Cara Mengobati Penyakit pada Puyuh Menggunakan Madu dan EM4

Berbagai macam penyakit pada puyuh demikian menjadi penghambat yang bisa sangat mengganggu dalam budidaya ini. Obat-obatan dan vitamin baik sebagai penanganan maupun pencegahan banyak diproduksi perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang tersebut. Tentu saja menjadi produk-produk sebagai salah satu sarana untuk upaya apabila puyuh piaraan sedang terkena penyakit.

Selain upaya pengobatan dan pencegahan dengan produk-produk yang memang sudah banyak dikenal sesuai dengan peruntukannya, beruntung ada masukan informasi via komentar dari Bp. Prio mengenai penanganan berbagai penyakit pada burung puyuh menggunakan madu dan EM4.

Silahkan disimak:

“”kalau saya pribadi punya resep untuk terapi puyuh yang sakit dengan cara alami dan bebas obat-obatan kimia.

kombinasi madu dan Em4.

caranya:
larutkan 1sendok makan madu ditambah 10 ml EM4 ke dalam 1,5 liter air.
berikan kepada puyuh yang sakit selama seminggu.
Insya Allah penyakitnya akan berkurang dan puyuh kembali sehat.

ya Insya Allah. madu sangat efektif untk membunuh virus dan bakteri jahat, sedangkan Em4 berfungsi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran pencernaan puyuh. Insya Allah kombinAsi madu dAn em4 ini dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus dan bkteri seperti tetelo, berak kapur, snot, dll.

slamat mencoba…”

==

Sumber: http://puyuhjaya.wordpress.com/2011/12/21/kasus-penyakit-puyuh-snot-diduga-karena-perubahan-cuaca-dari-bp-deddy-lumajang-jatim/comment-page-1/#comment-2983

==

Artikel Terkait:

Khasiat Madu dan Beternak Burung Puyuh untuk Menjaga Kesehatan – Luar Biasa

Penyakit Snot (Coryza) pada Unggas Ayam Puyuh – Pengenalan – Pengobatan – dan Pencegahan

42 responses to “Cara Mengobati Penyakit pada Puyuh Menggunakan Madu dan EM4

  1. Oh..ya, Saya juga punya pengalaman kemaren, melakukan pengobatan puyuh yang terkena virus Hi dengan memberikan pengobatan alami yaitgula aren 0,25 Kg di tambah vitastress 0,25 sdk teh untuk 10 liter air, diberikan selama 4 hari berturut di pagi hari. Alhamdulillah, puyuh kembali sehat dan kapasitas telur kembali meningkat. Ternyata yang alami juga lebih ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit pada burung puyuh…

  2. ok makasih buat yang mau berbagi pengalaman pribadi tentang penanganan puyuh sakit

  3. met sejahtera,,, maaf bang mifta,, nie aku mau tanya,,, garam itu apa termasuk bahan untuk air minum kusus burung puyuh,,, ?cz kemaren aku coba air minum puyuh, saya kasih campuran garam sedikit, n produksi telurnya sdikit meningkat,,, tolong penjelasanya ea bang mifta?? maksih sebelumnya

    • Ya. Mungkin yg kita maksud disini adalah garam dalam arti sempit yaitu garam dapur dengan rumus NaCl, bukan garam dalam arti kimia. Sebab secara kemis setiap percampuran larutan asam dg larutan basa akan membentuk garam, ini banyak sekali rumus kimianya.
      Memang garam dapur ini sangat dibutuhkan dalam tubuh makhluk hidup termasuk jenis unggas puyuh ini, sebagai elektrolit untuk berbagai reaksi biokimia dalam tubuh makhluk hidup dan dibutuhkan sangat sedkit sekali. Bila pemberiannya berlebihan akan sangat berbahaya bagi tubuh makhluk hidup karena garam ini bersifat higroskopis yaitu akan menarik air sel pada tubuh. Akibatnya tekanan osmosis meningkat makanya peran ginjal dipacu untuk menjaga keseimbangan mendekati isotonis , ini dilakukan dengan melakukan pembuangan melalui urine, oleh karena itu bila pemberian terlalu banyak garam dapur ini kotoran puyuh akan becek.

  4. mas puyuh jaya, mau tanya nih,, yang dimaksud EM4 itu apa ya bisa dijelaskan??.. maklum rada katrok ane kalo istilah seperti itu..

    • EM4 adalah singkatan dari efektif mikroorganisme 4. memang mengandung 4 macam mikroorganisme yang bermanfaat bagi makhluk hidup. ini termasuk jenis probiotik.

  5. ada yg bsa share pengalaman klo kotoran puyuh basah???..

    • mgkn kandang terlalu panas.jd puyuh lbh byk minum d bnding makany.
      Atw mgkn ksh pkan tlt.posisi tempat pkan tll tgi kurg sesuai ukurn tbuh puyuh.ne smw cm pglman prbdi sy.brgkali bs jd ptmbgn

    • Puyuh Jepang, SP

      pengalaman saya.pada pakan tambahkan premix. mohon maaf nich saya sebut saja merknya Rhodimix 22. dosis 5kg/1 ton pakan atau 250gr/50kg pakan.

  6. cba kasih amoxciilin boss..

  7. ow begitu to,,, maksih atas penjelasanya om,,, moga ini bisa buat referensi buat temen kita yang ternak,,, amiiinnn

  8. EM4 itu kalau di bahasa indonesiakan apa ya mas dan di mana diperoleh

  9. selamlar

    güzel bir makale tebr1kler arkadaslar

  10. KALO DIKASIH ANTISEP BISA SEMBUH GAK PAK

  11. pengalaman saya pertama kali beternak puyuh, puyuh saya banyak yang sakit atau sebagian besar sakit kira2 80% yg sakit..ciri2nya sepertinya terkena snot.saya sudah mencoba berbagai macam obat tapi tak ada perubahan…hampir saja saya putus asa padahal segala tabungan bahkan uang bulanan pun harus berhemat untuk pelihara puyuh. tapi alhamdulillah saya ketemu dengan seorang prof. dan menyarankan untuk diberi BIOTECH pada minumannya.alhamdulillah setelah berapa lama sembuh dah setelah 45 hari sudah mulai bertelur dan setelah umur 2 bulan sudah bertelur 85% dah setelah 3 bulan telurnya sudah mencapai 96% dan sekarang saya sudah mulai tambah isi kandang lagi dah sehat semuanya, tidak ada yg sakit

    • salam kenal sis.. share pengalamanya y, sy jg baru dan punya kasus sama dengan puyuh anda,, gmn cara menggunakan biotech dn ukuranya gmn, mksh..

      • salam kenal kembali pak gio…..tetep semangat ya…biotech itu saya campurkan pada air minum gemak….1liter air minum bideri 2 cc biotech, klo saya setiap hari saya beri minum biotech pak, jadi tidak perlu tambahan obat-obatan lain ataupun vitamin….insyaallah itu puyuh-puyuh pada sehat dan rajin bertelur, tar klo sakitnya agak parah puyuhnya itu tinggal ditetesin biotech satu tetes langsung ke mulut puyuh…insyaallah besok pagi puyuh sudah lincah kembali…maaf ya pak saya dah dipanggil2 anak saya….info bisa telp ke saya di 0878 3336 9416

  12. wah sy haru membacanya…dulu sy peternah sukses tp skarang sy beralih propesi…smoga sukses semua ya…

  13. makasih bngt u tman2 yg sudi brbagi pengalaman dg para pternak lainya .jelas2 sangat brguna apalagi bg peternak pemula kaya saya.salam sukss!!!!

  14. brpa byak modal pembibitan pyuh anda skitar 1000 ekorr ??

  15. mas sis mau nanya nih kalo nya kalo nyari biotech itu dimana ya….mksh

    • maaf sebelumnya karena saya salah ketik nama merk, sebenarnya yg untuk puyuh namanya herbivit, sedangkan biotech itu untuk mempercepat pertumpuhan ikan. herbivit tidak dijual bebas mas. Klo mau beli bisa lewat saya, saya merupakan sub agennya mas. atau bisa menghubungi saya di no 0818 0261 4020. Semoga sukses selalu bersama kita. Amien

  16. salam sjahtra buat smua. Klo puyuh sodara2 kena ND coba kasih rebusan temulawak yang dah diparut. Tunggu maksimal 2 hari, insya Allah dah pada lincah lagi

  17. salam…
    pak sis berapaan harga herbivitnya

  18. pak sis..untuk dibli8tar bel;iu herbivit dmn ya ?

  19. Adunk salam sejahtera kepada semua teman2 yg ada dsni, pak sya mau tanya, maksimal dalam satu kandang itu kta isi berapa , dan berapa perbandingan jantannya kalo jadi petelur. sekian dan terima kasi

  20. assalamualaikum….. pak …puyuh saya penyakitnya suka muter2.dan kepala selalu ke bawah… obatnya apa ya….

  21. puyuh saya banyak yg mati dgn ciri-ciri lubang anusnya bolong dan berdarah akibat dipatok puyuh2 lainnya,penyakit apa itu dan apa kira2 obatnya,tks?

  22. puyuh saya umur 10 hari dan masih diopen….kok selalu mengantuk dan menunduk terus, serta nafsu makan berkurang….obatnya apa ya…mksh…

  23. Terima kasih Bapak Prio dan kalau tidak keberatan mohon no hp nya Bapak

  24. kalau puyuhku telurnya ahir ini ada yg kecil2 padahal umur dah 6 bln. mohon sarannya agar telur kembali besar. makasih

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

