Puyuh Muda tidak boleh Diberi Pakan Petelur / Layer, Kenapa???

Beberapa kali kejadian yang saya temui, puyuh muda sudah diberi pakan petelur. Bisa dipahami maksud peternak tentu ingin puyuh piaraan secepatnya bertelur dan sesegera mungkin menuai keuntungan.
Berulangkali dijelaskan juga oleh petugas kemitraan, untuk pembesaran 1000 populasi DOQ burung puyuh petelur, idealnya membutuhkan 6 sak pakan stater. Setelah itu baru berganti pakan layer. Walaupun untuk sak yang terakhir atau setengah sak yang terakhir pakan stater dicampur dengan pakan layer. Bagaimana penjelasannya?

Masa pembesaran DOQ burung puyuh petelur adalah masa dimana terjadi “pembangunan” mesin produksi telur. Selanjutnya ada istilah “masak kelamin”, termasuk juga pembentukan organ-organ yang nantinya bekerja memproduksi telur. Organ-organ tersebut pernah dijelaskan Bp. Puyuh Jepang sbb: ovary / ovarium terdapat follikel tempat pembentukan kuning telur. sedang oviduct tempat perjalanan pembentukan sebutir telur lengkap.

Lalu apa akibat yang bisa terjadi apabila puyuh muda (anggap saja masih umuran 20 atau 21 hari) langsung diberi pakan layer / petelur??
Termasuk juga bagaimana jika pada umur 30 hari baru diberi pakan puyuh petelur / layer. Berikut ini Bp. Puyuh Jepang berkenan memberikan penjelasan terkait hal tersebut:

Anak puyuh diberi pakan pedaging cuma sampai 21 hari selanjutnya diberi pakan petelur, ini saya katakan sangat sadis. juga ada yang baru diberikan umur 30 hari baru kemudian diberikan pakan petelur, ini agak sadis. saya kira peternak pasti memperhatikan label penggunaan pakan layer (tertulis diberikan umur 5 atau 6 minggu keatas).

bila kejadian 21 hari langsung diberikan pakan petelur apa yang terjadi (lihat label-nya) Ca 3-3.5% apa yag terjadi? Mungkin terjadi:

a. Akan terjadi mengakibatkan nephrosis

b. Pembengkakan dlm usus (visceral gout)

c. Penimbunan Calsium urat dalam ureter

d. Kematian 10-20% akan terus terjadi sampai masa periode produksi

e. Terjadi hypercalsemia dan hypophosphatemia

f. Body weight menurun dan masak kelamin trhambat.

g. Produksi telur tidak akan mencapai puncak

Kalau kejadian umur 30 hari langsung diberi pakan petelur kejadian diatas mungkin tidak sehebat pada umur 21 hari. Di daerah saya memang ada peternak umur 30 hari diberi pakan petelur tetapi dicampur perbandingan 50 : 50 (petelur : pedaging) cara ini cukup aman, termasuk penghematan biaya pakan, kata mereka.
Demikian jawaban yang dapat saya berikan, mohon maklum bila ada salah.


Sumber: http://puyuhjaya.wordpress.com/2011/12/12/pakan-puyuh-merk-sp-22-sinta-paling-bagus-kok-bisa/comment-page-1/#comment-1317

About these ads

5 responses to “Puyuh Muda tidak boleh Diberi Pakan Petelur / Layer, Kenapa???

  1. sebenarnya berapa kg pakan puyuh yg di berikan satu hari untuk 100 ekor?

  2. selama ini saya memakai pakan starter ayam pedaging untuk anak puyuh,apa ada jenis pakan setarter khusus untuk anak puyuh?

  3. puyuh sy umur 4 mggu sudah tak kasih pakan petelur total.apa masih rawan

  4. pyuh umur 6 bln misal di kasih pakan pedagng..bole ndak?apa pengaruhnya

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s