Analisa Kandungan Nutrisi jika Pakan Puyuh Buatan Pabrik Dicampur Dedak Halus / Bekatul dan Jagung Giling

Mencampur pakan puyuh pabrikan dengan bahan alternatif seperti bekatul / dedak halus sudah biasa dilakukan beberapa atau peternak. Tentu tujuannya adalah menekan biaya pakan. Yang mana harga pakan pabrikan lebih sering tidak mau turun walaupun harga telur puyuh sedang turun. Selain untuk menekan biaya pakan pada saat harga telur puyuh sedang drop, di saat harga telur puyuh sedang tinggi pun, mencampur pakan puyuh buatan pabrik pun ada atau banyak dilakukan. Yang terakhir ini, tujuannya untuk meningkatkan keuntungan.
Sebab bahan-bahan alternatif untuk mencampur tersebut memang lebih murah daripada pakan puyuh pabrikan.

Namun apa akibatnya? Biasa kualitas telur juga lebih buruk (mungkinkah ada yang luar biasa?), selain itu kondisi pada puyuh sendiri juga tidak bagus akibatnya. Kenapa? Nah, berikut ini ada analisa kandungan nutrisi dan akibatnya jika pakan puyuh buatan pabrik dicampur dedak halus / bekatul dan atau jagung giling.

Kandungan nutrisi pakan puyuh buatan pabrik, tentu sudah dibikin sebaik-baiknya. Lalu bagaimana jika dicampur dengan dedak halus / bekatul dan atau jagung giling? Apa akibatnya?

Beruntung Bp. Miftah Farid, SP berkenan berbagi mengenai hal tersebut. Saya unggah dari kolom komentar beliau, saya sarikan menjadi demikian:

Pakan buatan pabrik dicampur dedak halus / bekatul dengan perbandingan 3:1

kandungan nutrisinya sbb.
perbandingan 3 pakan jadi : 1 dedak halus maka didapat kandungan nutrisi pakan sbb:
Protein 18%,
Lemak 7%,
Serat 6.75%.
Calsium 2.63%,
Phosphor 1%,
EM 2650 Kkal/kg.
sy komentari begini:

A. Jelas untuk protein terjadi kekurangan 2-4% hal ini dpt menyebabkan penurunan produksi telur (jumlah telur), kedua terjadi penurunan bobot telur.
B. Serat terjadi kenaikan, 1.7% ini berakibat kecernaan puyuh terhdp pakan campuran bpk menurun, pengaruhnya jelas pada produksi telur.
C. Calsium pada pakan bpk terjadi penurunan sebesar 1%, ini berakibat kerabang telur yg dihasilkan lebih tipis mudah pecah akibat yg fatal dikemudian adalah hypocalsemia dpt menyebabkan kelumpuhan, karena jumlah kalsium yg dibutuhkan untuk kulit telur dari pakan kurang, maka tubuh akan mengambil Calsium pada jaringan tulang (Ca-Phosphat dan Ca-Karbonat).
D. Energi metabolisme pakan bapak terjadi penurunan sekitar 50-100 kkal/kg. hal ini bisa merangsng proses glikoneogenesis, yaitu sebagian protein dan lemak pada tubuh puyuh diubah menjadi energi.

Pakan buatan pabrik dicampur dedak halus / bekatul dan jagung giling dengan perbandingan 3:1:1

Mengenai Formula pak Komari yg kedua 3:1:1 (pakan jadi: dedak:jagung) tidak terjadi bnyak perubahan nutrisinya, kecuali di Protein, Calsium ada penurunan efeknya sama spt diatas, namun untuk Energi metabolisme cukup bagus sehingga tidak khawatir terjadi proses glikoneogenesis karena peran jagung menyumbang banyak Energi pada pakan campuran

===#

Demikian analisa kandungan nutrisi jika pakan puyuh buatan pabrik dicampur dengan dedak halus / bekatul dan jagung giling. Disarikan dari komentar di http://puyuhjaya.wordpress.com/pakan-ternak-dan-permasalahan/comment-page-1/#comment-991

About these ads

34 responses to “Analisa Kandungan Nutrisi jika Pakan Puyuh Buatan Pabrik Dicampur Dedak Halus / Bekatul dan Jagung Giling

  1. malam smwny.slm sjhtera dan sukses untuk kita smw. Dsni sy mhon saran, sy prnah mencoba mencmpurkn sm2 pakan pbrikn.antra pkn puyuh murni dg pkan aym buras.tepatny merk QS dan R91.Dg pbndingn 1,5:1..tlur ckup bgus.tp blm tw efk kdpny apa.tlg bpk miftah dan smwny yg bkenan untuk membrikn pcrahn k sya.tentang efk dan kandungn nutrisiny.makch sblmy

  2. BELUM PERNAH MENCOBA FORMULA BAPAK AMAR JADI JUGA BELUM TAU

  3. QS dan R91 dengan perbandingan 1.5+1….telor cukup bagus. kalau baoleh tahu, bagusnya gimana ? produksinya berapa % ? kwalitas dan bobot telornya bagaimana ? barapa lama anda memakai campuran tersebut ? mohon penjelasannya.

    • saya memakai setengah tahun produksi 90%.cangkang telor normal.ukuran telur juga lumayan besar.gak ada telur yang mrojol.bobot 1kg isi 95-100 butir.y ne saya cuma blg yang saya liat.barang kali menurut rekan2 ada kekurangan mohon bmbinganya

  4. trima kasih mas amar atas penjelasannya, tapi saya kurang tahu tentang pakan buras R91 itu, apa itu sejenis dengan pakan buras goldcoin dan berapa harganya ? untuk perbandingan 1.5 : 1, apa itu berarti 1.5 sak pakan murni + 1/2 sak R91 ? saya memang sering dengar campuran tsb dan katanya, produksi dan kwalitas tlrnya buruk. tapi saya sendiri belum pernah coba. maka dengan adanya info dari mas amar, saya ingin membuktikannya sendiri. kalau boleh tahu apa sampai sekarang anda masih memakai campuran tsb ? kalau tidak kenapa ? apa kelemahan campuran tsb ? trims sblmnya.

  5. mas mendg gak usah.pke pkn murni j.stlh tk coba sndiri tk lyt pkmbganya jgka lm.oke lah kalo buat puyuh yg bibitnya bagus.kondisi ttp bagus.tp ne tak coba pd puyuh baru saya kurang puas.ne saya pake pkn murni buat puyuh yg baru.untuk puyuh yg pnh tak coba2 amp skrag dah sthun lbih mgkn tlurnya msh sekitar 75%n.

  6. oia kelemahanya telurnya agk kcil.cgkang keropos krna CAnya kurang.kl di cmpur lg mineral sch msh bs tp hrganya hmpir sm pkn murni.dr pd ribet mendg lgsg pkn murni j.toh slishnya gak jauh

  7. aq peternak puyuh yg msh pemula. sy campur 1 sak pakan jadi dicampur 30 kg katul n 10 kg jagung halus tapi dr 1000 ekor cuma menghasilkan 5 kg per hari. tlg dong aq biar bisa 8 kg per hari. tx

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      jelas g optimal pak. karena pakan jadi sudah tidak boleh dicampur lagi karena sudah memiliki nutrisi minimum yg diperlukan puyuh
      dari campuran pakan yg bapak berikan, kandungan nutrisi jadi menurun drastis
      PK : 14-15 % (kebutuhan puyuh min 17%)
      Ca : 1,5-1,6 % (kebutuhan puyuh min 2,5%)
      pakan jadi sebaiknya jg dicampur pak

  8. O gitu pak, padahal tiap pagi juga aq bri minum Estimulan. Klo aq ganti pakan jadi kira2 lama masa stress nya pak. Tx

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      eggstimulan hanya mengandung vitamin dan asam amino pelengkap atau pengganti jika kandungan dari pakan rusak, walaupun tidak pakai, tapi kualitas pakan bagus maka telur sudah cukup bagus, masa setress biasanya 7 hari

  9. salam peternak puyuh…
    menurut perhitungan saya mending di campur…
    dengan hasil 2 kali lipat pakan murni..
    tentu masa produksi berkurang.
    tapi mending waktu singkat dan hasil maksimal.
    daripada waktu lama hasil tak seberapa…
    dari campuran saya 1000puyuh bertelur 800-850butir…
    terima kasih

  10. buat mas adi kalo boleh campuran formulanya apa aja ya?boleh berbagi donk!truz produksi segitu dg menggunakan formula mas adi bs produksi berapa bulan

  11. permasalah peternak puyuh dari yg saya amati adalah mereka mencari informasi tentang campuran pakan puyuh,
    kemudian coba2…
    yg hasilnya malah membuat puyuh tdk optimal…
    ternak terahir saya berjalan 1 tahun..
    belum ada penurunan produksi telur..
    850/1000ekor..
    campuran saya kurang enak berbicara…
    karena mungkin bisa cocok bisa juga tidak….
    terimakasih…

  12. hebat tu mas menurut saya.boleh donk berbgi pnglmya.nti bs saya coba dg 100 ekor dulu.kalo emg gak cocok ya itu dah resiko saya.tapi yang paling berharga buat saya adlah pgalamanya dari mas adi.namanya juga berusaha kalo tau pasti berhasil gak ada donk istila berusaha

  13. kalau mau coba 100 ekor,
    pakai pakan murni dulu saja…
    lihat perbandingan dg pakai campuran…
    terimakasih

  14. assalamualaikum,saya mendengar ada yg mencampur pakan puyuh dgn goldcoin,mungkin bapak2 forum ada yg sudah mencoba,hasilny gmn?kmdian perbandingan pakan puyuh dgn goldcoinya brp?skrg pakan puyuh naik terus,jd saya ingin alternatif dgn mencampur agar mengurangi sedikit biaya pakan,makasih.wassalamualaikum

  15. mas adhy tolong dong dibagi formulanya soalnya saya pake pakan murni dari 1000 populasi cuman dapat telr 78% pdhal baru umr 3Bln

    • Buat mas toni ini sekedar berbagi aja ya bukan bermaksut menggurui puyuh itu g pernah tau pakan atau telurnya harga berapa biar mahal atau murah rutinitas dia cuma makan dan bertelur.Jadi klo kita udah terjun kesitu harus terima segala resikonya yang penting kita pelihara secara optimal baik kwalitas maupun kwantitas pakan insya alloh akan memberikan hasil yang maksimal juga
      Kalo menurut saya puyuh panjenengan kurang kwantitas pakan
      ok tetep semangat maju terus biar pakan mahal

  16. bp toni yth..
    memang itu permasalahan yg rumit dimana kurun waktu 3 bulan sudah produksi seperti itu padahal dalam murni…
    78% itu normalnya kurun 1 tahun itu saja kondisi pakan di campur..
    saya belum tau pakan apa yg di gunakan juga cara merawat…
    namun biasanya keadaaan seperti ini di pengaruhi kualitas bibit yg kurang baik,
    atau indukan terlalu tua…
    jadi saya belum bisa membantu memberi solusi…

    hanya menjawab pernyataan bapak sumardani,
    dimana kita mau menjalankan bisnis optimal jika hasilnya masih bisa terus di naikkan dan itu tidak banyak berpengaruh pada puyuh…
    dg catatan bibit dan perawatan terjaga,
    contoh: dari 1000 puyuh jika pakan murni umumnya 850-900 butir,
    dg hasil sekitar 300.000
    namun ketika pakan di campur juga tak berubah banyak..
    850-880..
    dg pengiritan tiap minggu 100.000,-
    jadi tiap bulan bisa 1.600.000
    dimana dg pakan murni 1.200.000
    silahkan buktikan..
    terimakasih…

    yang ingin share : adhy_wong@yahoo.com

  17. ok, mas adi wong saya jg sependapat dengan komentar mas adi? karna dalam usaha apapun yg mutlak kt perlukan adalah semangat kerja, do’a dan inovasi tiada henti. saya juga jual pkn campur mas /50kg saya bandrol 215000 hsilnya bs langsung lihat dr trnak saya, telur 88-90 /kg dan 1000 ekor 1hr dpt 9 eggtray kdng bs lebih

  18. oh iya klo pngen tau saya bs call 081334144459 dan 085755199983 YOYOK

  19. bahan2: jagung 50kg
    katul 7 kg,ampas kedelai 10 kg,kosentrat ayam 10 kg,mineral 3 kg,premix 1kg untuk pakan puyuh petelur kira2 bagus tidak.trims

  20. bang adim dan mas mas yg masuk di room ni yg dah tau banyak tentang ternak puyu aq sangat tertarik dgn bisnis ternak puyuh ni
    dan aq berniat menjalankannya
    yg aq mau tanyain biasanya kl 1000 ekor kl normal tiap harinya telur dapat berpa kilo????

    dan kl 1000 ekor beli bibitnya brapa juta???????

    dan kl 1000 ekor tiap bulanya aq dapat penghasilan berapa???
    tolong jelasin mas makasih

  21. Saya punya puyuh sktr 600an ekor.kata tmn2 puyuh mampu brtlur sktr90-95% tp puyuh saya kok cm sktr 60-65% ja y.apa yg salah dg saya?trima kasih atas jawabanny

  22. slamat pagi…
    mau cerita dikit + minta saran neh buat para master peternak puyuh khususnya pak Sholehudin…
    dah 1 minggu ini saya kehabisan pakan pabrik. alhasil saya coba mencampur sendiri pakan dengan komposisi sbb :
    10 kg jagung menir
    1 top mix
    4 kg pakan BR 21
    3 kg konsentrat 144
    4 kg bekatul
    jika di total harganya mencapai Rp 143,000. agak sedikit berat saya rasakan. memang hasil telur tidak masalah, tetap normal alias sama saja seperti saya berikan pakan produksi pabrikan.

    yg mau saya tanyakan adalah bagai mana nutrisi untuk pakan campuran saya???
    dan apa ada pakan alternatif lain yg lebih ekonomis, tanpa mengurangi performa nutrisi pakan itu sendiri???
    dan satu lagi, mohon infonya untuk suplayer/agen penjual pakan pabrikan di daerah tangerang!!!

    trimakasih sebelumnya jika ada yg berkenan menanggapi tulisan saya!!!

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s