Tanggapan atas: “6 Usaha Ternak yang Paling Diminati di Indonesia” [Ternak Puyuh Kok Tidak Ada???]

Menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh Bp. Komari dari Mojokerto, Jawa Timur berkenaan dengan perihal “6 usaha ternak yang paling diminati di Indonesia“. Saya tulis saja menjadi postingan artikel di sini. Terima kasih inspirasinya.

Adapun pertanyaan yang diajukan oleh Pak Komari adalah sebagai berikut:

Ternyata kok tidak ada ternak puyuh
Apa kira-kira penyebabnya?
Apa karena penulis belum kenal dengan puyuh ?
Atau memang puyuh memang tidak menjanjikan untuk di ternakkan saat ini ?

Silahkan teman-teman beri tanggapan!

Hanya berdasar pemikiran saja tanpa pengalaman langsung berkaitan dengan hal tersebut, saya akan mencoba menanggapi. Apabila ada kesalahan pandangan, silahkan memberikan koreksi (CMIIW Correct Me If I’m Wrong). Dan/atau apabila ada perbedaan maupun persamaan pendapat. Silahkan berkomentar sekaligus menanggapi pertanyaan Bp. Komari juga.

Sebelumnya perlu diketahui dulu apa saja 6 usaha ternak yang paling diminati di Indonesia, demikian diantaranya 6 top usaha ternak paling diminati di Indonesia :

1. Ternak Ayam Potong (Pedaging)
Hingga kini ayam broiler telah dikenal masyarakat Indonesia….

2. Ternak Ayam Petelur
Manfaat : Ayam-ayam petelur unggul yang ada sangat baik dipakai sebagai plasma nutfah….

3. Ternak Ikan Lele
Peluang usaha budi daya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang cukup diperhitungkan…..

4. Ternak Sapi
Sapi adalah hewan ternak terpenting sebagai sumber daging, susu, tenaga kerja dan kebutuhan lainnya…..

5. Ternak kambing
Ternak kambing sudah lama diusahakan oleh petani atau masyarakat sebagai usaha sampingan atau tabungan….

6. Ternak Bebek
Itik / Bebek lokal Indonesia pada umumnya dipelihara sebagai penghasil telur….

Sumber 6 usaha ternak yang paling diminati tersebut diambil dari komentar Yth. Bp. Komari di http://puyuhjaya.wordpress.com/2011/12/31/usulan-kepada-lembaga-perbankan-mengenai-kredit-pinjaman-modal-usaha-beternak-puyuh-petelur/comment-page-1/#comment-1918

Simplenya: ternak ayam potong, ternak ayam petelur, ternak ikan lele, ternak sapi, ternak kambing, ternak bebek/itik.

Tanggapan saya.

Ada satu hal menjadi catatan yang mendasari tanggapan saya, yaitu:

Karena tidak ada keterangan atau kejelasan atas statement tersebut merupakan pendapat pribadi atau hasil survey proses ilmiah, maka konsentrasi saja pada statement bahwa 6 jenis usaha ternak paling diminati di Indonesia tersebut anggap saja diakui sebagai kebenaran umum.

Menurut saya:

1. Jenis usaha ternak yang dibicarakan ini adalah yang umum berkaitan erat dengan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Bagian dari kebutuhan primer: sandang, pangan, dan papan. (Mengingat pelajaran IPS waktu SD dulu).
Jadi seperti ternak jangkrik, cacing, kroto, ulat hongkong: tidak termasuk dibicarakan.

2. Kebutuhan pangan berkaitan juga dengan istilah konsumsi atas hasil produksi dari usaha ternak.

3. Karena itu statement atas 6 usaha ternak yang paling diminati di Indonesia menjadi UKURAN atau parameter juga atas tingkat konsumsi animo masyarakat; katakanlah ya 6 hasil produksi usaha ternak itu yang paling diminati masyarakat Indonesia sebagai konsumen.

Lalu bagaimana dengan usaha ternak puyuh, kenapa tidak ada atau tidak termasuk dalam daftar 6 top usaha ternak yang paling diminati di Indonesia???

Berarti diakui saja bahwa hasil produksi usaha ternak puyuh, baik telur maupun daging puyuh, belum termasuk dalam 6 bahan makanan yang paling diminati masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Sama juga jika ada pemberitaan mengenai sembako (sembilan bahan pokok). Selama ini sepertinya belum ada media yang memasukkan telur puyuh atau daging puyuh dalam pemberitaan. Biasanya yang sering diberitakan ya daging ayam, telur horn, daging sapi, mungkin juga telur asin telur bebek. Mana telur puyuhnya kok tidak ada???
Bahkan dalam pembagian sembako gratis baik dari pemerintah maupun lembaga swasta, mana yang menyertakan telur puyuh di dalamnya???

Nah, mungkin suatu saat bisa lebih jauh lagi dibahas mengapa hal ini terjadi. Selanjutnya kalau bisa kemudian mencari solusi bersama-sama. Semoga bukan menjadi suatu utopia bahwa akan ada waktunya ternak puyuh termasuk dalam daftar 6 top usaha ternak yang paling diminati di Indonesia. Bahkan seluruh dunia. Sehingga menjadi deretan usaha ternak yang top 6 paling menjanjikan.

Terima kasih telah menyimak.

Salam
[Puyuh Jaya]

About these ads

3 responses to “Tanggapan atas: “6 Usaha Ternak yang Paling Diminati di Indonesia” [Ternak Puyuh Kok Tidak Ada???]

  1. Trm atas ulasannya mas.. Mantap

    Justru iyulah tantangannnya
    Bagaimana kita bisa, membuat banyak orang merasa perlu untuk mengkosumsi telur puyuh.

    Seseorang akan mau mengkosumsi sesuatu, itu karena mereka tahu apa manfaatnya bagi mereka.

    Jadi sekarang ini yang bisa kita lakukan adalah marilah kita semua terutama pecinta puyuhjaya, mempromosikan secara terpada dengan berbagai motede yang praktis, ekonomis efesien dan mengenahi sasaran.

    Kareana memang selama ini masih banyak masayarakat yang takut mengkosumsi telur puyuh, takut kolesterolnya.

    Nah memahaman ini yang perlu kita jelaskan secara ilmiah sehingga mereka sadar dan tahu apa sesungguhnya khasiat2 telur puyuh.

    Sekian, semofga yang lain punya cara mempromosikan dengan tepat.

    Salam puyuhjaya, teruskan perjuanganmu masih sangat panjang

    • Terima kasih apresiasinya, Pak Komari.
      Pemahaman setengah-setengah mengenai kolesterol, saya kira termasuk salah satu kendala pemasaran telur puyuh. Disamping mungkin kepraktisan dan minimnya varian masakan berbahan telur puyuh.
      Untuk dua hal yang terakhir, sepertinya jangkauannya lebih jauh lagi dalam upaya lebih memasyarakatkan telur puyuh, yang dalam pemberitaan media sebesar kompas.com pun pernah mengulasnya.
      Yang penting optimis, agar telur puyuh lebih bisa diterima di masyarakat. Atau bahkan mungkin bisa menjadi bahan dalam sembako.

      Lewat media internet itu salah satu jalur yang bisa ditempuh, semoga animo masyarakat konsumen semakin meningkat dan terus meningkat mengkonsumsi telur puyuh.

      Salam semangat.

  2. saya tambahkan sedikit …! telur puyuh di india dipercaya dapat gunakan sebagai obat asma , hal ini sudah di buktikan oleh anak dari kawan saya yang asli dari india , sembuh asmanya dengan mengkomsumsi telur puyuh secara rutin ., benar atau tidaknya ini hanya sekedar info ,,!saya berharap semoga hal ini benar ,sedikit banyaknya akan membantu meningkatkan komsumsi mayarakat terhadap telur puyuh..! terima kasih atas perhatiannya..!

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s