Panduan Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana?]

“Mulai beternaknya bagaimana?”
Pertanyaan seperti itu biasa diajukan peminat usaha beternak burung puyuh. Yang mana pertanyaan tersebut biasanya juga merupakan lanjutan setelah pertanyaan “Berapa keuntungan usaha beternak burung puyuh?”

Tidak mengapa bertanya-tanya seperti tersebut di atas. Para peternak yang mengalami pahit getir dan manisnya usaha ini, akan berkata: “ada jawabannya.”

Mulai beternaknya bagaimana dan berapa keuntungannya, berarti juga: bagaimana proses kerjanya, teknis, atau apapun yang berkaitan dengan aktivitas beternak burung puyuh petelur. Kemudian apakah keseluruhan itu sesuai dengan penghasilannya atau tidak, silahkan bisa dinilai sendiri.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melangkah ke teknis fisik beternak puyuh, antara lain:

- pengenalan
- analisa usaha
- permodalan.

PENGENALAN.

Mengenai pengenalan atas burung puyuhnya, tentu sudah banyak yang membahas. Seperti misalnya burung puyuh tidak bisa terbang, suka mematuk-matuk, dll dll. Perlu ditambah lagi pengenalan atas usaha ternaknya itu sendiri.
Sedikit banyak pernah saya bahas di postingan-postingan ini:

1. Syarat-syarat yang diperlukan dalam beternak puyuh.

2. Mengenal tipe tipe peternak burung puyuh petelur.

Seperti yang saya sampaikan di salah satu postingan tersebut, bahwa dalam usaha beternak puyuh, kita berurusan dengan makhluk hidup. Mempunyai nyawa. Mempunyai keinginan. Bukan sekedar mesin produksi seperti alat pabrik.
Jadi banyak yang beranggapan, dalam beternak puyuh ini memerlukan kasih sayang.
Postingan yang satunya lagi, bisa memilih akan menjadi peternak yang bagaimana.

ANALISA USAHA.

Setelah setelah secara global memahami rangkaian usaha budidaya beternak puyuh petelur, kemudian mengenal “dunianya”. Selanjutnya melihat proses perputaran produksi ini hingga bagaimana terhitung bisa menghasilkan keuntungan.
Dari analisa usaha juga, bisa dilihat mulai kapan ternakan puyuh petelur ini memberikan sisa hasil usaha alias keuntungan kepada peternaknya.

Analisa usaha beternak puyuh, sebagai gambaran, bisa disimak di postingan ini:

Lanjutan Analisa Usaha Perhitungan danKalkulasi Keuntungan Beternak Burung Puyuh Petelur Kemitraan untuk 2000 Populasi Selama 12 Bulan dengan Perincian Per-Minggu.

Analisa tersebut lebih bersifat gambaran bukan recording atau catatan peternakan, dengan jumlah kematian rata-rata saja, juga harga telur dibikin rata-rata. Dibuat hanya untuk jangka waktu periode 1 tahun, tapi pada kenyataannya bisa lebih dari itu. Jadi bisa diperkirakan bagaimana hasilnya.
Harga pakan masih mengikuti pada saat analisa usaha tersebut disusun.

Walaupun bersifat gambaran, namun tidak begitu jauh dari kenyataan. Dan yang dianalisa hanya modal yang berputar saja. Karena modal tetapnya sangat relatif.

Selain itu, untuk memperjelas gambaran dari analisa usaha, ada baiknya juga silahkan menyimak postingan yang berjudul: Ternak Puyuh Bukan Dagang Kayu Jati.
–#
Ketika Harga Telur Puyuh Dihadapkan dengan Harga Pakan Puyuh.
–#
Warning: Hati-hati dengan kendala ternak puyuh yang ini.

Bisa juga sebagai tambahan pertimbangan, mungkin ulasan ini diperlukan? :> Beternak puyuh: sebaiknya mulai dari umur 1 hari atau yang siap telur.

Apabila masih belum jelas mulai dari pengenalan sampai analisa usaha, silahkan bisa kita diskusikan. Karena saya sendiri juga masih tahap belajar.

PERMODALAN

Selanjutnya adalah perlu juga memahami masalah permodalan dalam beternak puyuh ini. Sifat atau jenis modal dalam beternak puyuh petelur bisa disimak di artikel ini: Mengenal Jenis atau Sifat Modal dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur.

Dan harap hati-hati dalam permodalan, seperti ulasan pada postingan yang ini: Hati-hati, penyebab kegagalan beternak puyuh yang satu ini sering terjadi.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Salam.
[Puyuh Jaya]

Halaman dan artikel terkait:

Panduan Cara Beternak Puyuh

1.
Panduan Beternak Puyuh [Cara Memaksimalkan Produktivitas]

2. Panduan Beternak Puyuh [Survey Pakan dan Peluang Pemasaran Telur Puyuh]

Panduan Beternak Puyuh [Pemantapan]

About these ads

9 responses to “Panduan Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana?]

  1. yang paling utama bagi saya dalam memulai usaha adalah lapangan pasarnya. ada tidak pasarnya? berapa kemampuan pasar menyerap hasil produksi kita?

    Sangat percuma jika materi dan teori selangit, modal berkelimpahan, atau bahkan harga telur puyuh bisa mencapai 100rb/kg tapi tidak ada pasar yang bisa menyerapnya.

    THANKS

    • Betul sekali. Setuju dan mengamini. Produksi dan pemasaran, seperti menjadi pasangan yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia usaha.
      Beberapa postingan secara implisit maupun ada yang eksplisit mengingatkan akan hal tersebut.
      Menjadi inspirasi untuk menulis lagi mengenai pentingnya pemasaran agar terlebih dahulu dipikirkan sebelum melangkah lebih lanjut.

      Untuk hal ini, banyak saya menulis berangkat dari kerangka pemikiran sebagai peternak plasma yang terbukti selama ini terjamin pemasarannya.

      Terima kasih sama-sama atas tanggapannya.
      Salam hangat.

  2. Setuja/setuju sekali
    Artinya sebelum melakuakan usaha kita surve dulu pemasarannya
    Jadi antara produksi dan pemasaran bagian mata uang yg tidak bisa dipisahkan, dan satu lagi mas yaitu pembelian pakan
    Seperti yg saya alami ternyata penjualan pakan agak jauh dari tempat tinggal saya, ya agak malas juga beli pakannya

    Namun demikian bagi pemula jangan takut bila belum punya tempat/langganan pemasaran, insaalloh dg berjalannya waktu dan usaha yg keras untuk berusaha membuka/ mencari pemasaran, maka akan bisa berhasil walaupun memakan waktu.

    Karena kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi,
    Kesempatan dan peluang tidak akan datang dua kali kalau kita berani mencobanya

    Salam hangat, sehangat harga puyuh yg membaik

    • Terima kasih, Bp Komari yang selalu semangat dan menyemangati telah berkenan menanggapi.

      Survey pemasaran dan pakan. Masukan yang bermanfaat. Semoga menjadi bekal bagi peminat budidaya puyuh petelur ini.

      Terima kasih. Salam hangat hormat selalu.

    • btul kata pak komari, pekan tentunya sedikit menjadi kendala, namun masih banyak jalan yg bisa ditempuh dari pada masalah pemasaran.
      dulu waktu memulai beternak, saya harus beli pakan dgan jarak 10 KM dengan memakai sepeda dan belinya tiap hari karena belinya nycil per 10-20 kg, semakin hari dengan brtambahnya populasi saya membayar tukan becak dengan mengambil 1 sak, naik 2 sak hingga 4 sak dan bertahan beberapa tahun, setelah pengorderan diatas 10 sak baru pihan Wonokoyo mengirim langsung ke peternakan saya

  3. setelah saya membaca blog bapak saya mulai trtarik dg budidaya puyuh tp saya tidak punya pengalaman/pengetahuan dalam budidaya puyuh oleh krn itu seandainya bapak punya materi mengenai cara budidaya puyuh.tolong saya dikasih tau via email.
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

  4. Sbnrny saya ckup trtrik u mncoba usha ini tp mnrut saya artikel2 yg ada d situs ini blum bgitu saya mgerti krna trlalu bnyak pmbagian nya. Kalau boleh saya saran tlog lbih sngkt pdat n jlas lg.

    • Sebelumnya terima kasih atas perhatian dan sarannya yang sangat bermanfaat.
      Saya pun juga baru akhir-akhir ini merasakan begitu, maka mencoba membikin halaman Panduan Cara Beternak Puyuh yang saya tujuan sebagai panduan atau navigasi tahap demi tahap beternak puyuh. Karena dari masing-masing postingan, kadang pas pada pembahasan suatu tahap. Seperti menjadi belum sistematis. Mudah-mudahan lewat halaman tersebut bisa agak tertata walaupun sementara ini belum bisa melanjutkan postingan terkait panduan/navigasi.
      Namun begitu, intinya adalah ingin bercerita bahwa beternak puyuh itu mudah.

      Salam usaha.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s