Panduan Beternak Puyuh [Survey Pakan dan Peluang Pemasaran Telur Puyuh]

Pada rangkaian postingan “panduan beternak puyuh” ini, sebenarnya hanya ingin menekankan pada teknis atau tata cara beternak puyuh yang sedikit saya pahami dan alami, namun memberanikan diri untuk ditulis dalam rangka berbagi. Jika ada salah, semoga ada yang berkenan mengkoreksi.

Namun sebelum berlanjut, menyinggung dahulu perlunya membahas dan memperhatikan masalah pemasaran dalam usaha ternak puyuh petelur.

Secara umum kalau saya bayangkan, pemasaran merupakan kunci yang menghidupkan mesin produksi. Akan tetapi, biarpun ada kunci pemasaran, namun jika tidak ada mesin produksi, ya percuma saja, apanya yang mau dihidupkan?
Jadi dua-duanya saling membutuhkan.

Mengingat hal tersebut, maka akan lebih baiknya bagi yang ingin bergerak menjalankan mesin produksi, memikirkan juga kunci pemasarannya. Mau dijual kemana?

Dalam pembahasan kali ini, yang menjadi mesin produksi adalah usaha budidaya burung puyuh. Akan kemana nanti memasarkan telurnya?

Kiranya perlu terlebih dahulu melakukan survey atas prospek pemasaran telur puyuh, bagaimana keadaannya. Minimal ada gambarannya.

Saya sebenarnya agak malu mau meneruskan membahas hal ini. Maka, masukan-masukan saran atau cerita pengalaman dari pembaca, sangat diharapkan. Saya pun sekedar berteori, sedikit memahami mengenai pemasaran ini malah dari masukan-masukan yang telah berkenan menuliskan komentar terdahulu.

Pentingnya pemasaran telur puyuh tentu untuk mendapatkan keuntungan dalam usaha. Dengan batas minimalnya adalah pembelian pakan puyuh. Ukuran tersebut bisa dilihat ketika harga telur puyuh dihadapkan harga pakan puyu. Sampai harga seberapa penjualan telur bisa lebih setelah dipakai untuk membeli pakan. Hal inilah yang kemudian memunculkan usaha mencampur pakan untuk meningkatkan keuntungan.

Satu hal penting mengenai pemasaran sebagai bagian dari rangkaian usaha ternak puyuh, yaitu: “siap dengan fluktuasi harga”. [Harga Emas dan Harga Lemas Telur Puyuh, Bagaimana Peternak Menyikapi.

Sedangkan mengenai cerita pengalaman, masukan, ide, dll mengenai pemasaran telur puyuh, silahkan disimak postingan-postingan berikut ini:

Langkah-Langkah Pemasaran Telur Puyuh [oleh Mas Maulana Ihsan]

Cara Pemasaran Telur Puyuh [oleh Bp. Komari, Mojokerto]

Metode Pemasaran Telur Puyuh [oleh Bp. Om_Maas]


Kreatifitas Pemasaran Telur Puyuh [Pengalaman Mas Sholehuddin, Jember, Jatim]

Sebagai tambahan “panduan” untuk pemula dalam beternak puyuh petelur ini, perlu juga terlebih dahulu survey mengenai pakan khusus puyuh petelur di daerah Anda. Bisa jadi ketika bibit puyuh sudah datang, ternyata kesulitan atau malah tidak bisa mendapatkan pakan puyuh petelur.

Semoga ada diantara toko pakan ternak di berbagai kota/wilayah yang berkenan berbagi informasi di blog ini, sehingga peternak tidak kesulitan mencari.

===#

Artikel terkait:

1.
Panduan Beternak Puyuh [Cara Memaksimalkan Produktivitas]

2.
Begini Rangkaian Global Budidaya Burung Puyuh Petelur dari Awal Sampai Apkir

3. Panduan Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana]

Panduan Beternak Puyuh [Pemantapan]

About these ads

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s