Cerita Pengalaman Usaha Budidaya Ternak Ikan Lele Sangkuriang dengan Media Kolam Terpal

Usaha budidaya ternak lele sangkuriang ini merupakan salah satu usaha ternak yang pada postingan yang lalu saya perkirakan (gaya.com) moncer di tahun 2012. Sebagai peluang usaha yang diperkirakan menjanjikan, ternak ikan lele sangkuriang ini sepertinya akan banyak juga dilirik usahawan, baik sebagai sampingan maupun pokok.

Tak luput salah satu Kompasianer Mas Gilang S Ramdhani pun menceritakan pengalamannya dalam budidaya ternak ikan lele sangkuriang dengan media kolam terpal. Walaupun mungkin tujuan utama untuk memberdayakan masyarakat desa, namun cerita beternak ikan lele sangkuriang berikut barangkali bisa menjadi inspirasi usaha. Silahkan:

Akhirnya kebingungan memilih lahan usahapun sirna karena saya memutuskan untuk berinvestasi di salah satu desa di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, tepatnya di desa Karanggintung.

Hanya bermodalkan sekitar kurang lebih Rp. 500.000 untuk pembuatan satu kolam terpal dengan ukuran terpal 5 x 4 m berikut bibit ikan lelenya, oia lele yang saya budidayakan adalah lele jenis sangkuriang.

Alhamdulilah saya merasa bangga, karena rencana awal ingin memberdayakan ekonomi masyarakat desapun sudah terlihat dari mulai masa pembuatan kolam, ketika tahap pembuatan kolam saya memberdayakan beberapa orang masyarkat desa, seperti untuk penebangan bambu, meratakan tanah, pengangkutan pupuk organis, dan lain sebagainya.

Saat ini alhamdulilah sudah ada 3 kolam yang siap isi dengan bibit, namun meskipun kolam sudah terisi dengan air tidak bisa langsung tanam bibit, karena ada proses pemupukan, untuk menumbuhkan mikroorganisme yang nantinya akan menjadi makanan lele, karena budidaya lele yang saya lakukan menggunakan teknik organik, serta dilakukan pula proses pengapuran kolam untuk menetralkan pH air.

Bagi saya untuk menjalankan bisnis ini modal utamanya bukanlah uang atau apa, tapi modal nekad! terutama nekad dalam pengalaman dan pengetahuan, jujur saja saya menjalankan usaha ini hanya bermodalkan google, buku, dan tanya sana-sini (bodo alewoh).

selanjutnya modal yang kedua adalah modal kerja keras, siapa bilang mudah menjalankan usaha ini? hehehe… dan selanjutnya modal yakin! Gelar S. Ramdhani

[cerita selengkapnya mengenai pengalaman budidaya ternak lele sangkuriang dengan media kolam terpal ini bisa disimak di Kisah Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Terima kasih.
Salam
[Puyuh Jaya]

About these ads

46 responses to “Cerita Pengalaman Usaha Budidaya Ternak Ikan Lele Sangkuriang dengan Media Kolam Terpal

  1. Gimana mas perkembangan selanjutnya ?
    Tolong disampiakan, agar kisa tahu gimana perkembangan selanjutnya samapai pada perhitingan biaya totaldan hasil penjualannya?

    Trim

    • Cerita di atas adalah postingan teman di Kompasiana. Akan saya tanyakan.

      Disamping itu, di daerah saya juga ada yang ternak lele sangkuriang, katanya benih ambil dari Sukabumi. Akan saya ceritakan juga, mudah-mudahan bisa melengkapi informasi. Termasuk teman peternak puyuh yang juga beternak lele, informasinya pake pakan dari kotoran puyuh, tapi diproses dulu.

      Trima kasih sama-sama, Pak Komari.

  2. Waaah menarik mas…
    Masalahnya saya punya banyak kotoron puyuh yang melimpah dan agak kesulitan membuangnya.

    Kalau ada yang punya pengalaman ternak lele dengan pakan kotoran puyuh sangat menarik untuk di informasikan ke yang lain, terutama saya

    Saya tunggu mas Arif postingannya.
    Salam hangat sehangat kopi susu,

    • Hari ini ternyata belum sempet ke temen yang peternak puyuh juga ternak lele. Jika sudah mendapat informasi, tentu akan saya tulis.

      Mas Gelar S Ramdhani yang punya postingan ternak lele sangkuriang ini sudah hadir, cerita lebih detil, silahkan berkunjung langsung ke sumbernya.

      Terima kasih apresiasinya, Pak Komari.
      Salam hangat sehangat mentari pagi kala tidak hujan.

  3. Mas Arief saya jadi terharu nih, sebuah kehormatan bagi saya :-)

    Sekalian tukeran linknya mas http://kamarkosan.wordpress.com

  4. Om, kotoran puyuh itu bisa digunakan untuk pupuk kolam. tp kalau kolam terpal saya belum pernah lihat. Kolam terpal diisi air, kemudian dikasih kotoran puyuh. Mikroba yang ada dalam kotoran puyuh akan berkembang biak, dan menjadi santapan jentik-jentik nyamuk. Jentik-jentik nyamuk inilah yang menjadi makanan bibit lele.

    coba juga rebus bangkai puyuh yang bersih, kemudian di cacah-cacah dan diberikan kepada lele yang sudah menjelang panen. Ini akan menghemat pelet

  5. lele sangkuriang dengan pakan limbah puyuh?! Pengen tahu banyak nih

  6. Bingung pemsranya pak

  7. jadi kuncinya di pemupukan sama pengapuran ya mas, tolong mas di jelaskan secara detail mengenai tekniknya. soalnya saya juga pemula

    • Terima kasih berkenan hadir.
      Mohon maklumnya, postingan ini merupakan pengalaman teman dari Kompasiana. Silahkan jika berkenan, berkunjung langsung ke sumbernya.

      Salam ngeblog.

  8. Ping-balik: Ternak Lele dan Pemasaran: Sebuah Inspirasi | [PUYUH JAYA]

  9. Ikan lele sangkuriang & ikan lele phyton

    Benih ikan lele sangkuriang & phyton jual segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan di kembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh serta cepat beradaptasi di lingkungan apapun.

    Menjual benih serta indukan ikan lele sangkuring & phyton

    * – benih ikan lele ukuran 2-3 panjang ikan 3-4 cm harga Rp. 60/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-4 panjang ikan 4-5 cm harga Rp. 80/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-5 panjang ikan 5-6 cm harga Rp.100/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 4-6 panjang ikan 6-7 cm harga Rp.125/ekor

    Jangan di baca kalau tidak ada manfaatnya

    Yang murah selain kami masih banyak yang jual tapi kwalitas kami utamakan, Kita tidak menjual benih yang tidak layak untuk di pelihara oleh petani pengusaha atau penjual benih seperti ikan kurang sehat atau rusak, Dan benih kami di kelola oleh orang orang pilihan secara profesional dan tetap dalam pantauan dinas perikanan daerah akan kesehatanya benih ikan. Buat apa mencari dan membeli benih ikan murah kalau banyak kematian nantinya.Anda bisa menilai kwalitas kita boleh anda bandingkan dengan yang lain silahkan.

    BENIH KITA BUKAN YANG TERBAIK SERTA BENIH KITA BUKAN YANG MURAHAN TAPI KITA BERUSAHA MEMBUAT BENIH YANG TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan benih ikan lele pengiriman :
    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    Untuk informasi cara ternak ikan lele :
    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    info lengkap Silahkan kunjungi website kami via Google di alamat : atau KLIK di bawah ini

    http://www.ikanlelepaiton.blogspot.com

    Semoga bermanfaat amin

    Dian lele …………………..Hp : 081226633426 . ..Tidak melayani sms

    suplayer benih ikan lele antar pulau seluruh indonesia

  10. Kalau tidak di terpal pengaruhnya pa bos.

  11. komentar” hebaat..

  12. Saya sering lihat kolam pakai terpal,tapi belum pernah lihat kalau kotoran puyuh ternyata bisa buat pakan lele,tolong dijelaskan mas proses untuk pakan lele dari kotoran puyuh,terima kasih banyak atas info dan pengalaman nya….semoga semua jadi SUKSES…amin….

  13. luciana retno umiyatsih

    saya tertarik dengan pemanfaat kotoran puyuh untuk pakan lele. mohon infonya y..sukses slalu…

  14. ide bagus gan kalo ada yang mau bagi2 pengalaman ……..bagi pengalaman kepada orang lain nggak akan habis gan kan lebih mertambah pintarya[-o<

  15. Ikan lele sangkuriang & ikan lele phyton

    Benih ikan lele sangkuriang & phyton jual segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan di kembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh serta cepat beradaptasi di lingkungan apapun.

    Menjual benih serta indukan ikan air tawar :

    -ikan lele sangkuring & phyton
    -ikan bawal
    -ikan nila super
    -ikan guiramih & telur guramih
    -ikan braskap
    -ikan mas & koi
    -ikan patin
    -cacing sutra & bibit plangton pakan benih ikan

    Yang murah selain kami masih banyak yang jual tapi kwalitas kami utamakan, Kita tidak menjual benih yang tidak layak untuk di pelihara oleh petani pengusaha atau penjual benih seperti ikan kurang sehat atau rusak, Dan benih kami di kelola oleh orang orang pilihan secara profesional dan tetap dalam pantauan dinas perikanan daerah akan kesehatanya benih ikan. Buat apa mencari dan membeli benih ikan murah kalau banyak kematian nantinya.Anda bisa menilai kwalitas kita boleh anda bandingkan dengan yang lain silahkan.

    BENIH KITA BUKAN YANG TERBAIK SERTA BENIH KITA BUKAN YANG MURAHAN TAPI KITA BERUSAHA MEMBUAT BENIH YANG TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan benih ikan lele pengiriman :
    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    Untuk informasi cara ternak ikan lele :
    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    info lengkap Silahkan kunjungi website kami via Google di alamat : atau KLIK di bawah ini

    http://www.ikanlelepaiton.blogspot.com/

    Semoga bermanfaat amin

    Dian lele …………………..Hp : 081226633426 . ..Tidak melayani sms

    suplayer benih ikan lele antar pulau seluruh indonesia

  16. lele jaer gurami tombro emas wak iwak peyek ae

  17. Ping-balik: Ternak Lele 101 - Cara Mudah Ternak Lele untuk Pemula | BeliLele.com

  18. salam kenal mas, saya ingin tahu jika saya mau pesan bibit 4-6 ukuran 6-7cm sebanyak 2000-3000 ekor untuk kolam saya yang baru saja selesai, apa bisa di antar untuk area cileungsi, trims. no hp saya 0817826969, email kapitanese@yahoo.com. trim

  19. Karanggintung nya sebelah mana mas Rt berapa Rw berapa.

  20. makasih ya info nya..postingan anda ini membuat saya optimis :)

  21. Kalo ada yang sudah panen ikan nya,,, saya Siap Menampung hasilnya untuk wilayah Bandung dan Sekitarnya,,, Hub email : vespabiru66@yahoo.co.id

    • Trims atas infonya, lele saya kira kira 2 minggu lagi bs di panen kira kira sekintal(percobaan),dan 4 minggu kemudian panen tahap 2, dan 2 bulan panen tahap 3.minggu initebar bibit 78 baru masuk kolam sebanyak 1600 ekor untuk tahap 4,

  22. mas kalo untuk kolam terpal kira2 berapa kali sekali diganti airnya?

  23. saya butuh ikan lele 1 ton ., siap panen / konsumsi,. isi 6-10 ekor / kg
    hub : 085732799992,.area jakarta

    • Trims atas komentar dan sarannya, utk lele sekarang yg siap panen belum ada karena baru di angkat. serta kelangkaan bibit serta kenaikkan pakan membuat produksi lele agak tersendat. Trims

      ________________________________

  24. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

  25. Untuk wilayah Kab. Luwu Raya, Yang mau pesen bibit lele unggul bisa menghubungi nomer handphone 082 347 032 567

  26. Ping-balik: pelihara ikan lele | Makanan Siap Saji

  27. Kerabat Wilayah Kab.Luwu Timur Jika Berminat Membeli Bibit Lele Jumbo Berkwalitas terbaik bisa menghubungi kami di no. HP 085 342 688 069 Atau Alamat Email isra.enamsembilan@yahoo.com.
    Atau Datang langsung ke alamat 69Clarias Jl.Trans Sulawesi Wonorejo – Mangkutana – Luwu Timur – Sul – Sel.
    Harga Terjangkau Berbagai Ukuran.

    Untuk Pemesanan diluar kota jika berminat bisa dikoordinasikan.

  28. Kalau pesan bibit untuk daerah di kaltim/samarinda dimana …

  29. mas,sory nih mau sharring aja
    oh ya saya bru coba2 mas ternak lele…
    pakan yg bagus umur lele skitar 1-10 hari dan sterus nya apa yah ???
    tolong bantuan nya mas..tq

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s