[ini dia] Mengenal Ayam Pejantan Super, Ayam Jawa/Kampung Super, Ayam Aksas, dll

Ayam pejantan super, ayam jawa/kampung super, ayam aksas, ayam kampung asli: itu sebenarnya jenis ayam yang bagaimana sih? Tentu tidak ada salahnya untuk mengenalnya. Sedikit banyak bagi yang berminat budidaya akan paham, yang mau dipelihara itu jenis yang mana.

Rasa ingin tahu kadang menggelitik, seperti penyakit yang demikian mengganggu. Sangat berterima kasih sekali, Bp Puyuh Jepang membawa obatnya dan berkenan menuliskan di sini.
Kemudian saya unggah dan menjadi postingan dalam kategori “dari komentar”.

Ingin paham lebih lanjut mengenai ayam pejantan super, ayam jawa/kampung super? Ini dia…..

Permisi Pengelola PUYUH JAYA saya mau lewat……….
Sekedar info aja buat peternak ayam jantan super dan ayam jawa/kampung super;

1. Ayam jantan super
adalah merupakan limbah dari pembibitan ayam ras petelur. produk utama pembibitan ayam ras petelur ada DOC betina (warna kemerahan) sedang DOC jantan adalah limbahnya. dulu ketika saya dibreeder/pembibitan DOC jantan jadi masalah karena waktu tiu (thn 1990) belum ada peternak yang mau membesarkan sebagai pedaging. biasanya kami beserta pembibit lain membakarnya. (per tiga hari di saya saja sekitar 60.000 ekor yang harus dimusnahkan). kadang laku dijual kepasar Rp 100/ekor.
sekarang DOC jantan layer dapat dimanfaatkan sebagai pedaging dg bobot 0.8 – 1 kg dengan masa pemeliharan 10 minggu

2. Ayam Jawa /kampung super.
ini adalah pekerjaan saya diluar perusahaan.yaitu menyilangkan pejantan pembibit pedaging (Parent Stock) biasa saya pake strain Hybro, Abror Acres dll. dengan betina ayam kampung asli. hasilnya luar biasa anak keturunannya pertumbuhan sangat cepat dibandingkan dengan induk betina (kampung). kurang 60 hari (6 minggu) saja sudah mencapai 1kg. kelemahannya adalah warna bulunya masih dominan putih dengan diselipi warna hitam. (konsumen curiga ini ayam ras pedaging katanya).
Jenis ayam ini sekarang banyak dikembangkan di daerah jawa, maka disebut ayam jawa.

3. Ayam kampung Asli.
ini benar-benar asli. warna bervariasi, layaknya ayam kampung. sifat asli ayam kampung dengan pertumbuhan lambat. Kadang ayam kampong ini disilangkan dengan ayam jantan Bangkok atau pelung.

4. Ada lagi, DOC hasil persilangan ayam betina Arab dengan jantan layer,
hasilnya seperti ayam jantan super tadi (point 1)

5. Ada lagi, ayam kampung Aksas (Ayam kampung Anwar sierad), warna bulu hitam. Sudah tidak beredar. Konsumen tidak suka.

6. Ada lagi ayam kampung Super dari pokphan,
sdah tidak beredar karena pertumbuhan tidak merata. Warna bulu bervariasi.

Terima kasih PUYUH JAYA SEMOGA TETAP JAYA.

About these ads

16 responses to “[ini dia] Mengenal Ayam Pejantan Super, Ayam Jawa/Kampung Super, Ayam Aksas, dll

  1. bagi para peternak unggas dimana saja, kami ingin infokan, untuk mempercepat panen, mengurangi resiko kematian, kami telah ciptakan produk probiotik generasi terbagi. Ternuat dari bahan-bahan herbal yang aman. Efektif mempercpat ,masa panen sekitar 5 hari. Naman produk SANTA FE harga 35rb per liter. Bisa hub 081392139688/ 02747479343

  2. Salam kenal,
    Saya tinggal di Kabupaten Malang Jawa Timur, sudah sejak Desember 2011 saya merencanakan akan merintis usaha ternak ayam kampung.
    Tapi perencanaan dan pemikiran yang saya siapkan menjadi terhambat dengan kenaikan harga pakan di awal tahun 2012 ini.
    Kira-kira bagaimana menurut anda tentang prediksi ternak ayam kampung di tahun 2012 ini?
    Juga kaitannya dengan kenaikan pajak 5% untuk biaya import pakan sebagaimana diberitakan http://finance.detik.com/read/2012/01/01/140847/1804143/4/pakan-ternak-mahal-konsumsi-daging-ayam-terancam-turun-di-2012 ?

    ps: – apakah ada varian Ayam Kampung Petelur, ayam kampung dengan tingkat produktivitas telur diatas 200butir per tahun?

    terima kasih.
    Salam

  3. kalau boleh saya masukan ayam arab biasanya produksinya lebih dari itu.

  4. Tanya gan.berarti persilangan itu.jantannya ayam ras dan betinanya ayam kampung.

  5. Saladin Lawendatu

    Saat ini saya juga sdg berusaha untuk memelihara ayam kampung unggulan kecil2-an dan berkaitan dengan point 2 di atas serta membaca keterangan dari Bapak yaitu : “ini adalah pekerjaan saya diluar perusahaan.yaitu menyilangkan pejantan pembibit pedaging (Parent Stock) biasa saya pake strain Hybro, Abror Acres dll. dengan betina ayam kampung asli.” – yang ingin saya tanyakan, dimanakah saya dapat membeli ayam strain Hybro, Abror Acres dll? tapi dalam jumlah kecil Pak. Mohon infonya. Terima kasih banyak

  6. Sekedar urun pendapat saja, Ayam kampung “Super” belum tentu merupakan ayam kampung yang berkualitas super. Kata super disini adalah SUdah-PERsilangan, nah dari kata ayam kampung “super” sendiri bisa menjadi berbagai versi (tergantung breedernya)

    Ada yang menggunakan ayam pejantan lingnan (langshan) dari China, ada yang menggunakan Ayam broiler komersial betina disilangkan dengan ayam bangkok jantan lalu dikawinkan sekali lagi dengan ayam bangkok dari pejantan yang lain. Ada versi “GAMA Ayam” yang dirilis UGM menggunakan ayam “double breasted cornish” (parent stock broiler) tapi khusus di Jogja ada suatu geliat baru yang “maaf” cenderung kearah penipuan.

    Kenapa saya bilang penipuan? karena di jogja ada breeder “usil” yang giat beriklan dan memasarkan produknya (bibit ayam kampung super) dengan embel-embel “farm group” padahal dia menjual bibit yang sangat berbahaya.

    Bibit yang dia jual adalah bibit hasil persilangan ayam jantan bangkok dan pejantan pelung disilangkan dengan betina petelur ras. Ayam ras petelur memiliki gen heterogen heterozigot (hasil persilangan antara old-type rhode islan red dengan rhode island white) yang jika digabungkan dengan gen homogen heterozigot/ homogen homozigot, bisa membawa allel pembawa kematian (lethal genes) maka jangan heran jika ada ayam kampung super yang sehat, lincah dan doyan makan bisa mati dalam keadaan kenyang tanpa alasan sakit yang jelas.

    Desember lalu saya iseng membeli bibit dari breeder yang saya maksud karena saya penasaran dengan teman saya yang “nyaris bangkrut” karena bibit semacam ini, dari 200 ekor yang saya beli ada 20% yang memiliki kelainan omphalitis (tali pusar tidak tertutup), saya juga menemukan 2 ekor crossed beak dan ada beberapa yang memiliki kesalahan “toe punch” ditambah lagi penggunaan kardus box doc bekas yang membuat peradangan di tali pusar semakin parah dan penyebaran penyakit semakin hebat.

    Tapi jika dilihat dari segi keuntungan, bisnis pembibitan metode ini sangat menguntungkan, FCR ayam petelur biasanya berkisar di 2.2, artinya 2.2 kilo pakan untuk menghasilkan satu kilogram telur (anggap saja 20 butir telur).

    harga 2.2 kilo pakan sekitar 15 ribu (untuk pakan petelur kualitas bagus) dari 20 telur bisa dihasilkan 14 anak ayam (rata-rata daya tunas mesin tetas yang baik 70%). Seekor anak ayam dijual 4000 rupiah, yang berarti 56 ribu rupiah asalnya dari 15 ribu rupiah pakan dan sedikit tambahan lain (lstrik, air, biaya kesehatan dsb)

    Tampaknya “Segi keuntungan besar” inilah yang membuat ada orang usil memasarkan bibit semacam itu yang membuat saya menjadi merasa tergerak untuk menyebarkan kenyataan ini, bahwa anda harus benar-benar berhati2 ketika memilih pembibit!

    Sebaiknya coba selidiki bibit yang ingin anda beli, coba lihat hasilnya (jangan langsung mencoba sebanyak yang anda bisa) dan coba pasarkan secara mandiri agar keuntungan tidak terlalu terpangkas.

    Tapi tidak semua yang saya katakan adalah “menjelek-jelekan” breeder, “bibit berbahaya” yang saya katakan disini memiliki potensi, potensi untuk digunakan sebagai foundation stock (GGPS) karena memiliki kualitas telur yang cukup baik dengan warna coklat muda, jia foundation stock ini disilangkan lagi beberapa kali dengan beberapa jenis ayam petelur putih (arab/fayoomi) dan kedu hitam, ayam ini bisa memiliki potensi sebagai ayam petelur putih berproduksi tinggi yang memiliki postur tubuh mirip dengan ayam kampung. Masih sebatas kemungkinan sih….

    Tapi yang jelas ya itu, SEMBRONO kalo ada orang memasarkan ayam seperti ini sebagai Final Stock! Ngomong mendulang emas segala! Yang mendulang emas ya yang menyediakan bibit, peternaknya ketar-ketir.

    • yoih pak saya sangat sependapat, kebanyakan orang dasarnya tidak mengerti ayam baru bisa ngawinkan saja sdh mengklaim ayam super. kadang-kadang mereka suka mencatut istilah-istilah yang sebenarnya mereka tidak mengerti seperti istilah FS, PS, GPS dana lain-lain.
      demikian pada puyuh juga begitu. sehingga mereka bisa mengelabui pembeli dengan harga mahal.

  7. saya ingin tanya agan2 neh simple ajj… minta info bagaimana ternak ayam kampung pedaging dengan hasil penetesan sendiri ; strain induk betinanya apa? jantannya apa? trus klo bisa si induk betina itu bisa mneghasilkan telur komersil yg byk selain anakan ayam kampung yg cepat besar dan warna bagus yg di sukai pasar !

  8. ayam kedu, Rhode Island red jantan x ayam kedu betina=f1 jantan(r), dan ayam kedu jantan x White Leghorn=f1 betina(w)

    F1 jantan (r) x F1 betina (w)=ayam pedaging super
    #share ilmu terima kasih

  9. Rhode Island red jantan x ayam kedu betina=f1 jantan(r), dan ayam kedu jantan x White Leghorn betina=f1 betina(w)
    F1 jantan (r) x F1 betina (w)=ayam pedaging super
    #share ilmu terima kasih

  10. hendra setiawan

    Saya ingin menetaskan ayam petelur. Pertanyaannya :
    1.Apakah pejantannya harus ayam petelur juga,agar produksi telur max?
    2.Ayam jantan petelur bisa saya dapatkan dimana(jumlah sedikit aja karena baru mau coba2)?
    Alamat lengkap dan harga,

    Lokasi saya ada di leces, kab probolinggo jatim
    Terima kasih buanyak…..hehehe

  11. Numpang Lapak Gan :
    Kami Supplier dari Bekasi mencari / membutuhkan Karkas Ayam Pejantan & Ayam Kampung uk 5 – 7 ons kebutuhan 500 kg – 1 Ton / hari. Bagi agan yg siap kerjasama dgn rutin mohon hub kami : 0813.1616-4643 ( Robi ) Maturnuwun….

  12. Numpang Lapak Gan :
    Kami UD. Getsemani Perkasa Indonesia Supplier dari Bekasi mencari / membutuhkan Karkas Ayam Pejantan & Ayam Kampung, Bebek uk 5 – 7 ons kebutuhan 500 kg – 1 Ton / hari. Bagi agan yg siap kerjasama dgn rutin mohon hub kami : 0813.1616-4643 ( Robi ) Maturnuwun….

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s