

  3. as.kum dan salam knal
    bagaimana cara meningkatkan mutu dan berat telur puyuh?trims

    • Walaikumsalam.

      Saya sendiri tidak berani memberi tips yang pasti. Tapi mungkin dari yang saya perhatikan selama ini, mutu dan berat telur, lebih dipengaruhi oleh kualitas pakan. Sementara ini yang bagus pernah saya coba, merk comfeed, sierad, malindo, patriot, shinta.

      Kemudian juga memakai obat antistres.

      Tentang terlalu terbukanya rumah induk, saya tidak berani memastikan.

      Terima kasih . .

  4. apakah atap rumah induk juga pengaruh ea mas?sebabnya gini,kakak saya jga ternak puyuh,di menggunakan atap genteng,sedangkan saya menggunakan atap esbes,kami pakai pakan yg sama,campuran yg sama dan juga air dari sumur yg sama,karena rumah induk kami bersebelahan,namun kenapa berat telur puyuh saya setiap 10kg ada 11 etre,sedang punya kakak saya setiap 10kg cuman 10 etre

    • Trima kasih diskusinya, Mas Bambang.

      Memang tentang berat telur, penyebab pastinya saya sendiri belum menemukan. Tapi selama ini lebih terkait pakan.

      Tentang atap rumah induk, saya kira tidak masalah. Namun ada satu yang jadi perhatian saya, tentang hawa udara / angin di dalam kandang.

      Secara teori memang tidak boleh terlalu pengap. Akan tetapi saya pernah mengalami, berat telur dalam 1 ikat (900 butir) belum juga sampai 10 kg. Saya curiga rumah induk anginnya terlalu leluasa, kebetulan juga pas mbediding (musim dingin). Itu karena segitiga rumah saya copot.

      Kemudian segitiga itu saya pasang lagi, tidak berapa lama, bobotnya jadi 10 terus, sampai sekarang.
      Mungkin bisa dicoba.

      Oiya, faktor umur juga pengaruh.
      Antara punya Mas Bambang dengan punya kakak, umurnya sama atau tidak ya?

  5. klo masalah umur cuman beda 3hari,ketepatan pada waktu order kakak saya tidak kebagian,trus ngambil di tempat pembekal yg berbeda,
    trimakasih atas semua infonya mas,,,

    • Terima kasih, Mas Bambang, berkenan melanjutkan diskusi. Bahkan sangat kebetulan sekali, saya baru ingat kejadian serupa menimpa teman peternak di daerah Imogiri, Bantul, DIY. Baru saja saya telpon. Saya tanya, ternyata atapnya pakai asbes juga.

      Jangan-jangan atap asbes, berpengaruh juga terhadap bobot telur. Ini menjadi wacana yang menarik.

      Ceritanya begini, Mas Bambang.
      Temen saya ini dulu ikut kemitraan puyuh pt peksi gunaraharja. Namun hanya sampai 6 bulan. Tidak tahan dengan harganya. Karena bobot telurnya yang sangat memprihatinkan, otomatis harga perbutirnya juga rendah.

      Sampai umur 6 bulan, dihitung-hitung merugi. Mosok puyuh 3000, per-minggunya hanya dapat paling banyak 200ribu rupiah.
      Berbagai cara sudah dilakukan. Bahkan sampai memberi jamu. Yang ahli2 dari karyawan PT pun belum menemukan sebabnya. Termasuk cara-cara yang biasa saya lakukan juga sudah diterapkan. Tapi tidak ada hasilnya.
      Akhirnya keluar dari PT.

      Setelah saya tadi telpon dan ternyata atapnya juga asbes. Ada kemungkinan atap asbes berpengaruh juga. Hawanya memang lebih pengap dan panas dibanding dengan atap genting.

      Tentang kepastian berpengaruh atau tidak, saya sendiri belum berani menjadikan sebagai patokan atau kesimpulan.

      Terima kasih.
      Salam puyuh . .

  6. Ping-balik: Cara Meningkatkan Kualitas Bobot Telur Puyuh | [PUYUH JAYA]

  7. matur swun mas,sangat menambat pengetahuan saya,maklum saya bisa di bilang baru di bidang ternak puyuh,masih membutuhkan,dan informasi dari yg udah senior

  8. matur swun mas,sangat menambat pengetahuan saya,maklum saya bisa di bilang baru di bidang ternak puyuh,masih membutuhkan, informasi dari yg udah senior

  9. Terima kasih infonyashg menambah wawasan saya peternak pemula

  10. wahyu budi setiawan

    salam kenal ,malam mas sya peternak pemula baru hampir 3 minggu baru mencoba 300 ekor puyuh petelur … yang saya tanyakan arah mata angin / rumah / kandang puyuh yang ideal menghadap kemana mas …? sy tgu jawabanya tks banyak mas

    • Salam kenal juga, Mas Wahyu.
      Terima kasih komentarnya.

      Mengenai posisi atau letak rumah induk dalam ternak puyuh, sepertinya penting juga diperhatikan. Sinar matahari yang cukup “memanasi” rumah induk, saya kira berpengaruh juga terhadap kesehatan puyuh. Antara lain terkait dengan tingkat kelembaban di dalam kandang. Kandang yang kering dan sehat, tentu juga akan lebih membantu puyuh dalam berproduksi.
      Mengenai menghadap ke arah mana untuk mendapatkan sinar matahari cukup, saya kira lebih tergantung mengikuti posisi dari masing-masing lokasi dimana rumah induk itu didirikan.

      Selain tingkat kelembaban (cara tradisional hanya dari kira-kira), faktor pencahayaan juga penting diperhatikan. Jika lokasi terlihat gelap pada siang hari, tidak mengapa siang hari pun juga diberi lampu penerang. Hitungan listriknya tidak rugi dengan optimalisasi produksi telur puyuh. Daripada suram tapi produksi kurang??

      Mengenai angin, saya kira lebih pada tingkat kerapatan dinding rumah induk. Hal yang ini saya belum mempunyai patokan standar yang berlaku umum. Masing-masing peternak mempunyai anggapan sendiri-sendiri. Ada yang berpendapat akan lebih bagus jika kandang terbuka lebar, angin bebas masuk.
      Tetapi kalo saya sendiri berpendapat lebih pada membikin dinding agak rapat. Asal tidak kebangeten yang membikin pengap. Angin-angin tetap perlu.
      Soalnya pernah salah satu rumah induk bagian atasnya menghadap selatan, angin sangat leluasa masuk, kok hasil telur kurang maksimal, bobot telur juga memprihatinkan. Lantas saya perapat lagi, ternyata hasilnya bagus.
      Mungkin karena daerah saya sedang musim dingin yang anginnya banter sekali.
      Tentang angin ini, mungkin tergantung bagaimana kondisi masing-masing daerahnya ya, Mas. Jadi tidak bisa digeneralisasi.

      Silakan diperkirakan. Semoga bermanfaat.

  11. aslm ..
    salam kenal mas..
    aq putra di tulungagung,
    saya pngn usaha puyuh nih sekarang…mungkin skitar 1000 dulu..
    lha…untuk setting kandangnya gmn mas?saya masi awam tentang puyuh
    tolong dbantu yakk…

    • Wlkmsalam…
      Salam kenal juga, Mas Putra.

      Trima kasih untuk minatnya beternak puyuh.

      Mengenai setting kandang puyuh petelur yang biasa saya pakai, sampai sekarang belum sempat juga posting detil cara membuatnya.
      Banyak sekali model, bentuk, dan desain kandang. Namun sebagai gambaran bentuk / model kandang yang pernah langsung saya temui maupun saya pakai, silahkan menengok link-link berikut, sekedar untuk gambaran saja:

      Model Kandang Puyuh Serba Bambu http://wp.me/phfJh-17O

      Kandang Puyuh Petelur Facelift http://wp.me/phfJh-173

      Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur http://wp.me/phfJh-ud

      Model Kandang Burung Puyuh yang Ideal http://wp.me/p1FZ9w-10

      Semoga bermanfaat.

  12. saya punya anak puyuh umur 1, 2 minggu dan remaja, yang berminat hubungi Komari, 08123020878, Mojokerto, Jatim TRIM

  13. SAya punya banyak anak puyuh, yang berminat hubungi Komari, 09123020787, Mojokerto, Jatim. TRIM

  14. ass…nuwun sewu sakderenge badhe tumut rembakan perkawis kandang induk,ingkang nate kulo mangertosi saking dulur lintu bahwa proses pengikisan/perubahan kotoran dari basah menjadi kering dalam artian tenggang waktu kotoran sebelum dibuang/dibersihkan akan terus mengeluarkan uap yg disebut dengan istilah (gas octan),jika gas ini tidak bisa lngsung keluar dengan cepat dari kandang otomatis gas berputar dan terhirup oleh aset kita itu,jadi bukan hal yg mustahil itu akan mengurangi produktivitas,malah jika burung kita kurang sehat maka siap2 aset berharga kita itu akan mengalami dampak terburuk yaitu mimisan…!

    sakmonten riyen saking kulo mugi saged paring manfaat

    NB: kagem pak/mas komari no telp pundi leres…?

    jazakumulloh….!

    • Waalaikumsalam… Monggo, Mas Rofiq.
      Kleresan ugi matur nuwun kerso paring pangandikan.

      Terima kasih informasinya mengenai adanya gas octan, uap dari kotoran puyuh.
      Di mata juga sampai terasa pedes. Bisa dibayangkan jika terlalu lama terhirup oleh puyuh piaraan.
      Terima kasih juga mengenai rumah induk. Sangat penting mengukur sirkulasi udara agar tidak sampai terasa pengap.

      Namun kalo boleh saya bercerita sedikit. Gas octan sepertinya bisa agak berkurang, gas yang membuat mata pedih juga sepertinya relatif bisa hilang. Waktu itu, minuman puyuh saya campur dengan EM4.
      Saya curiga, jangan-jangan EM4 itu yang ikut memperkuat daya tahan puyuh, hingga sampai umur 18 bulan. Akhirnya saya apkir, karena kematian sudah meningkat tajam, karena dubur yang menghitam. Kualitas telur juga buruk, kerabang tipis dan mudah pecah, biarpun pakannya bagus.

      Tapi saya belum berani memastikan sebagai efek positif EM4.

      Terima kasih berbagi pengalaman dan manfaat. Selalu saya tunggu lagi informasi dari Mas Rofiq.

      Salam sukses selalu.

  15. ass…kagem bapak/mas KOMARI mbok bilih mboten keberatan panjenengan posting alamat inkang lengkap n insya” Alloh mbenjeng menawi siyos tindak dhateng tuban mantuke kulo mampir…!

    kagem mas ARIEF jazakumulloh…………!

  16. Aslm..
    Salam kenal mas..
    Mo tanya mas.. kotoran puyuh basah karena pengaruh apa ya mas?
    Cara ngatasinya gmn?

    • Waalaikumsalam..
      Salam kenal juga, Mas Rizal.
      Trima kasih komentar dan kunjungannya.

      Sambil menunggu masukan, barangkali ada yang berkenan berbagi pengalaman mengenai hal ini, saya akan coba mengulas.

      Untuk kotoran yang basah, selama ini ada dua macam dari yang saya amati:
      1. Basah encer
      2. Basah menggumpal.

      Sementara dari pengamatan juga, penyebab basah ada beberapa faktor:
      1. Dari cipratan air minum.
      2. Adanya larva.
      3. Sifat kotoran puyuh yang sedang basah.

      Untuk penyebab pertama, sudah jelas termasuk penanganannya.
      Untuk penyebab kedua dan ketiga, kalo saya hanya bisanya memperpendek jangka waktu nimpal (pembersihan kotoran).

      Khusus untuk penyebab ketiga, ini yang saya sangat menunggu masukan dari yang lebih paham mengenai biologis burung puyuh, mengapa kadang ada suatu waktu kotorannya basah.
      Ada yang berpendapat, kotoran puyuh basah menjadi indikator produksi puyuh sedang bagus. Namun saya belum begitu bisa menerima pendapat tersebut. Walaupun bisa jadi iya.

      Sementara hanya demikian batas pemahaman saya.

      Salam sukses selalu.

  17. ass…kagem pak arief ngapunten ingkang sanged sakderenge,intensitas kulo lngkung katha dhateng margi/luar kota keranten bidang pakaryan kulo dhateng transportasi dadose mboten tamtu wekdal kangge mbikak internet,keranten sebab meniko kulo sering nyuwun no hp dhateng knco2 kersane saged komunikasi sak wayah2,tp kulo kinten mboten dados menopo meskipun namung kagungan wekdal sekedik menawi saged nyiasati insya” Alloh saged ndadosaken manfaat,kulo ngaturaken puji syukur ingkang agung smpun dipanggehaken dulur2 sae ingkang sami kagungan tujuan luruh ilmu,mugi Alloh paring rohmat dhateng keluarga panjenengan sedoyo…!
    insya Alloh menawi mboten wnten udzur dinten jumat kulo badhe tindak dhateng dhalemipun pak sholehudin jember,nyuwun agungipun pangapunten mbok bilih wnten wicantenan kulo ingkang lepat…!
    jazakumulloh…..

    • Waalaikumsalam wr wb, Pak Rofiq.

      Mboten dados menopo babagan wekdal mbikak internet. Ingkang baken, kanthi lelandasan silaturahmi, mugi sedoyo pikantuk rahmat ugi barokah ingkang ageng.
      Mugi tansah lancar lan gangsar anggenipun aktivitas bidang transportasi. Tanah pinaringan sae mboten wonten rubedo menopo kemawon. Pikantuk rejeki ingkang berkah, murakabi kagem sedoyo keluargo, manfaat fidunya wal akhiroh.

      Nderek remen ugi Pak Rofiq kerso nambah silaturahmi pinarak wonten dalemipun Pak Sholehuddin. Ugi Pak Sholehuddin kerso mbikak langkung wiyar kori ni pun silaturahmi.
      Ing pangajab, sedoyo saged tansah langgeng ing pasedherekan.
      Mbok bilih mboten ngrepotaken, nyuwun tulung ndherek kintun salam kagem Pak Sholehuddin.

      Sami kemawon, kulo ugi nyuwun pangapunten sak upami ngantos wonten kelepatan.

      Jazakumullah…

  18. ass…insya Alloh menawi mboten kesupen pasti kulo ahturaken salam panjenengan,nyuwun pandungonipun kersane kulo saged pikantuk bibit ingkang sae kangge miwiti babagan meniko,ugi kagem sedoyo dulur mbok menawi kagungan informasi mengenai bibit petelur monggo kulo tenggo informasinipun…!

    sembah nuwun kanthi sanged n jazakumulloh….!

  19. aslm..salam kenal , sy dengan yus dr tangerang.klo mau tau harga telur puyuh berapa / kg ? dan ada yg didaerah sy ga?tks

  20. mas mau tanya harga anakn puyuh yg umur 3 hari berapa?

  21. saya sangat berminat untuk menekuni kegiatan ini, semnetra memuaskan diri dulu dengan mempelajari keberhasilan dan kegagalannya

  22. salam kenal, saya handoyo dari trenggalek mau tanya untuk produksi telur puyuh itu maksimal berapa persen, masalahnya saya ternak puyuh sekitar 3200 ekor tapi produksi telur setiap hari cuma 2250 butir, untuk memaksimalkan produksi bagaimana caranya, dan untuk pemasaran telor juga belum maksimal karena masih pedagang lokal, mohon informasinya…..trims

    • Salam kenal juga, Pak Tri Handoyo.
      Terima kasih berkenan singgah.

      Mungkin ada yang berkenan menanggapi, dipersilahkan.
      Adapun mengenai produksi puyuh, berarti sekitar 71%. Umuran berapa ya, Pak?

      Mengenai memaksimalkan produktivitas puyuh, pernah saya postingkan di https://puyuhjaya.wordpress.com/cara-meningkatkan-produktivitas-puyuh dan artikel yang terkait.
      Sepemahaman saya, intinya adalah keterkaitan erat antara kualitas bibit, kualitas masa pembesaran, juga perawatan dan pemeliharaan selanjutnya. Faktor umur juga berpengaruh. Selain melihat juga faktor perkandangan dan rumah induk.

      Mengenai pemasaran. Silahkan kunjungi https://puyuhjaya.wordpress.com/pemasaran-telur-puyuh
      Siapa tau mendapatkan inspirasi dan informasi yang bermanfaat.

      Salam hangat dan tetap semangat.

  23. Pada prinsipnya smua usaha itu sama, tergantung konsistensi kita sendiri. Ketika kita sadar dg apa itu yg dinamakan kesuksesan, makan kita akan galih sitiap sumber dari kegagalan.. Trims

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

