Cerita Pengalaman Usaha Budidaya Ternak Ikan Lele Sangkuriang dengan Media Kolam Terpal

Usaha budidaya ternak lele sangkuriang ini merupakan salah satu usaha ternak yang pada postingan yang lalu saya perkirakan (gaya.com) moncer di tahun 2012. Sebagai peluang usaha yang diperkirakan menjanjikan, ternak ikan lele sangkuriang ini sepertinya akan banyak juga dilirik usahawan, baik sebagai sampingan maupun pokok.

Tak luput salah satu Kompasianer Mas Gilang S Ramdhani pun menceritakan pengalamannya dalam budidaya ternak ikan lele sangkuriang dengan media kolam terpal. Walaupun mungkin tujuan utama untuk memberdayakan masyarakat desa, namun cerita beternak ikan lele sangkuriang berikut barangkali bisa menjadi inspirasi usaha. Silahkan:

Akhirnya kebingungan memilih lahan usahapun sirna karena saya memutuskan untuk berinvestasi di salah satu desa di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, tepatnya di desa Karanggintung.

Hanya bermodalkan sekitar kurang lebih Rp. 500.000 untuk pembuatan satu kolam terpal dengan ukuran terpal 5 x 4 m berikut bibit ikan lelenya, oia lele yang saya budidayakan adalah lele jenis sangkuriang.

Alhamdulilah saya merasa bangga, karena rencana awal ingin memberdayakan ekonomi masyarakat desapun sudah terlihat dari mulai masa pembuatan kolam, ketika tahap pembuatan kolam saya memberdayakan beberapa orang masyarkat desa, seperti untuk penebangan bambu, meratakan tanah, pengangkutan pupuk organis, dan lain sebagainya.

Saat ini alhamdulilah sudah ada 3 kolam yang siap isi dengan bibit, namun meskipun kolam sudah terisi dengan air tidak bisa langsung tanam bibit, karena ada proses pemupukan, untuk menumbuhkan mikroorganisme yang nantinya akan menjadi makanan lele, karena budidaya lele yang saya lakukan menggunakan teknik organik, serta dilakukan pula proses pengapuran kolam untuk menetralkan pH air.

Bagi saya untuk menjalankan bisnis ini modal utamanya bukanlah uang atau apa, tapi modal nekad! terutama nekad dalam pengalaman dan pengetahuan, jujur saja saya menjalankan usaha ini hanya bermodalkan google, buku, dan tanya sana-sini (bodo alewoh).

selanjutnya modal yang kedua adalah modal kerja keras, siapa bilang mudah menjalankan usaha ini? hehehe… dan selanjutnya modal yakin! Gelar S. Ramdhani

[cerita selengkapnya mengenai pengalaman budidaya ternak lele sangkuriang dengan media kolam terpal ini bisa disimak di Kisah Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Terima kasih.
Salam
[Puyuh Jaya]

About these ads

46 responses to “Cerita Pengalaman Usaha Budidaya Ternak Ikan Lele Sangkuriang dengan Media Kolam Terpal

  1. apa saja kendala terbesar berternak lele … pemasaran/pakan ?

  2. Articlenya bagus sekali, semoga dengan ini bisa bermanfaat buat peternak peternak lainnya. Kami menyediakan probiotik yang dapat membantu penyerapan nutrisi sekaligus menghidupkan plankton dan zooplankton di kolam, 081 226 339 79

    http://jualprobiotikternak.wordpress.com/probiotik_lele/

    http://probiotikpakanternak.wordpress.com/jual_obat-_ternak/

  3. artikel yang sangat brmanfaat ms, bsa jadi inspirasi bagi kita yang msih ragu memulai.

    http://www.indoplastik.com
    (menyediakan aneka macam terpal)

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s